Profil & Informasi tentang Negara Polandia [Lengkap]

Informasi mengenai Polandia.

NamaPolandia
Nama resmiRepublik Polandia
Rzeczpospolita Polska (Polandia)
Ibu kotaWarsawa
Semboyan-
Lagu kebangsaanMazurek Dąbrowskiego
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanRepublik Polandia Kedua: 11 November 1918
Republik Rakyat Polandia: 8 April 1945
Republik Polandia: 13 September 1989
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifMajelis Nasional (Senat + Sejm)
Bahasa NasionalPolandia
AgamaKatholik Roma
Mata UangZłoty (zł) (PLN)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+48
Domain.pl
Situs Resmihttps://www.polska.pl/

Polandia (bahasa Polandia: Polska) adalah sebuah negara republik yang berdaulat di Eropa Tengah. Polandia merupakan negara dengan warna bendera Putih-Merah yang beribu kota di Warsawa.

Batas-batas wilayah Polandia:

  • Utara: Rusia dan Laut Baltik,
  • Selatan: Ceko dan Slowakia,
  • Barat: Jerman,
  • Timur: Lituania, Belarus, dan Ukraina.
Letak negara Polandia
Letak Polandia

Polandia memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Polandia
Bendera Polandia

Polandia saat ini dibagi menjadi 16 provinsi (bahasa Polandia: województwa). Otoritas administratif pada tingkat provinsi dibagi antara gubernur yang ditunjuk pemerintah pusat, majelis terpilih yang disebut sejmik, dan dewan eksekutif yang dipilih oleh majelis itu. Pemimpin eksekutif tersebut adalah marszałek.

Pembagian wilayah administratif Polandia
Województwa di Polandia

Polandia terbagi menjadi beberapa provinsi yaitu:

  1. Polandia Besar (Wielkopolskie),
  2. Kuyavian-Pomeranian (Kujawsko-pomorskie),
  3. Polandia Kecil (Małopolskie),
  4. Łódź (Łódzkie),
  5. Silesia Bawah (Dolnośląskie),
  6. Lublin (Lubelskie),
  7. Lubusz (Lubuskie),
  8. Masovia (Mazowieckie),
  9. Opole (Opolskie),
  10. Podlaskie (Podlaskie),
  11. Pomerania (Pomorskie),
  12. Silesia (Śląskie),
  13. Subcarpathia (Podkarpackie),
  14. Salib Suci (Świętokrzyskie),
  15. Warmia-Masuria (Warmińsko-Mazurskie),
  16. Pomerania Barat (Zachodniopomorskie).
Lambang negara Polandia
Lambang negara Polandia

Polandia secara astronomis terletak di antara 49°LU hingga 55°LU dan 14°BT hingga 25°BT. Di barat laut terdapat Laut Baltik yang membentang dari Teluk Pomerania hingga Teluk Gdańsk. Pesisir ini ditandai oleh beberapa danau pesisir dan bukit pasir. Garis pantai yang sebagian besar lurus dijuluki sebagai Laguna Szczecin, Teluk Keping, dan Laguna Vistula.

Tengah dan bagian utara negara itu terletak di Dataran Eropa Utara.Di atas dataran rendah ini adalah wilayah geografis yang terdiri dari empat distrik perbukitan morain dan danau yang dibendung moraine yang terbentuk selama dan setelah zaman es Pleistosen. Empat distrik tersebut adalah Distrik Danau Pomerania, Distrik Danau Polandia Besar, Distrik Danau Kashubian, dan Distrik Danau Masurian. Distrik Danau Masurian adalah yang terbesar dari empat distrik tersebut.

Selatan Dataran Eropa Utara adalah wilayah Lusatia, Silesia dan Masovia, yang ditandai oleh lembah sungai zaman es yang luas. Lebih jauh lagi ke selatan adalah wilayah pegunungan yang antara lain Sudetes, Dataran Tinggi Kraków-Częstochowa, Pegunungan Świętokrzyskie, dan Pegunungan Carpathian. Bagian tertinggi dari Carpathian adalah Pegunungan Tatra di sepanjang perbatasan selatan Polandia.

Morskie Oko di kaki Pegunungan Tatra di Polandia selatan yang ketinggian rata-rata 2.000 meter
Morskie Oko di kaki Pegunungan Tatra di Polandia selatan yang ketinggian rata-rata 2.000 meter

Etnis Polandia adalah bagian dari kelompok etnis Slavia Barat dan bangsa yang berasal dari Polandia. Pembentukan identitas dan etnis Polandia dapat ditelusuri hingga abad ke-10 ketika Adipati Mieszko I secara politis menyatukan suku-suku Slavia dari Poland, Mazovian, Slezan, Vistulan, Pomeranian, Lendian, dan etnis lain yang menghuni area di antara Sungai Oder di barat dan Sungai Bug di timur, dan antara Pegunungan Carpathian dan Sudetes di selatan dan Laut Baltik di utara. Setelahnya Polandia menerima agama Kristen sebagai agama resmi negara.

