Kenapa Hari Minggu Libur?

Cari berdasarkan:

Sebagian besar dari kamu tentu menyukai hari Minggu kan? Ya, Minggu menjadi hari yang sering dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Lantas tahukah kamu bahwa tiap negara memiliki hari libur sendiri? Di balik penentuan hari libur tersebut ada sejarah yang menarik untuk diketahui lho.

Mari kita bahas tentang ini.

Alasan Hari Minggu Libur

Negara-negara Timur Tengah seperti Saudi Arabia, hari Jumat dipilih sebagai hari libur. Sebab, hari Jumat dianggap sebagai hari baik bagi umat muslim untuk beribadah. Dengan diliburkannya kegiatan di hari Jumat, masyarakat negara-negara Timur Tengah yang notabene mayoritas muslim memiliki banyak waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya secara total.

Berbeda lagi dengan bangsa Yahudi yang menetap di Israel. Mereka menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur lantaran hari Sabtu merupakan hari ibadah untuk mereka.

Kamu tentu penasaran ya mengapa hari Minggu yang dijadikan hari libur di Indonesia? Hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya tak hanya berlaku di negara ini, tetapi juga mayoritas negara di dunia dan sejarahnya bisa dilihat pada masa Romawi.

Dulu, Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak daerah di Eropa. Kekuasaan mereka sampai ke wilayah Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, dan beberapa daerah lainnya. Sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Ya, sama dengan negara-negara di Timur Tengah dan Israel yang meliburkan segala aktivitasnya pada hari mereka beribadah, bangsa Romawi memilih hari Minggu.

Tak hanya meliburkan diri di hari Minggu, bangsa Romawi juga mewarisi kebiasaan yang menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Kamu tak asing kan dengan tanda merah di kalender? Itulah jawabannya.

Pengaruh itu kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah yang dikuasai Romawi Kuno tadi, dan Belanda adalah salah satunya. Seperti yang semua orang tahu, Belanda kemudian menjajah dan menguasai wilayah yang kini bernama Indonesia. Sejak saat itu, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja di Hindia-Belanda (nama Indonesia kala itu). Hal itu membuat tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

Bagikan kebahagiaan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 16 =