Syarat dan Ketentuan Menjadi Paskibraka

Cari berdasarkan:

Kamu ingin menjadi Paskibraka 2020?

Dulu kamu berharap bisa diterima paskibra sekolah, dan sudah tercapai.

Sekarang bersiaplah untuk ikut seleksi paskibraka nasional, paskibra yang bisa mengibarkan bendera di Istana Negara.

Dengan menjadi anggota paskibraka, kamu otomatis mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Baiklah langsung saja. Mari kita mulai.

Syarat menjadi paskibraka

Syarat menjadi Paskibraka

Secara umum syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para calon anggota paskibraka meliputi hal-hal di bawah ini:

  1. Siswa/siswi calon paskibra harus memiliki akhlak yang bagus,
  2. Calon paskibra harus beragama dan taat pada agama yang dianutnya,
  3. Calon paskibra harus berbudi pekerti dan bertingkah laku baik,
  4. Calon paskibra harus memiliki mental yang kuat dan moral yang baik,
  5. Siswa/siswi calon anggota harus dapat bertanggung jawab,
  6. Siswa/siswi calon anggota harus berkepribadian baik,
  7. Siswa/siswi calon anggota harus bersahaja,
  8. Calon anggota harus bersikap sopan,
  9. Siswa/siswi calon anggota harus disiplin,
  10. Siswa/siswi calon anggota harus bersemangat,
  11. Siswa/siswi calon anggota harus sigap, tangkas, dan lincah,
  12. Berpenampilan menarik, segar, dan gembira,
  13. Mudah bergaul (supel) dan ramah,
  14. Tinggi badan adalah antara, putra: 170cm-180cm dan putri: 165cm-175cm,
  15. Berat badan ideal dan proporsional,
  16. Kaki tidak panjang sebelah, varises, O atau X.
  17. Tubuh simetris dan proporsional (tidak terlihat lebar sebelah),
  18. Calon anggota harus berpostur tegap,
  19. Tangan tidak panjang sebelah,
  20. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan dokter),
  21. Tidak berpenyakit dalam, menular, dan/atau kronis,
  22. Memiliki ketahanan fisik yang baik,
  23. Tidak memiliki kekurangan fisik,
  24. Gigi yang rapi,
  25. Kulit yang bersih,
  26. Mata yang sehat (tidak buta warna dan/atau minus/plus/silinder),
  27. Memiliki nilai yang di atas rata-rata kelas (dibuktikan dengan raport sekolah),
  28. Berjiwa kepemimpinan yang baik,
  29. Bisa dan paham masalah baris berbaris,
  30. Dapat berbahasa inggris aktif (talking-talking :D),
  31. Belum pernah menjadi anggota paskibraka (Kota, Kabupaten, Provinsi dan/atau Nasional),
  32. Sudah mendapat ijin dari orangtua dan sekolah,
  33. Memiliki pengetahuan yang cukup tentang daerah asal,
  34. Dapat menampilkan kesenian daerah asal,
  35. Bukan perokok dan pecandu narkoba,
  36. Siswa/i SMA/SMK/MA sederajat kelas 10 (pada saat tugas kelas 11),
  37. Siswa/i berusia antara 16 hingga 18 tahun.

Semangat!

37 syarat/kriteria di atas harus terpenuhi agar bisa masuk dan menjadi paskibraka (khususnya nasional) 2020.

Mas apa kalau cuma kota harus terpenuhi semuanya?

Kalau tingkat provinsi bagaimana mas?

Untuk tingkat kota maupun provinsi saya tidak berani memastikan, karena itu wewenang dari daerah tersebut.

Jadi coba tanya kakak kelas/senior di sekolahmu untuk keterangan lebih lanjut.

Selamat berjuang! Jangan lupa bagikan artikel ini ya, biar makin banyak yang tau. 🙂

Terima kasih.

