Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Pisang?

Efek samping penderita asam lambung makan pisang

Penderita asam lambung sering dibuat bingung ketika ingin mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Pasalnya, kesalahan memilih makanan dapat berujung gangguan pencernaan yang tidak nyaman dan panas di dada (heartburn).

Tak berhenti di situ, rasa tak nyaman tersebut tak jarang juga merembet ke tenggorokan, sampai menimbulkan rasa pahit di mulut. Selain gejala di atas, penderita penyakit ini juga bisa merasakan sendawa, batuk, sesak, mual hingga ingin muntah.

Dengan beragam akibat seperti itu, banyak penderita asam lambung cukup selektif memilih makanan dan minuman. Bahkan sampai ada yang sampai mempertanyakan, “Apakah penderita asam lambung boleh makan pisang?”

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita bahas dulu mengenai makanan yang baik bagi penderita asam lambung.

Makanan Penderita Asam Lambung

Pola makan yang direkomendasikan bagi penderita asam lambung salah satunya adalah diet asupan rendah asam.

Dilansir Kompas dari Everyday Health, sebuah penelitian yang diterbitkan Annals of Otology, Rhinology & Laryngology mengamati 20 penderita penyakit asam lambung dan berhasil mengungkap beberapa fakta.

Penyakit asam lambung yang diderita peserta kerap kambuh kendati telah minum obat asam lambung jenis PPI dan H2 blocker.

Para peneliti juga mendapat temuan menarik yakni setelah penderita diberi makanan dan minuman dengan pH atau kadar keasaman kurang dari lima selama dua minggu. Kondisi penyakit asam lambung 19 dari 20 peserta lebih jarang kambuh.

Memang diperlukan penelitian lebih lanjut, namun tak ada salahnya penderita asam lambung mulai menerapkan diet rendah asam.

Selain bermanfaat untuk pencernaan, makan makanan rendah asam turut mencegah pengikisan enamel gigi hingga menurunkan risiko patah tulang.

Penderita Asam Lambung Boleh Makan Pisang?

Ahli gastroenterologi dari St. Vincent Medical Center Amerika Serikat, Patrick Takahashi, MD, menyebut bahwa pisang termasuk buah yang baik untuk penderita asam lambung.

Pisang adalah salah satu buah yang bersifat basa. Dengan kata lain, makanan ini termasuk rendah asam. “Pisang umumnya bersifat basa,” paparnya kepada Everyday Health.

Selain rendah asam, Takahashi menyebut pisang juga mengandung berbagai nutrisi seperti serat, vitamin B6, dan kalium. Selain untuk menjaga sistem pencernaan, zat tersebut baik untuk kesehatan jantung sekaligus tulang.

Menurut AARP, pisang dapat mengatasi asam lambung naik dengan beberapa cara. Buah ini dapat melapisi iritasi pada lapisan kerongkongan akibat asam lambung yang naik dari lambung ke saluran pencernaan bagian atas.

Tak hanya itu, kandungan serat pektin dalam buah pisang bisa membantu memperkuat sistem pencernaan. Jenis serat ini membantu kelancaran proses pencernaan sehingga makanan tidak terlalu lama singgah di perut.

Seperti diketahui, makanan yang terlalu lama berada di perut dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

Makanan Selain Pisang

Selain pisang, ada beberapa buah dan makanan lain yang baik dikonsumsi penderita asam lambung karena memiliki kadar asam yang rendah. Beberapa rekomendasi makanan untuk penderita asam lambung lainnya:

  • Oatmeal
  • Melon
  • Yoghurt
  • Sayuran hijau
  • Ayam tanpa kulit
  • Ikan
  • Apel
  • Kacang almond
  • Beras merah

Pertolongan pertama sebagai cara mengatasi asam lambung yang utama adalah minum obat untuk penyakit asam lambung.

Agar penyakit tidak mudah kambuh, penderita tentu perlu menjaga gaya hidup sehat dengan tidak merokok dan minum alkohol, menjaga berat badan serta pola makan.