Bangun Pagi Ternyata Bisa Bikin Umur Lebih Panjang

  • 1
    Share

Bangun pagi

Hampir semua orang di dunia ini ingin hidup sehat dan panjang umur. Sayangnya, banyak dari mereka melakukan gaya hidup tidak sehat yang malah memperpendek usia.

Salah satu rahasia umur panjang adalah bangun pagi. Umur panjang membutuhkan komitmen seumur hidup untuk melakukan gaya hidup sehat.

Ilmu pengetahuan telah menemukan banyak kebiasaan gaya hidup yang mampu meningkatkan harapan hidup seseorang.

Selain itu, ada kaitannya juga dengan makan makanan yang sehat serta melakukan olahraga teratur. Hal lainnya tentu adalah pola tidur yang sesuai dengan usia.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Chronobiology International memberi penjelasan bahwa mereka yang rutin bangun pagi akan lebih panjang umur daripada orang yang selalu bangun kesiangan.

Para peneliti meneliti 433.268 orang dengan rentang usia 38 hingga 73 tahun. Mereka didefinisikan sebagai tipe “orang pagi”, tipe sedang “kadang bangun pagi dan kadang siang”, dan tipe “tukang begadang yang bangun kesiangan”.

Peneliti memantau kesehatan mereka sekitar enam setengah tahun hingga melacak penyebab kematian dengan sertifikat kematian.

Setelah mengendalikan variabel usia dan jenis kelamin, merokok, indeks massa tubuh, durasi tidur, dan yang lainnya, peneliti menemukan fakta bahwa orang yang suka begadang dan bangun siang memiliki risiko 10 persen lebih tinggi untuk meninggal karena sebab apapun.

Hal ini berkaitan dengan risiko penyakit yang mungkin diderita mereka yang gemar begadang dan kurang istirahat.


  • 1
    Share