Cara Memilih Daging Bebek untuk Bahan Masakan

Berbicara tentang bebek, banyak dari kita adalah penggemarnya sebab daging bebek dapat diolah menjadi beragam masakan yang menggugah selera makan. Olahan itu mulai dari bikin bebek panggang, bebek goreng, rica-rica, hingga taliwang.

Satu fakta yang perlu kamu ketahui tentang daging bebek adalah dibutuhkan bebek usia tertentu untuk resep masakan bebek terbaik. Benar, umur bebek memengaruhi jenis masakan terbaik untuknya.

Cara memilih daging bebek

Daging bebek muda akan lebih baik jika dimasak dengan cara digoreng, dipanggang, maupun dibakar. Sedangkan, daging bebek tua sangat cocok dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Masing-masing rentang usia dapat digunakan sebagai bahan utama pembuat masakan.

Sebelum memutuskan untuk membeli dan mengolah bebek, sebaiknya ketahui dulu cara memilihnya yang tepat. Sebab, memilih daging bebek tidak semudah memilih daging ayam. Salah pilih daging bebek dapat membuat rasa masakan jadi tidak enak bahkan amis.

Cara Memilih Daging Bebek

Alangkah baiknya memilih bebek yang masih muda agar dagingnya empuk tapi tidak alot. Umur bebek yang cocok menjadi bahan masakan adalah 3 bulan. Daging bebek yang segar umumnya memiliki kulit berwarna putih.

Hindari memilih daging bebek dengan kulit atau daging yang berwarna kebiru-biruan atau kehijauan, apalagi baunya kurang sedap. Bercak kuning dan memar yang muncul pada kulit merupakan indikasi awal bahwa daging bebek mulai tidak segar.

Jika beli bebek beku atau frozen, pilih yang warna kulitnya tetap baik dan jernih. Jangan lupa sebelum memutuskan untuk membeli, pencet terlebih dahulu bagian dadanya. Hindari bebek yang dadanya kurang berisi. Pilihlah daging bebek yang kakinya masih lunak dan mudah dilipat.

Jika tidak ingin segera mengolah daging bebek setelah membeli daging bebek, segera bungkus dengan kantung plastik lalu simpanlah dalam lemari pendingin atau freezer.

Ciri-Ciri Bebek Lokal dan Bebek Peking

Untuk pasar daging bebek, biasanya ada penjual bebek lokal dan bebek china atau disebut bebek peking. Bebek lokal berumur 3 bulan biasanya seberat 1 hingga 1,2 kg tanpa jeroan. Tekstur dagingnya relatif lebih kering dan berlemak, warna kulitnya putih, dan kakinya pendek.

Di sisi lain, bebek peking umur 3 bulan punya berat 1,5 hingga 3 kg tanpa jeroan. Dagingnya lebih tebal dan sedikit berlemak dibandingkan bebek lokal. Bebek peking punya kaki relatif lebih panjang, dengan warna kulitnya putih menguning.