Pengertian Bearish Engulfing Candle untuk Analisa

Bearish engulfing candlestick pattern
Pola bullish engulfing

Salah satu kegiatan yang paling disukai oleh para trader dikarenakan kemudahannya adalah melihat pola-pola candlestick. Pola candlestick sendiri merupakan bagian dari analisis trading. Salah satu pola candlestick yang mudah untuk dijumpai dalam grafik adalah engulfing candle.

Selain itu, engulfing candle juga menjadi pola favorit para trader. Hal itu dikarenakan probalitas trending yang menggunakan pola ini dinilai relatif tinggi. Lantas apa pengertian bearish engulfing candle sebenarnya itu? Untuk lebih jelasnya langsung saja simak artikel di bawah ini.

Pengertian

Pengertian bearish engulfing candle adalah pola yang terdiri dari 2 bar candlestick yang ditandai dengan bar candlestick terakhir menelan bar pada sebelumnya. Perlu diketahui bahwa pola ini nantinya bisa menjadi semakin valid apabila mempunyai ekor pendek atau tanpa ekor.

Hal itu dikarenakan ekor yang panjang dalam pola ini mencerminkan ketidakpastian terhadap pergerakan harga atau kecenderungan terjadinya peristiwa konsolidasi. Kemunculan bearish engulfing menandakan bahwa terjadi pembalikan arah trend atau reversal pada sebuah pasar yang sedang trending.

Dalam hal ini, tidak sedikit seorang trader menganggap bahwa semakin kuat suatu trend maka akan menyebabkan tingginya probabilitas. Di samping itu, tingkat keakuratan nantinya juga akan semakin besar ketika time frame lebih tinggi.

Bearish engulfing termasuk sinyal bagi kamu untuk mendapatkan posisi sell. Hal itu dikarenakan memiliki kesamaan dengan bullish engulfing. Perlu dicatat bahwa ukuran candle perlu sangat diperhatikan.

Salah satu contoh bearish engulfing candle stick
Candlestick pattern

Perbedaan Pola Bearish Engulfing dan Bullish Engulfing

Meskipun bearish engulfing dan bullish engulfing merupakan gambaran atas pembalikan arah bermanfaat untuk menghindari resiko dan meningkatkan keuntungan. Ada beberapa perbedaan dari dua candle ini yang bisa membantu para trader untuk menghindari sinyal palsu seperti berikut.

  • Karakteristik dari candle bullish engulfing yaitu memiliki candlestick berwarna hijau yang menelan candlestick merah pada waktu sebelumnya. Setelah itu, kemunculannya berada pada bagian bawah trend turun dengan sinyal berupa pembalikan bullish.
  • Karakteristik dari bearish engulfing adalah candlestick berwarna merah yang menelan candlestick hijau sebelumnya selesai terbentuk. Kemudian, kemunculannya berada pada bagian atas tren naik dengan pembalikan arah bearish.

Setelah mengetahui perbedaannya, kamu bisa memulai untuk mempraktekkannya dengan menerapkan jenis pola ini. Adapun beberapa strateginya kurang lebih seperti berikut ini.

  1. Ketika berhasil mendapatkannya maka secara otomatis kamu bisa membuka posisi sell di permukaan candle baru (1) setelah candle berikutnya (2) terbentuk dengan sempurna.
  2. Jangan lupa untuk memasang stop loss yang lokasinya berada di atas ujung upper shadow pada bagian candle 2.
  3. Setelah itu targetkan keuntungan sesuai risk and reward yang telah ditentukan sebelumnya.

Alasan utama mengapa stop loss dipasang di ujung upper shadow pada bagian candle 2 adalah karena itu merupakan penanda area resistance, sehingga para trader bisa memasang stop loss di atas level itu sebagai pengaman jika ternyata reversal batal terjadi dan ketika harga menjadi tren bullish.

Pada dasarnya untuk mempelajari pola ini tidak serumit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu mengingatnya jika berjumpa dengan formasi begitu bisa langsung melakukan aksi. Itulah pembahasan singkat tentang pengertian bearish engulfing candle dan perbedaannya dengan bullish engulfing.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup