Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut yang Mengganggu

  • 1
    Share

Bau mulut tak sedap adalah mimpi buruk bagi banyak orang. Itu adalah kondisi yang dapat menyebabkan menimbulkan rasa malu, khawatir, dan cemas.

Meski tidak mematikan, bau mulut kerap menjadi alasan ketidaknyamanan banyak orang. Tak heran banyak produk obat kumur, permen, hingga permen karet pengurang bau mulut laris terjual.

Ada sebuah fakta menarik yaitu bau mulut dialami 25 persen penduduk dunia. Itu artinya, setidaknya 1 dari 4 orang mengalami masalah ini.

Dalam istilah medis, bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Kondisi ini bisa jadi tanda bahwa seseorang memiliki kesehatan gigi yang buruk.

Bau mulut juga bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius sehingga perlu segera ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Jika menggunakan obat kumur atau permen kurang efektif, bagaimana cara mengatasi bau mulut yang mengganggu?

Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara mengatasi bau mulut

1. Sikat Gigi

Pastikan agar kamu menyempatkan diri untuk menyikat gigi dua kali sehari, terutama setelah makan. Hal ini dapat secara signifikan mengatasi bau mulut.

2. Flossing

Selanjutnya kamu bisa melakukan flossing untuk pembersihan gigi. Melakukan flossing dengan menggunakan benang gigi berguna untuk mengurangi penumpukan partikel makanan dan plak di sela-sela gigi.

Hal ini penting agar dapat mencegah karang gigi. Sebab, menyikat gigi ternyata hanya membersihkan 60 persen permukaan gigi.

3. Rajin Membersihkan Gigi Palsu

Jika memakai gigi palsu, membersihkan gigi palsu setiap hari adalah sebuah kegiatan wajib. Sebab, gigi palsu bisa menjadi tempat bakteri penyebab bau mulut.

4. Menyikat Lidah

Bakteri, makanan, dan sel-sel mati juga kerap menumpuk di lidah. Tentu hal ini juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Jika seperti ini, menyikat lidah juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi bau mulut.

5. Banyak Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui, bau mulut juga bisa karena kondisi mulut kering. Untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan mulut kering, kamu hanya perlu menambah asupan air minum.

6. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol dan Rokok

Berkaitan dengan poin sebelumnya, alkohol dan rokok bisa menyebabkan kondisi mulut kering. Perlahan, berhentilah mengonsumsi alkohol dan rokok jika ingin menghilangkan bau mulut.

7. Atur Pola Makan

Seperti yang diketahui banyak orang, bau mulut juga bisa disebabkan makanan seperti bawang putih. Jika kamu bisa mengatur pola makan menjadi lebih baik lagi tentu bau mulut dapat teratasi.

8. Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Mengutip dari Web MD, obat kumur antiseptik mampu menghilangkan penyebab bau mulut. Cara kerja obat kumur adalah dengan menghilangkan bakteri yang menyebabkan kondisi tidak nyaman tersebut.

9. Mengobati Infeksi dalam Mulut

Jika bau mulutmu disebabkan karena suatu infeksi yang menyerang mulut, maka ada baiknya infeksi tersebut diobati terlebih dahulu.


  • 1
    Share