Setelah pembentukan Persemakmuran Polandia-Lithuania pada 1569, Polandia-Lithuania selama dua abad memiliki keberagaman bahasa, budaya, dan agama. Persemakmuran terutama terdiri dari tiga bangsa yakni Polandia, Lithuania, dan Ruthenian (Ukraina dan Belarus) – ada juga kelompok minoritas yang cukup besar seperti Jerman, Yahudi, Latvia, Skotlandia, Armenia, Mennonit, dan Tatar. Setelah partisi Polandia pada akhir abad ke-18, sebagian besar etnis Polandia tinggal di Congress Poland dan Provinsi Galicia dan Poznań. Ketika Polandia mendapat kemerdekaan pada tahun 1918, etnis Polandia merupakan mayoritas di negara itu dan yang minoritas antara lain Ukraina, Belarus, Yahudi, dan Jerman.

Pantai Laut Baltik Polandia memiliki panjang sekitar 528 kilometer dan membentang dari Pulau Usedom di barat ke Krynica Morska di timur.
Pantai Laut Baltik Polandia memiliki panjang sekitar 528 kilometer dan membentang dari Pulau Usedom di barat ke Krynica Morska di timur.

Dalam sensus 2011, terdapat 37.310.341 etnis Polandia (96,88%), 435.750 (1,13%) Silesian, 17.746 (0,04%) Kashubian, 74.464 (0,19%) Jerman, 38.387 (0,09%) Ukraina, dan 36.399 (0,09%) Belarus. 88.577 orang (0,23%) dan 521.470 orang (1,35%) tidak melaporkan identitas apapun.

Kelompok etnis minoritas lain di Polandia antara lain Romani, Yahudi Polandia, Lemkos, Lithuania, Armenia, Vietnam, Slowakia, Ceko, Rusia, Yunani, dan Tatar Lipka. Etnis-etnis tersebut dapat dikelompokkan dalam sub-kelompok etnografis regional seperti Masovia, Kurpie, Masuria, Kashubia, Kujawi, Poznaniacy, Krakowi, Lubliniacy, Lachy Sądeckie, Pogórzanie, Gorals, Silesian, dan Silesian Gorals.

Distrik Danau Masurian, yang terletak di wilayah Masuria Polandia, berisi lebih dari 2.000 danau.
Distrik Danau Masurian, yang terletak di wilayah Masuria Polandia, berisi lebih dari 2.000 danau.

Bahasa Polandia adalah bahasa resmi Polandia. Bahasa Polandia juga merupakan bahasa resmi Uni Eropa. Standar tulisnya menggunakan alfabet Polandia yang memiliki 9 tambahan huruf pada aksara Latin dasar (ą, ć, ę, ł, ń, ó, ś, ź, ż), dengan pengecualian utama q, v, dan x yang digunakan untuk kata-kata asing.

Pada 2015, lebih dari 50% populasi menggunakan bahasa Inggris, bahasa Rusia menduduki peringkat kedua, dan bahasa Jerman menduduki peringkat ketiga. Bahasa asing lain yang biasa digunakan adalah bahasa Prancis, Italia, dan Spanyol.

Basilika St. Mary di Alun-alun Pasar Utama, Kraków adalah contoh arsitektur Brick Gothic.
Basilika St. Mary di Alun-alun Pasar Utama, Kraków adalah contoh arsitektur Brick Gothic.

Toleransi dan kebebasan beragama yang dijamin konstitusi Polandia memacu pertumbuhan gerakan teologis seperti Calvinist Polish Brethren, sejumlah kelompok Protestan, serta ateis seperti filsuf eks Yesuit Kazimierz Łyszczyński.

Pada tahun 2014, diperkirakan 87% populasi adalah jemaat Gereja Katolik. Meski tingkat ketaatan beragama kurang dari 52%, Polandia tetap menjadi salah satu negara paling beragama di Eropa.

Agama minoritas di Polandia antara lain Ortodoks Polandia (506.800 orang), berbagai denominasi Protestan (150.000 orang) – termasuk 77.500 jemaat Gereja Evangelical-Augsburg, 23.000 jemaat Gereja Pantekosta di Polandia, 10.000 jemaat Gereja Advent Hari Ketujuh dan denominasi Evangelis lainnya yang lebih kecil, Saksi-Saksi Yehuwa (126.827 orang), Katolik Timur, Mariavites, Yahudi, dan Islam. Ada juga beberapa ribu orang neo-pagan yang beberapa di antaranya adalah anggota Gereja Native Polish.

Situs-situs ziarah Katolik Roma di Polandia yang terkenal antara lain Biara Jasna Góra di Częstochowa, Basilica Our Lady of Licheń, The Divine Mercy Shrine di Kraków. Banyak wisatawan juga mengunjungi rumah Keluarga Yohanes Paulus II di Wadowice. Para peziarah Ortodoks mengunjungi Gunung Grabarka yang berada dekat Grabarka-Klasztor.

Spread the love