Makanan Bergizi yang Bisa Dijadikan Menu Wajib Setiap Hari

Cari berdasarkan:

Makanan Bergizi waktu Pagi

1. Nasi Merah
Nasi merah memiliki kandungan asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, mangan, magnesium. Dengan memakan nasi merah di pagi hari maka akan menambah produksi karbohidrat, mengurangi resiko kanker, meningkatkan metabolisme, serta mencegah diabetes.

2. Telur Ceplok
Dalam sebutir telur terdapat protein, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, dan vitamin B1. Manfaat memakan telur antara lain ialah menurunkan berat badan, nutrisi untuk tulang, mengurangi resiko kanker payudara, serta memperlancar proses metabolisme.

3. Tumis Brokoli
Di dalam brokoli terkandung kalsium, kalium (protassium), fosfor, zat besi, zinc, serat, mangan, triptofan, vitamin B1 , vitamin B2, vitamin B3 , vitamin E, dan vitamin K. Manfaat brokoli bagi tubuh ialah melawan dan mencegah kanker, menormalkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol jahat, sebagai antioksidan, mencegah sembelit dan gangguan pencernaan, mengurangi resiko mata katarak, serta bisa meningkatkan kecerdasan otak.

4. Susu
Di dalam segelas susu terdapat kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, dan vitamin C. Susu bermanfaat untuk memperkuat tulang, menetralisir racun, mencegah penyakit darah tinggi, mempercantik kulit, menguatkan jantung, serta mencegah kanker usus.

Menu Makan Siang

1. Nasi Putih
Seperti yang kita tahu, nasi putih mengandung karbohidrat, fosfor, kalori, dan lemak. Dan dengan kita memakan nasi putih maka kita akan mendapatkan energi, mencegah kolesterol, mengurangi resiko tekanan darah tinggi, mencegah kanker, mengobati disentri, mencegah alzheimer’s disease, mencegah konstipasi, dan menguatkan jantung.

2. Sop
Sup atau sop adalah makanan bergizi yang memiliki kuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Dalam semangkuk sop terkandung lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Manfaat yang didapat setelah mengonsumsi makanan ini adalah kebutuhan akan sayuran terpenuhi dan mencegah naiknya kolesterol.

3. Ayam Goreng
Ayam goreng adalah makanan yang hampir disukai oleh semua orang. Di dalam ayam goreng terkandung protein, asam amino, vitamin, dan mineral. Ayam goreng mampu mengurangi resiko penyakit kanker, mengurangi resiko penumpukan kolesterol, mengontrol tekanan darah, meringankan gejala flu, serta menurunkan berat badan.

4. Es Teh Lemon
Ketika siang terik minum es adalah pilihan, es lemon tea adalah salah satu pilihan tersebut. Di dalam segelas es lemon tea terkandung vitamin C, polifenol, dan vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan, menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang, mencegah infeksi, serta memutihkan gigi.

5. Buah Semangka
Buah yang identik dengan ukurannya yang besar, buah ini mengandung vitamin C, asam spantotenik, biotin, potasium, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B6. Dengan memakan buah semangka maka akan menjaga tubuh tetap terhidrasi, menurunkan resiko stroke dan serangan jantung, mencegah otot kaku, menjaga kesehatan ginjal, meningkatkan daya tahan tubuh, serta sebagai anti peradangan.

Makanan Bergizi waktu Malam

1. Selat
Selat solo adalah sebuah hidangan khas Jawa yang terpengaruh hidangan Eropa dan berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Di dalam sepiring salat terkandung karbohidrat, vitamin A, dan lemak yang sangat bermanfaat sebagai sumber energi.

2. Wedang Jahe
Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas. “Wedang” sendiri adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”. Minuman ini dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas. Selain menggunakan jahe segar, masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan umum di resep tradisional mereka. Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan, batang sereh, cengkih dan/atau kayu manis ditambahkan untuk menambah aroma. Susu segar atau susu kental manis juga dapat ditambahkan.

Di dalam segelas jahe terdapat kandungan minyak atsiri, zingiberol, senyawa gingerol, senyawa filandrena, dan senyawa kurkumen. Selepas minum wedang jahe maka stres akan lebih ringan, obat analgetik, pereda rasa nyeri, mencegah rematik, mengurangi rasa mual, dan memperkuat imunitas.

Bagikan kebahagiaan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + four =