3 Cara Mudah Matangkan Tomat Segar dengan Cepat

  • 1
    Share

cara matangkan tomat

Meski setelah dipetik proses pematangan buah tomat akan melambat, tomat adalah salah satu jenis buah dan sayuran yang tetap bisa matang setelah dipetik.

Jika tomat yang kamu petik belum matang, kamu bisa matangkan buah tomat itu di rumah. Proses pematangan ini tidak memerlukan banyak alat.

Berikut ini cara mematangkan buah tomat dengan cepat melansir dari The Spruce Eats.

1. Bungkus untuk Matangkan Tomat

Matangkan buah tomat dengan cara membungkus tomat dengan kardus, plastik, dan kantong kertas. Membungkus tomat dapat mempercepat pematangan sebab buah akan terus mengeluarkan gas bernama etilen.

Gas etilen yang dikeluarkan oleh buah juga dapat mematangkan buah ketika gas berada di sekitar buah. Tujuan pembungkusan buah adalah untuk memerangkap gas etilen agar tetap berada di sekitar buah.

Dalam membungkus buah harus diperhatikan agar bungkus diberi rongga udara yang berfungsi sebagai ventilasi.

Jika pembungkus tidak diberi rongga udara, maka di dalam bungkus akan penuh dengan embun dan menyebabkan tumbuhnya jamur.

2. Membungkus Tomat Bersama dengan Buah Pisang

Jika ingin mempercepat proses pematangan buah tomat, kamu bisa membungkus buah tomat bersama dengan buah pisang.

Pisang adalah salah satu buah yang mampu mengeluarkan gas etilen dalam jumlah banyak. Kalau tomat dibungkus bersama dengan pisang dalam satu wadah, tentu akan semakin banyak gas etilen yang terperangkap.

Selain buah pisang, buah alpukat dan apel bisa dijadikan opsi karena kedua buah tersebut juga mampu mengeluarkan gas etilen dalam jumlah banyak.

3. Selalu Awasi

Saat mematangkan buah tomat di rumah dengan teknik di atas, kamu harus rajin memeriksa setiap buahnya. Setiap buah akan matang dalam jangka waktu yang berbeda-beda, jadi tomat perlu selalu diawasi.

Kamu bisa periksa tingkat kematangan buah tomat dari warna, ukuran, dan warnanya.

Perlu diketahui bahwa buah tomat yang dimatangkan setelah dipetik, tidak memiliki kualitas yang sama dengan buah tomat yang matang di pohon.

Namun, buah tomat tetap dapat digunakan sebagai bahan masakan yang lezat. Setelah tomat matang, sebaiknya segera olah atau konsumsi karena buah tomat tidak dapat bertahan lama setelah matang.

Agar kualitas tetap terjaga, simpan buah tomat pada suhu ruang dibanding dalam suhu kulkas. Sebab jika disimpan di lemari pendingin, tomat akan cepat lembek.

Jika stok buah tomat berlimpah, kamu dapat menjaga kesegarannya dengan cara membekukannya di freezer.


  • 1
    Share