Cara Rahasia Bikin Pisang Goreng Garing dan Kriuk

Ngemil sore dengan pisang goreng hangat memang salah satu kenikmatan duniawi yang oke banget.

Apalagi kalau pisangnya garing dan kriuk. Wah, nikmatnya jadi double-double.

Memang, membuat pisang goreng tidaklah sulit dan sudah pasti semua orang bisa membuatnya.

Tapi, apakah pisang gorengnya sudah betul-betul renyah dan kriuk?

Nah, pada percobaan ini, banyak tepung dicoba untuk melihat tepung mana yang dapat menghasilkan pisang goreng paling renyah.

Cari tahu bersama-sama, yuk!

Percobaan Tepung Untuk Pisang Goreng

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis tepung di dunia yang bisa kita gunakan untuk membuat pisang goreng.

Namun tidak semua tepung bisa menghasilkan pisang goreng yang renyah. Bahkan ada beberapa jenis tepung yang harus dipadukan dengan bahan lain agar menghasilkan pisang goreng yang renyah.

Cara bikin pisang goreng
Foto: Sajian Sedap

Yuk, langsung lihat hasil percobaannya di bawah ini!

Cara Bikin Pisang Goreng Madu

1. Tepung Terigu Protein Sedang

Hasilnya pisang hanya akan renyah ketika baru matang. Jika sudah dingin pisang goreng akan semakin lembek.

2. Tepung Terigu Protein Rendah

Hasilnya memang lebih renyah daripada terigu protein sedang. Namun, efek yang ditimbulkan sama seperti poin 1 alias tingkat kerenyahannya hanya bertahan sebentar.

3. Tepung Beras

Hasilnya lebih renyah akan tetapi efek yang ditimbulkan berkebalikan dengan tepung terigu yaitu menjadi keras setelah dingin.

4. Kombinasi Tepung Terigu dan Tepung Beras

Kerenyahannya mampu bertahan lebih lama dan tidak keras setelah dingin terutama kalau perbandingan tepung beras lebih sedikit.

5. Kombinasi Tepung Terigu, Tepung Beras, dan Tepung Sagu / Maizena.

Jika kamu ingin menambahkan tepung lain cobalah tepung maizena. Hasil masakan dengan kombinasi tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena itu renyah.

Supaya Makin Renyah

  1. Kalau ingin menambah kerenyahan pisang goreng yang kamu bikin, tambahkan sedikit air kapur sirih atau bubuk pengembang ke dalam larutan tepung.
  2. Tepung untuk menggoreng pisang bisa ditambahkan air atau santan. Kalau menggunakan santan, rasanya lebih gurih namun kulitnya jadi lebih empuk.
  3. Agar makin renyah, ketebalan tepung yang menyelimuti pisang harus pas, tidak boleh terlalu tebal maupun tebal. Oleh sebab itu, kekentalan adonan tepung juga harus tepat. Bila terlalu kental, lapisan tepung akan tebal. Bila terlalu encer, lapisan tepung pasti akan tipis.
  4. Cara mengecek kekentalan adonan bisa kamu lakukan dengan menjatuhkan adonan dari ketinggian. Bila adonan mengalir ringan tanpa putus, kekentalannya sudah cukup.

Itulah cara membuat salah satu cemilan bermanfaat di kala senggang. Buka artikel berikut jika kamu bertanya manfaat ngemil.