Tips Liburan Hemat Kemana Aja yang Kamu Mau

Musim liburan adalah saatnya orang-orang memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Tak heran jika banyak orang yang menanti momen ini. Banyak orang meyakini bahwa liburan yang menyenangkan perlu menghabiskan banyak uang. Istilah “ada harga, ada barang” biasanya menjadi dasar ketika akan berlibur. Faktanya, liburan tidak selalu mahal dan butuh dana yang besar. Waktu liburan dapat dihabiskan dengan menyenangkan bahkan dengan budget yang minim.

Selain itu, liburan tidak harus pergi ke luar negeri jika hanya untuk mencari kesenangan. Destinasi wisata di Indonesia yang luas ini sangat banyak dan pastinya liburan di Indonesia lebih hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan keluargamu.

Tips Liburan Hemat

tips liburan

Simak beberapa tips mewujudkan liburan hemat dan menyenangkan berikut ini yang dapat menolong kamu selama masa berlibur dengan budget minimum.

1. Cari Lokasi Liburan Terbaik

Sebelum pergi berlibur, tentu kamu harus menentukan destinasi tujuannya. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan dengan bantuan internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Dengan melakukan survei maka kamu juga bisa mulai menghitung kisaran uang yang kamu butuhkan untuk berlibur di destinasi tersebut, dan kamu bisa mengetahui jika promo dan diskon yang sedang berlangsung sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah. Tips yang paling terutama adalah pilih tempat liburan yang memang sesuai dengan kantongmu.

Selain harus mencari informasi, kalau bisa bertanyalah juga ke teman yang sudah berpengalaman tentang bagaimana trik berlibur dengan menggunakan budget minimal.

Kalau beruntung, ketika sedang survei, kamu bisa menemukan objek wisata yang baru dibuka. Mengunjungi tempat ini tentu akan menghemat biaya karena biasanya destinasi yang baru dibuka belum dikenakan biaya masuk atau walaupun sudah dikenakan biaya, tarifnya masih murah. Berbeda halnya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung atau sudah memberikan harga normal tanpa diskon. Mencari destinasi wisata di sekitar tempat tinggal juga bisa menjadi alternatif untuk liburan hemat.

2. Harus Selalu Update tentang Promo

Di zaman yang serba internet seperti sekarang ini, sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu tentang berbagai promo destinasi, penginapan, transportasi, dan makan.

Jika kamu bisa mendapatkan promo di hampir semua hal ini, tentu akan mengurangi biaya liburan kamu dengan sangat bukan?

3. Persiapkan Transportasi dan Waktu Keberangkatan

Setelah melakukan survei dan mendapatkan destinasi wisatamu, sekarang waktunya memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan dilakukan jauh sebelum hari keberangkatan, kamu akan mendapatkan harga spesial atau bisa saja mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya.

Maskapai pesawat terbang biasanya melakukan promo pada saat-saat tertentu. Terkadang kita tidak menyadari bahwa maskapai penerbangan tersebut sedang menjual harga tiket pesawat dengan harga diskon. Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan perjalanan dengan lebih murah via udara, kamu harus mengecek harga tiket pesawat secara berkala, agar bisa menemukan harga yang sesuai dengan budgetmu.

Selain hal itu, kamu juga harus memikirkan waktu terbaik tempat wisatamu itu waktu siang hari atau malam hari. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap biaya inap dan masalah perjalanan.

4. Usahakan Tidak Berangkat ketika Musim Liburan

Sudah bukan rahasia lagi jika bepergian pada saat high season (seperti pada saat liburan, entah weekend atau hari libur nasional), harga tiket pesawat maupun harga penginapannya akan menjadi lebih mahal berkali-kali lipat. Ditambah lagi, kebanyakan tempat wisata menerapkan harga tiket masuk pada saat musim liburan lebih mahal dari hari biasa atau low season. Oleh karena itu, hindari bepergian pada high season, cari waktu untuk bepergian pada saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur. Bahkan jika memungkinkan, berangkatlah pada hari biasa, kamu bisa menghemat biaya perjalanan.