Spread the love

41 komentar “Syarat dan Ketentuan Menjadi Paskibraka”

  1. Anonymous says:

    Halo kak? Aku kepingin bgt jadi anggota paskibra nasional, semua syarat inshaa Allah terlaksana tapi ada satu yang ga terlaksana yaitu umur, wktu aku kelas 1 sma aku baru berumur 14 thn dan kelas 2 sma pun baru 15 thn, apa aku bisa masuk ke paskibra nasional walau ada kekurangan pada umur?

    1. semutbelang says:

      Saya rasa tidak bisa.
      Karena umurnya terlalu jauh terpaut.

      Tapi saya juga tidak bisa memastikannya secara pasti.
      Coba tanya saja sama pihak terkait biar mantab jawabannya. 🙂

  2. Anonymous says:

    kak, kalo mau jadi anggota paskibraka nasional memang tidak boleh kalau sudah pernah jadi paskibra di kota kab prov nas ya?

    1. semutbelang says:

      Tidak bisa.
      Syarat itu sudah tertulis di poin nomor 31.

  3. Anonymous says:

    Izin bertanya kak,dalam sleksi calon Paskibraka, ada berapa cabang test ?

    1. semutbelang says:

      Cabang tes?
      Seingat saya ada,
      1. Seleksi administrasi
      2. Tes kemampuan (Tes buta warna, min, kesenian, bahasa Inggris, dll)
      3. Tes fisik

  4. Hidayatulmutaqin Ikin says:

    Persyaratan yg no 25 itu harus ya kak…??

    1. semutbelang says:

      Seingat saya iya.
      Tapi definisi bersih ini relatif tergantung peseleksi di daerah.

  5. ALfharry100300@gmail.com says:

    nama saya salman almighfari.saya salah satu anggota paskibra sekolah saya.saya juga berpengalaman tugas upacara bag pengibar bendera.dan saya ingin menjadi petugas pengibar bendera di istana negara.bagaimana caranya.syukron

    1. semutbelang says:

      Coba cari info soal ini di dinas terkait (dinas pendidikan/dinas olahraga/dinas lain yang terkait) di kota/kabupatenmu, antar kota/kabupaten biasanya beda nama jadi cari saja dinas-dinas yang terkait dengan pelajar dan/atau olahraga.

      Setelah itu, daftar aja. Dinas pasti memberi tau bagaimana caranya dan apa syaratnya.

      Soal mau ke istana, kamu harus melewati seleksi-seleksi dulu. Tidak bisa langsung milih ke istana.

      Semoga beruntung.

  6. paskibra says:

    tahapannya untuk bisa jadi paskibraka gimana bang

    1. semutbelang says:

      Tahapannya, kalau di kota saya

      1. Seleksi tingkat sekolah (biasanya ini ada kalau di sekolah sudah ada ekskul baris berbaris)
      2. Seleksi tingkat kota
      3. Seleksi tingkat provinsi
      4. Seleksi tingkat nasional (tahun 2017 kemarin tidak ada kalau tidak salah)

  7. An Li D says:

    yakin tinggi putra 180 keatas gak bisa ?

    1. semutbelang says:

      Yang dicari sebenarnya kesamaan tingginya jika dilihat. Dan kalau yang di bawah 170 tidak nggak bisa, berarti yang di atasnya 180 juga nggak bisa. Saya rasa begitu begitu.

  8. Unknown says:

    kalo kita punya tanda lahir di lengan, 1 lengan semua, bisa ka????

    1. semutbelang says:

      Saya rasa bisa. Namun saya tidak menjamin.

  9. Gare N says:

    Syarat insyaalloh saya sudah terpenuhi tapi Kalo kelas 11 bisa tidak kak??

    1. semutbelang says:

      Syaratnya saat pelaksanaan upacara (bertugas), siswa berada di kelas 11.

  10. Siti Nxy says:

    izin bertanya kak,, kalau minus 1.5 juga tidak bisa jadi paskibraka?

    1. semutbelang says:

      Minus 1,5 ya. Hmm.
      Begini menurut saya, kalau masih bisa melihat dengan jelas pada jarak yang lumayan tanpa kacamata, tidak masalah. Soalnya waktu tugas kan tidak menggunakan kacamata.

