Melatih Otak: Cara agar Hidup Lebih Mudah

Apa bedanya otak kanan dan otak kiri? Perlu dipahami, otak memiliki semacam ruang yaknik otak kanan dan otak kiri yang dihubungkan oleh semacam jembatan bernama corpus callosum. Setiap belahan otak mengontrol bagian tubuh yang bukan sisinya. Yang kalau dijabarkan berarti, belahan otak kiri menguasai dan mengatur badan sebelah kanan dan belahan otak kanan menguasai dan mengatur badan sebelah kiri.

Fungsi utama otak sebelah kiri adalah mengatur aktivitas berpikir konvergen (satu arah) yang bersifat matematis, sistematis, teratur, berurutan, dan rinci. Otomatis, belahan otak kiri berpikir secara rasional, analitis, berurutan, linier, dan saintifik.

Apakah Otak Kanan Lebih Baik daripada Otak Kiri?

Meskipun otak kanan (non-verbal), pemikirannya sering dianggap lebih ‘kreatif’ tapi sebenarnya anggapan itu sepenuhnya benar. Karena memang ada dua cara berpikir yang berbeda.

Seseorang akan menjadi miskin kreativitas apabila ia lebih banyak dirangsang untuk menggunakan belahan otak kirinya saja. Tetapi seseorang tidak dapat dikatakan kreatif saat ia menggunakan hanya otak kanan saja. Karena, sesuatu hal yang dikatakan kreatif hanya bisa tercipta ketika sudah dieksekusi bersama oleh kedua belahan otak.

Setiap orang menggunakan kedua belah sisi otak pada hampir setiap waktu. Sebetulnya tidak mungkin bisa menghentikan kerja otak kanan atau otak kiri secara total. Saat membaca tulisan ini pun, otak terus berpikir dan membandingkan data yang sebelumnya ada dan ketahui dalam otak dengan tulisan yang baru dibaca ini. Memang otak bekerja begitu banyak di luar kesadaran manusia.

Melatih Otak Kiri dan Otak Kanan

melatih otak

1. Eight Game

Latihan ini melatih kreativitas kita. Selain itu, eight game mengendurkan otot-otot lengan dan pergelangan tangannya, meningkatkan kecepatan membaca, koordinasi otot mata, penglihatan periferal, serta menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan.

  Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Selalu Dilatih

Pura-puralah menggambar simbol unlimited ∞ dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Cobalah permainan ini dan lakukan setidaknya selama 2 menit tiap harinya.

2. Thumb Game

Angkat jempol kiri dan kelingking kanan, sambil menyerongkan keduanya ke arah kanan. Lalu sebaliknya, angkat jempol kanan dan kelingking kiri, sambil menyerongkan keduanya ke kiri.

Thumb game bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan. Cobalah permainan sederhana ini dan lakukan setidaknya selama dua menit setiap hari.

3. Pattern Game

Gambarlah pola tertentu di sebuah kertas kosong menggunakan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah.

Selain bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan, permainan sederhana ini juga dapat digunakan untuk menggali potensi visual. Patern game juga bisa melatih memori jangka pendek dan jangka panjang.

Cobalah permainan unik ini setidaknya selama 2 menit setiap hari dalam 14 hari berturut-turut.

4. Cross Crawl

Caranya, duduk atau berdiri dan dengan siku tangan kanan menyentuh lutut kiri secara diagonal di seluruh tubuh Anda.

Dengan cara yang sama, ulang gerakan tersebut dengan tangan kiri menyentuh lutut kanan, lakukan terus secara bergantian.

Pastikan menyentuh lutut dengan siku sepenuhnya, ulangi gerakan ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membantu melepaskan stres berlebih.

5. Specific Posturing

Bertumpulah dengan lutut kiri dan tangan kanan di tempat yang nyaman. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke arah depan.

  Cara Mengecilkan Paha dan Betis dalam 1 Minggu

Gerakan ini bertujuan untuk mengaktifkan saraf-saraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus.

Cobalah latihan sederhana ini setidaknya selama 10 menit per hari dalam 14 hari berturut-turut.

6. Rotated Reading

Balikkan sebuah tulisan lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah ini dan jadikan sebagai rutinitas baru. Luangkan waktu setidaknya 2 menit per hari untuk melakukan rotated reading.

7. Left-handed Brushing

Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore dan malam sebelum tidur, gosok gigilah menggunakan kanan. Cobalah dan teruskan kebiasaan baru ini setiap hari.

8. Left-handed Writing

Tulislah nama panggilanmu di kertas dengan menggunakan tangan kiri. Ulang kebiasaan ini minimal 10 kali per hari dalam 14 hari berturut-turut. Niscaya kamu akan menemukan keajaiban, pada hari ke-3 kamu bisa menulisnya dengan sangat mudah. Akhirnya kamu dapat menulis menggunakan kedua tanganmu.

9. Left-handed Signing

Buatlah tanda tanganmu di secarik kertas menggunakan tangan kiri. Jadikan ini sebuah kebiasaan dengan melakukannya minimal 10 kali per hari dalam 14 hari berturut-turut. Niscaya kamu akan menemukan keajaiban, 2 dari 10 tanda tangan yang kamu buat menyerupai bentuk aslinya.

10. Belajar Meditasi

Dengan melakukan meditasi, kita dapat mengurangi stres, mengatasi rasa cemas yang berlebihan, dan mengaktifkan pusat kontrol otak untuk kebahagiaan dan kepuasan.

Melakukan meditasi secara teratur berarti kita melatih otak kita agar lebih tenang ketika menghadapi cobaan.

11. Bergabung dengan Kegiatan Sosial

Memiliki aktivitas sosial yang konstan dan teratur diyakini dapat membuat otak lebih aktif berpikir dan mengurangi kemunduran kerja otak.

Di dalam sebuah kegiatan sosial kita dibuat agar selalu berpikir untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi sekitar.

  Lapangan Basket: Gambar dan Ukurannya [Lengkap]

Buruan Coba!

Nah, itu dia beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melatih otak. Kita bisa mengaplikasikan itu pada diri sendiri maupun orang-orang yang kita kasihi.

Selamat mencoba!

Spread the love