Profil & Informasi tentang Negara Bahrain [Lengkap]

  • 1
    Share

Profil negara Bahrain

Profil negara Bahrain.

NamaBahrain
Nama resmiKerajaan Bahrain
مملكة البحرين
Mamlakat al-Baḥrayn
Ibu kotaManama
Semboyan-
Lagu kebangsaanنشيد البحرين الوطني
Bahrainona
(Arab: Bahrain Kami)
Bentuk PemerintahanKesatuan parlementer monarki konstitusional
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanPengumuman kemerdekaan: 14 Agustus 1971
dari Britania Raya: 15 Agustus 1971
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifMajelis Nasional (Dewan Syura + Dewan Perwakilan)
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Kristen
Hindu
Buddha
Yahudi
Mata UangDinar Bahrain (BHD)
Zona WaktuAST (UTC+3)
Kode Telepon+973
Domain.bh
Situs Resmihttps://www.bahrain.bh
Jumlah Penduduk1.505.003 (estimasi Juli 2020)

Bahrain adalah sebuah kerajaan kecil di Teluk Persia. Wilayah kedaulatan Bahrain terdiri dari kepulauan yang terletak di antara Semenanjung Qatar dan sebelah timur laut pesisir Arab Saudi. Pusat pemerintahan Bahrain terletak di Pulau Bahrain di pesisir barat Teluk Persia di Timur Tengah.

Kerajaan ini hanya berjarak sekitar 23 km sebelah timur Arab Saudi dan dihubungkan dengan Jembatan Raja Fahd. Semenanjung Qatar juga terbilang dekat, hanya berjarak sekitar 50 km sebelah tenggara Bahrain. Iran berada di 200 km ke utara melintasi Teluk Persia.

Populasi Bahrain pada 2010 mencapai 1.234.567 jiwa termasuk 666.172 warga negara asing. Luas wilayah negara Bahrain adalah 780 km², membuatnya menjadi negara terkecil ketiga di Asia setelah Maladewa dan Singapura.

Batas-batas wilayah negara Bahrain:

Letak negara Bahrain
Letak Bahrain

Bahrain memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Bahrain
Bendera Bahrain

Bahrain dibagi menjadi 4 kegubernuran:

  • Kegubernuran Ibu Kota (kuning),
  • Kegubernuran Muharraq (coklat),
  • Kegubernuran Utara (biru),
  • Kegubernuran Selatan (merah muda).
Pembagian wilayah administratif Bahrain
Kegubernuran di Bahrain

Geografi

Bahrain adalah kepulauan yang datar dan gersang di Teluk Persia dengan titik tertinggi 134 meter di Gunung Asap (Jabal ad Dukhan). Letak astronomis negara Bahrain adalah di antara 24,40° hingga 26,50° LU dan 50,50° hingga 51,40° BT.

Luas wilayah Bahrain kini adalah 765 km², bertambah kurang lebih 100 km² karena proyek reklamasi. Bahrain tidak berbagi perbatasan darat dengan negara lain dan memiliki garis pantai sepanjang 161 km.

Pulau besar yang dimiliki Bahrain adalah Pulau Bahrain, Kepulauan Hawar, Pulau Muharraq, Umm an Nasan, dan Sitra. Sumber daya alam kerajaan itu antara lain minyak dan gas alam dalam jumlah besar serta ikan di perairan lepas pantai.

Lambang negara Bahrain
Lambang negara Bahrain

Demografi

Pada tahun 2010, populasi Bahrain bertumbuh menjadi 1,2 juta jiwa, dimana 568.399 orang adalah etnis Bahraini. Meskipun didominasi oleh orang Timur Tengah, sejumlah besar orang dari Asia Selatan juga tinggal di negara tersebut.

Bahrain adalah negara berdaulat terpadat keempat di dunia dengan kepadatan penduduk 1.646 orang per km² pada tahun 2010. Sebagian besar populasi Bahrain terkonsentrasi di bagian utara negara dengan Kegubernuran Selatan menjadi daerah terpadat.

Benteng Arad
Benteng Arad

Agama

Agama resmi yang diakui Bahrain adalah Islam. Meski begitu, karena kebanjiran pendatang dan pekerja asing dari negara lain seperti Filipina dan Sri Lanka persentase populasi Muslim di negara tersebut menurun drastis pada beberapa tahun ini.

Menurut sensus pada tahun 2001, 81,2% populasi Bahrain adalah seorang Muslim, 9% beragama Kristen, dan 9,8% mengamalkan ajaran lain.

Sebuah pantai di Muharraq
Sebuah pantai di Muharraq

Bahasa

Bahasa Arab adalah bahasa resmi yang dipakai di Bahrain. Bahasa Parsi, Urdu, Inggris, dan Malayalam juga bisa kita temukan di Bahrain.

Dua dialek dominan di Bahrain adalah Dialek Arab Baharna yang dituturkan oleh masyarakat Syiah Baharna dan Dialek Arab Teluk yang dituturkan oleh masyarakat Ahlussunnah Waljamaah.


  • 1
    Share