      Btw, ada tes minus mata lhoh. Jadi silakan uji ketangguhan penglihatanmu.

  11. Unknown says:

    Kak gigi saya bersih tapi bagian bawahnya agak berantakan.masih bisa gak ya

    1. semutbelang says:

      Kata berantakan di sini saya tidak tau visualnya seperti apa. Tapi asumsi saya, kamu tetep bisa menutup mulut jadi kemungkinan bisa. Dan memang, faktor gigi baru satu faktor. Coba daftar dulu saja, tidak ada salahnya mencoba.

  12. Unknown says:

    Kak kalo paskibraka di provinsi boleh pake behel??

    1. semutbelang says:

      Sebelum maju ke Provinsi, akan ada seleksi tingkat kota terlebih dulu. Nah, di kota ini baru deh tau aturan yang berlaku di provinsinya gimana kalau lolos seleksi kota/kabupaten.

  13. IWAN SETIAWAN says:

    Domisili orang tua harus sama dengan domisili sekolah ndak…karena di kota pontianak aturannya seprti itu

    1. semutbelang says:

      Perihal domisili orang tua, sepertinya prosedurnya memang seperti itu.

  14. Januar Billy says:

    Mau nanya kalau kita kuliah masih bisa ikut tidak?

    1. semutbelang says:

      Kalau sudah kuliah, tidak bisa ikut.

  15. Hafizh ridho yusufi says:

    Kalo gigi rapi tapi berlubang di gigi bagian belakangnya bisa tidak?

    1. Semut Belang says:

      Mungkin bisa karena tidak terlihat. Tapi saya tidak menjamin sebab bukan tugas dan wewenang saya.

  16. Huda says:

    Kak kalo tinggi badan lebih dari 180?

    1. Semut Belang says:

      Bisa, tapi itu tergantung juga sama teman-teman yang lain dan juga kebijakan penyeleksi. Seperti beberapa tahun yang lalu, kalau tidak salah dengar, untuk tingkat nasional tinggi semua anggota pasukan adalah 172.

      Semoga berhasil!

  17. Nindya says:

    Kak, seleksi yg diujikan apa aja yaa

    1. Semut Belang says:
      • Fisik. Kemungkinan: lari, push-up, sit-up
      • PBB dasar
      • Kesenian
  18. nanaa says:

    mohon izin bertanya, apabila semisal giginya tidak rapi dan berlubang apa masih bisa ikut. lalu untuk speaking english itu wajib bisakah ??

    1. Semut Belang says:

      Saya tidak bisa bicara terlalu banyak soal berbicara bahasa Inggris, tapi soal gigi berlubang atau kurang rapi itu sangat subyektif (tergantung tim penyeleksi).

  19. Dian febriyanti says:

    Kak, saya ingin sekali menjadi paskibraka aamiin…
    Saya bercita² ini dari kecil. Tapi ada satu kendala yg tidak dapat saya penuhi sepertinya. Gigi saya nggak rapi😭😭

  20. Sheilanur says:

    Hai kak saya mau tanya,kalau untuk tinggi badan saya 170cm tapi saya takut karena postur tubuh saya gede gituu apa masih bisa ikut paskibra?saya minder soalnya.. Terus untuk tes b inggris gimana tesnya? Terima kasih banyak kak dibalas yaa..

    1. Semut Belang says:

      Tes bahasa Inggrisnya standar sih. Soal postur tubuh, coba saja dulu. Karena “gedhe” menurutmu belum tentu “gedhe” untuk tim penilai. Kalau tetep minder, olahraga rutin ya gapapa. Lari-lari gitu. Itung-itung latihan buat tes fisik.

  21. Maria ulfah says:

    Klo syarat no 30 itu harus ya klo gak bisa gimana?

    1. Semut Belang says:

      Saya tidak bisa banyak berpendapat soal ini takut salah omong. Tapi yang pasti jangan terlalu takut di poin itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =