Cara Mengatasi Green Screen saat Import Video di Vegas Pro 13

Tampilan error saat import video Vegas Pro 13, video yang diimport warna hijau

Kemarin siang, saya dikabari oleh seorang teman yang baru saja menginstall aplikasi edit video Vegas Pro 13 bahwa terjadi error seperti di atas. Ketika mengimport video hanya warna hijau yang terlihat di layar.

Dia sudah coba berbagai cara yang menurutnya menjadi alasan error itu terjadi tapi tidak juga berhasil. Mulai dari membuka dengan administrator mode, me-restart laptop, hingga install ulang aplikasi, semuanya gagal.

Karena sudah buntu, pada akhirnya ia tanya ke saya. Meski saya yang menyarankannya untuk menginstall Vegas Pro, tapi baru kali ini saya mendapati masalah green screen ini.

Setelah cari-cari dengan menggunakan keyword bahasa Inggris “How to fix vegas pro 13 green screen” saya mendapat jawaban. Jika kamu mengalami masalah serupa, cara di bawah ini dijamin berhasil.

Cara Mengatasi Green Screen saat Import Video Vegas Pro 13

1. Buka lokasi penyimpanan Vegas Pro 13

Jika kamu tidak mengatur tempat penyimpanan berkas saat proses installasi, kemungkinan besar kamu akan menemukan folder Vegas Pro 13 di C:\Program Files\Sony\VEGAS Pro 13.0

Namun jika bukan, kamu bisa mencarinya di Program Files lalu masuk ke folder Vegas.

2. Masuk ke folder FileIO Plug-Ins

Cara mengatasi error green screen saat import video di Sony Vegas Pro 13.0

3. Rename folder compoundplug

Rename folder untuk menyelesaikan masalah impor video

Kamu bisa mengganti nama folder tersebut dengan nama apapun. Namun, disarankan kamu mengubahnya dengan hanya menambahkan karakter padanya, entah itu huruf, angka, atau simbol.

Alasannya adalah agar jika sewaktu-waktu ada error yang mengharuskan adanya folder compoundplug, folder tersebut dapat dengan mudah ditemukan lalu di-rename kembali. Ini adalah sebuah tips dasar tentang rename folder aplikasi yang mungkin dibutuhkan juga untuk kasus di aplikasi lain.

Setelah di-rename, buka aplikasi edit videomu itu. Jika masih gagal, mungkin itu karena saat melakukan langkah-langkah di atas, aplikasimu masih dalam keadaan running. Coba tutup lalu buka kembali aplikasinya.

Itulah cara mengatasi error green screen saat import video di aplikasi Sony Vegas Pro 13.0.