Cara Cepat Bersihkan Kotoran Udang yang Mengganggu

  • 1
    Share

Membersihkan udang sebelum diolah dan dimasak membutuhkan banyak waktu. Kamu perlu membersihkan dan membuang bagian kulit, kepala, serta kotoran yang berbentuk seperti benang hitam.

Kesabaran semakin diuji ketika terpaksa harus membersihkan udang satu per satu dalam jumlah banyak.

Cara bersihkan kotoran udang

Tentu ada cara membersihkan kotoran udang dengan cepat. Berikut tips membersihkan udang sebelum dimasak seperti dilansir dari Just One Cook Book.

1. Membersihkan Kulit Udang

Udang seperti diketahui memiliki kulit yang cukup susah dinikmati. Oleh karena itu, udang sering diolah tanpa kulitnya. Jika kamu termasuk orang yang lebih suka membuang kulit udang, gunakan cara ini.

Tarik bagian kepala kepala udang, baru setelah itu kupas kulit luarnya. Agar lebih mudah, kupas kulit pada ruas ke-3 dari kepala agar kulit yang lain ikut tertarik.

2. Mengerat Punggung Udang

Jika ingin membuat bumbu lebih meresap ke dalam udang, setelah kulit udang terkupas, kerat bagian punggung udang dengan pisau kecil. Bagian ini bisa membantu proses penyerapan bumbu ke dalam daging udang.

Selain itu, dengan mengerat punggung udang, kamu bisa bersihkan kotoran udang atau saluran pencernaan yang terletak di punggungnya.

Bentuk keratan pada punggung udang juga dapat mempercantik tampilan hidangan dengan bahan dasar udang.

3. Tusuk Gigi Bersihkan Kotoran Udang

Tak jarang, udang tanpa kulit dimasak dengan keadaan badan udang yang utuh. Daging udang utuh yang tidak dikerat terlebih dahulu biasanya lebih juicy.

Jika kamu ingin membuat seperti itu, tapi ingin membuang kotoran udang, gunakanlah tusuk gigi.

Caranya adalah tusuk punggung udang menggunakan tusuk gigi dan congkel keluar kotoran udang. Dengan begitu, badan udang tetap utuh tetapi bagian dalamnya bersih.

4. Pakai Tepung Kentang

Selesai membersihkan kulit dan kotoran udang, udang harus dicuci juga dengan air mengalir.

Meski begitu, membilas udang dengan air mengalir terkadang tidak cukup membersihkan udang dari partikel dan kotoran.

Agar udang lebih bersih, beri sedikit tepung kentang pada udang lalu gosok-gosok udang, kemudian bilas dengan air mengalir.

Tepung kentang dapat membersihkan partikel kotoran dan menyerap bau tidak enak dari udang. Hasilnya, daging udang akan bersih dan lebih beraroma segar.


  • 1
    Share