Banyak Negara Berlomba ke Mars, Ada Apa di Sana?

  • 1
    Share

Setidaknya 3 negara resmi meluncurkan misi ke Planet Merah, Mars. Pesawat-pesawat luar angkasa Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, dan Uni Emirat Arab diperkirakan akan tiba di sana pada 2021. Ada apa di Mars?

Waktu-waktu ini adalah waktu yang paling tepat untuk meluncurkan pesawat ke sana. Pasalnya, posisi Bumi dan planet itu sejajar.

Bila mundur hingga 15 Agustus 2020 maka harus menunggu setidaknya 26 bulan lagi agar mendapatkan momen yang sama.

Berlomba ke Mars

Uni Emirat Arab adalah yang pertama meluncurkan wahana antariksa, Hope Probe, yaitu pada tanggal 20 Juli 2020. Roket UEA diluncurkan dari Pusat Luas Angkasa Tanegashima, Jepang.

Setelahnya, Tiongkok dengan Tianwen-1 pada tanggal 23 Juli 2020 berhasil diluncurkan dari Pulau Hainan, Tiongkok. Roket itu diperkirakan akan tiba di Mars pada bulan Februari 2021.

Terakhir, AS akan meluncurkan roketnya pada tanggal 30 Juli 2020 jika tak ada perubahan rencana. Amerika akan menggunakan Atlas V milik United Launch Alliance yang diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

Kenapa Berlomba ke Mars?

Apa alasan ketiga negara ini berlomba pergi ke Mars? Memangnya ada apa sih di Planet Merah itu?

Misi utama ketiga negara ini didasarkan pada pencarian tempat selain Bumi yang mampu mendukung kehidupan umat manusia. Diharapkan nantinya, kita akan mendapat jawaban dari pertanyaan, “Adakah kehidupan di Mars?”

AS sendiri dalam misi ini hendak mengumpulkan informasi tentang potensi kehidupan di Mars, termasuk mencari tanda-tanda layak huni pada masa lalu dan mencari bukti kehidupan mikroba di Mars.

Tianwen-1 adalah misi pertama Tiongkok ke Mars yang ditugaskan untuk mencari informasi tentang tanah, struktur geologi, lingkungan, atmosfer, serta tanda-tanda adanya air di Planet Merah.

Mungkin perjalanan kita masih jauh apabila menginginkan pertemuan dengan alien (jika mereka ada), tapi setidaknya kita bisa mengetahui apakah di Mars ada kehidupan mikroba atau yang sejenisnya.

Serta, seandainya kita menginginkan untuk hidup di Mars, kita bisa mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi dan apakah itu hal itu mungkin terjadi.

Jadi, semoga misi mengunjungi salah satu planet di Tata Surya ini dapat berjalan dengan lancar dan kita semua mendapatkan hasilnya.


  • 1
    Share