Alasan Snack Video Ilegal dan Tidak Bisa Dibuka


Alasan Snack Video diblokir

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerangkan bahwa Snack Video telah masuk dalam aplikasi ilegal sejak Februari 2021, menyusul TikTok Cash dan VTube telah dinyatakan ilegal oleh OJK lebih dulu. Bahkan, keduanya telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Alasan Snack Video Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing menjelaskan bahwa faktor yang membuat Snack Video menjadi ilegal adalah tidak terdaftarnya aplikasi tersebut di Kominfo Indonesia.

“Sesuai siaran pers Satgas Waspada Investasi bahwa kegiatan tersebut tidak terdaftar sebagai penyelenggara sistem informasi di Kemenkominfo dan belum ada izin kegiatan usahanya di Indonesia,” ujar Tongam seperti dilansir dari Kompas.

Pihaknya telah berdiskusi dengan perusahaan yang menaungi Snack Video. Hasilnya disepakati bahwa operasi aplikasi Snack Video di Indonesia dihentikan sementara hingga izin diperolehnya.

“Berdasarkan hasil pembahasan dengan pengurus perusahaan tersebut, kegiatannya dihentikan sampai izin diperoleh dan aplikasinya akan diblokir,” imbuh Tongam.

Hingga kini, pihak OJK masih melakukan kajian lebih lanjut terkait aplikasi Snack Video. “Kami masih terus melakukan penelitian kegiatan tersebut,” kata Tongam.

Aplikasi Berbasis Money Game

Dilansir Kompas, Kepala OJK Sulawesi Utara, Mohammad Fredly Nasution menyampaikan bahwa Snack Video diduga merupakan aplikasi berbasis money game.

Sebab, aplikasi tersebut menawarkan pendapatan bagi penggunanya hanya dengan menonton video dari unggahan pengguna lain dan menggunakan sistem mengajak teman (referral).

Lebih lanjut, OJK Sulawesi Utara juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan investasi pada entitas yang diduga ilegal, seperti VTube dan TikTok Cash.

Di VTube terdapat skema referral. Skema ini memberi kesempatan anggotanya untuk mendapatkan poin tambahan apabila berhasil mengajak orang lain bergabung maupun upgrade level misi. Poin yang didapat jauh lebih besar daripada metode menonton iklan di VTube.

Untuk alasan itulah, banyak orang lebih berfokus pada mencari referral. Diketahui, poin yang diperoleh dapat ditukarkan menjadi uang tunai apabila mencapai target tertentu.

Sementara untuk aplikasi TikTok Cash diduga menawarkan investasi bodong. Cara investasinya adalah dengan mem-follow akun, like, dan menonton video TikTok.

Kegiatan itu didokumentasikan dengan cara di-screenshot, untuk mendapatkan keuntungan berupa saldo yang dapat dicairkan ke rekening bank pengguna. Agar dapat meraup untung dari platform itu, pengguna TikTok harus merogoh kantong untuk membeli biaya keanggotaan.

Tentang Snack Video

Symphony Tech Pte. Ltd. adalah entitas pengembang aplikasi Snack Video yang berbasis di Singapura dan dimiliki oleh Beijing Kuaishou Technology.

Perusahaan induk Beijing Kuaishou membangun platform berbagi video di China bersama Kuaishou atau Kwai pada 2018 dengan tujuan untuk menyaingi keperkasaan TikTok di China.

Kemudian, Snack Video dikembangkan untuk penawaran internasional Kwai pada Agustus 2019. Kuaishou juga adalah perusahaan di balik aplikasi berbagi video lainnya, Zynn. Namun, Zynn telah dihapus dari AppStore dan PlayStore karena masalah plagiarisme.


Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar