Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia untuk Anda

asuransi mobil indonesia

Memakai mobil sebagai kendaraan pribadi tentu saja perlu sebuah kebanggaan. Namun pada kita perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum punya mobil, salah satunya tentang bagaimana cara pemeliharaan dan perawatannya. Hal ini sangat penting, mengingat untuk mendapatkan satu unit mobil, kita perlu mengeluarkan segepok uang.

Di Indonesia, mobil termasuk aset yang bernilai ekonomis yang tinggi. Jadi sudah pasti Anda akan menganggarkan biaya perawatan mobil setiap bulannya. Hal ini berguna untuk menjaga nilai aset tersebut agar tetap dalam kondisi yang optimal. Mobil yang dirawat dengan benar, nilainya tidak merosot karena tidak adanya kerusakan.

Asuransi Mobil Indonesia Meminimalkan Risiko

Salah satu cara tambahan yang bisa dilakukan untuk memperkecil risiko yang ditanggung terhadap kepemilikan mobil adalah dengan menggunakan asuransi kendaraan dalam hal ini asuransi mobil. Hal ini akan membantu Anda mengalihkan risiko yang bisa saja terjadi terhadap mobil Anda sewaktu-waktu, seperti:

  1. Timbulnya kerugian atau kerusakan terhadap mobil itu.
  2. Kerugian yang muncul akibat adanya kewajiban dalam bentuk tanggung jawab hukum yang wajib dipenuhi oleh tertanggung terhadap pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ketiga dalam hal ini ialah pihak lain yang mengalami kerugian akibat tindakan tertanggung sebagai seorang pengendara, misalnya: orang yang mengalami kerugian karena tertanggung menabrak kendaraannya di jalanan.

Sebelum memilih asuransi mobil yang terbaik di Indonesia, sudah pasti Anda wajib mengetahui apa saja sebenarnya jenis perlindungan dari asuransi mobil. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa memahami dan mendapatkan manfaat secara maksimal yang sesuai dengan harapan dan keinginan Anda terhadap perlindungan asuransi itu sendiri. Berikut ini adalah jenis pertanggungan yang bisa diberikan oleh asuransi kendaraan:

  1. Total Lost Only (TLO): Asuransi ini hanya akan memberikan jaminan atas kerusakan yang presentasenya mencapai lebih dari 75% yang diakibatkan oleh berbagai macam risiko yang telah dijabarkan di dalam polis atau kehilangan (adanya pencurian terhadap mobil). Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa asuransi TLO tidak akan memberikan jaminan atas kerusakan ringan yang terjadi pada mobil atau di bawah 75%.
  2. Gabungan (comprehensive): Asuransi ini akan memberikan jaminan terhadap kerugian yang timbul akibat adanya kerusakan sebagian maupun keseluruhan mobil yang pada dasarnya terjadi akibat berbagai macam risiko yang telah dijabarkan di dalam polis asuransi.

Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Anda bisa membandingkan berbagai jenis produk asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk terbaik dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia agar Anda bisa mendapatkan premi asuransi mobil terbaik dan termurah.

Saat Anda membeli sesuatu, maka sudah tentu Anda ingin mendapatkan yang terbaik untuk melengkapinya. Hal ini juga berlaku pada saat Anda menggunakan sebuah asuransi mobil/kendaraan. Ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan semacam ini, Anda bisa melihat beberapa di antaranya di bawah ini:

1. Asuransi Mobil Sinarmas/Simasnet

Asuransi Mobil Simasnet merupakan anak perusahaan dari PT. Sinarmas Multi Artha Tbk. Perusahaan ini mendapatkan izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada 21 Oktober 2014. Tujuan pendirian Simasnet adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa asuransi mobil yang dapat mencukupi kebutuhan para nasabah dan calon nasabah baik secara offline maupun online.

2. Asuransi Mobil ACA

PT. Asuransi Central Asia (ACA) adalah perusahaan asuransi umum yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada 29 Agustus 1956 dengan nama Maskapai Asuransi Oriental NV yang pada 5 Agustus 1958 berubah nama menjadi PT. Asuransi Central Asia. Kini ACA sudah beroperasi kurang lebih 58 tahun di Indonesia dan sudah memiliki 42 kantor cabang dan 23 perwakilan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. ACA memiliki berbagai macam produk andalan seperti asuransi mobil, asuransi properti, dan asuransi mikro.

3. Asuransi Mobil MAG

Asuransi Multi Artha Guna atau yang lebih biasa disebut asuransi MAG mulai berkiprah tanggal 14 November 1980. Perusahaan yang awalnya bergerak di bidang asuransi umum ini kemudian mulai melebarkan sayap dengan mengeluarkan produk asuransi kesehatan setelah bekerja sama dengan he RedShield Co. Ltd., Singapore pada rentang waktu antara 1982-1983. Kemudian pada 23 Desember 2005, Asuransi MAG tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai perusahaan publik yang sahamnya dapat dimiliki umum.

4. Asuransi Mobil Adira Autocillin

Adira Insurance adalah salah satu perusahaan dari Danamon Group yang bergerak di bidang usaha asuransi umum. Sedangkan Adira Autocillin merupakan nama merk dagang untuk asuransi mobil Adira Insurance. Adira Insurance didirikan tanggal 24 Januari 2002 dan telah memiliki aset sebesar Rp. 4,9 triliun dan modal sebesar Rp. 1,6 triliun sampai akhir tahun 2015.

5. Asuransi Mobil Malacca

PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance adalah sebuah perusahaan asuransi yang berdiri tahun 1952. Perusahaan ini dulunya memiliki nama PT. Asuransi Wuwungan sebelum berubah nama menjadi Malacca sehingga bisa dibilang bahwa perusahaan ini adalah salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia yang mengembangkan usahanya di berbagai bidang seperti manajemen aset, multifinance, sekuritas, sampai asuransi umum. Semenjak tahun 2011 PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance memulai pelayanan asuransinya di Indonesia

Segera Pilih Asuransi Mobil Indonesia

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari asuransi mobil, yang penggunaannya akan mengalihkan semua risiko kerugian yang mungkin saja akan kita tanggung di waktu-waktu yang mendatang. Jangan terburu-buru dalam memilih layanan asuransi mobil sebuah perusahaan, pertimbangkan semua aspek yang akan Anda dapatkan dan berikan sebagai sebuah kewajiban.