5. Buat Perincian Biaya

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah dengan membuat perincian biaya perjalanan. Tentukan budget maksimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari.

Dengan adanya budget awal, kamu akan memiliki batasan untuk pengeluaran dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

Setelah acara, jangan lupa untuk selalu catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan sekecil apapun itu. Hal ini akan membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir, apakah sudah sesuai dengan rencana awal atau tidak.

6. Cari Penginapan Terbaik

Kamu tentu sudah tahu, kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaranmu membengkak. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah warga yang menyewakan kamar. Biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini adalah tips agar liburan kamu semakin murah.

7. Cari Tempat Makan Murah

Ketika berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang harus diperhatikan adalah biaya makan. Hindari makan di restoran mewah. Kamu bisa makan di sekitar destinasi wisata yang biasanya jajanan tradisional. Tetapi jangan terlalu menghemat juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat tujuanmu, karena itu akan menambah wawasan dan pengetahuan.

8. Bawa Uang Tunai

Anggarkan beberapa rupiah untuk selalu dibawa selama berlibur. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Jika kamu takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit, kartu kredit visa, atau MasterCard. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila mendapatkan kebutuhan mendadak.

9. Berbelanja!

Hal ini harus menjadi hal terakhir yang kamu pikirkan karena seringkali “oleh-oleh” menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan. Saat pergi berlibur, membeli oleh-oleh dan beberapa barang tentu sangat dianjurkan supaya kamu dapat mengenang momen-momen liburanmu, tetapi jangan jadikan belanja “oleh-oleh” sebagai prioritas utamamu.

Oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik adalah hiasan rumah, T-Shirt, dan jajanan tradisional. Carilah buah tangan yang mencerminkan keunikan daerah setempat karena hal itu mengesankan bahwa kamu membawa suasana di destinasi wisatamu.

10. Carilah Teman Perjalanan

Jika kamu ingin berlibur dengan biaya yang lebih murah, maka berliburlah bersama temanmu. Kamu dapat menghemat biaya penginapannya karena kamu bisa memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak. Kamu juga bisa mendapatkan paket rombongan di tempat wisata sehingga dapat menghemat pengeluaranmu. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok jika kamu ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat. Tetapi manfaat dari cara ini adalah kamu bisa menjalin hubungan lebih baik dengan teman-teman kamu dan tentunya biaya liburan menjadi lebih murah karena berbagai kebutuhannya bisa dibagi rata dengan harga lebih murah.

11. Manfaatkan Wifi

Ketika kamu melakukan perjalanan, tentunya kamu tetap membutuhkan sarana komunikasi. Sebenarnya kamu bisa membeli mobile sim card negara setempat (apabila bepergian keluar negeri). Tetapi tentu saja, harganya lebih mahal dan kamu hanya menggunakannya selama kamu di sana. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan membeli mobile sim card di sana, manfaatkanlah wifi yang ada di area wisata atau di tempat penginapanmu.

12. Memanfaatkan status mahasiswamu

Kamu masih mahasiswa, tentu akan menambah keuntunganmu dalam berwisata. Beberapa destinasi wisata memiliki harga khusus bagi pelajar dan mahasiswa dengan syarat bisa menunjukkan bahwa masih berstatus mahasiswa. Maka dari itu, bawalah selalu kartu mahasiswa kemanapun kamu pergi berwisata.

Yuk Kita Liburan!

Kamu memiliki kendali penuh atas keuanganmu. Mau liburan hemat atau tidak, itu juga tergantung pada kamu sebagai pengendali keuangan. Jika kamu mau berlibur tapi juga harus berhemat, maka tips liburan hemat di atas mungkin bisa membantu kamu. Segala sesuatu ada waktunya maka ambillah waktu sejenak untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluargamu.

Ada satu hal yang terpenting ketika kamu melakukan liburan, yaitu kamu harus menikmati liburan itu dan mendapatkan pengalamannya. Berhemat boleh, tapi jangan sampai keterlaluan, karena nantinya kamu sendiri yang akan menyesal. Nikmati liburanmu meskipun harus mengeluarkan budget sedikit lebih besar.

Selamat malam.

Spread the love