4 Cara Sehat Memasak Telur yang Harus Dicoba


Telur dapat dimasak dengan berbagai cara. Mulai dari digoreng, direbus, dipanggang, hingga di microwave, telur tetap enak dikonsumsi.

Namun, setiap cara memasak bakal mempengaruhi nutrisi yang terkandung dalam telur.

Pada dasarnya, kalori yang terkandung dalam sebutir telur relatif sedikit. Namun, tentang protein, vitamin, mineral, lemak sehat, dan berbagai mikronutrien lainnya, telur jelas kaya.

Memasak telur mampu membunuh bakteri berbahaya yang membuatnya aman dikonsumsi. Selain itu, memasaknya terlebih dulu juga membuat kandungan nutrisi lebih mudah dicerna.

Namun, memasak dengan cara tertentu dapat mengurangi nutrisi di dalamnya. Memasak dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama juga akan mengurangi nutrisi.

Studi menunjukkan bahwa memasak telur akan mengurangi kandungan vitamin A sebesar 17-20 persen. Memasak terlalu lama juga akan mengurangi jumlah antioksidan.

Studi mendapati bahwa waktu memasak yang singkat terbukti dapat mempertahankan banyak nutrisi dalam telur.

Cara Memasak Telur yang Sehat

Cara memasak telur

1. Pilih Metode Memasak Rendah Kalori

Metode memasak rendah kalori mampu mengurangi jumlah kalori sehingga baik untukmu yang ingin menjaga berat badan. Metode memasak ini dilakukan dengan merebusnya, baik dengan kulit maupun tanpa kulit.

Metode memasak ini tentu tidak menambahkan kalori berlemak. Cara memasak ini akan lebih rendah kalori dibanding telur dadar, telur goreng mata sapi, maupun telur orak-arik.

2. Pilih Minyak Sehat saat Menggoreng

Mengutip Healthline, jika ingin menggoreng telur, pilihlah minyak sehat agar tidak menambah kalori dan lemak. Minyak sehat di antaranya adalah minyak alpukat dan minyak bunga matahari.

Minyak zaitun dan minyak kelapa juga bisa digunakan dengan memasak pada suhu rendah yakni di antara 177-210 derajat Celcius.

Masaklah dengan minyak yang mampu bersuhu stabil dan tidak mudah teroksidasi agar tidak membentuk radikal bebas yang membahayakan.

3. Jangan Terlalu Lama Memasak

Semakin panas suhu dan lama memasaknya, semakin banyak pula nutrisi yang hilang. Memasak dengan panas yang tinggi dan lama juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol teroksidasi dalam telur, terutama ketika menggoreng.

4. Gabungkan dengan Sayuran

Saat mengonsumsi telur, gabungkan bersama asupan sayuran. Nutrisi dalam telur akan lebih mudah dicerna saat dikonsumsi bersama dengan makanan yang bergizi.