SemutAspal

Cara Mengembalikan HP ke Setelan Pabrik

Cara mengembalikan HP ke setelan pabrik
Cara mengembalikan HP ke setelan pabrik

Proses reset ke pengaturan pabrik pada perangkat Android kadang diperlukan, seperti saat hendak mentransfer kepemilikan perangkat atau menangani masalah keamanan.

Saat menjual atau memberikan perangkat kepada orang lain, umumnya data sudah dipindahkan. Namun, dalam kasus peretasan, panik seringkali membuat kita langsung mereset perangkat tanpa mempertimbangkan langkah-langkah awal.

Menurut Google Support, mereset perangkat akan menghapus semua data yang tersimpan. Oleh karena itu, penting untuk memahami masalah yang dihadapi dan apakah reset adalah solusi terbaik. Prioritas adalah memastikan nama akun Google, melakukan backup data, dan memastikan baterai minimal 70%.

Setelah reset, informasi keamanan diperlukan untuk memulihkan data, menghindari akses dari pihak yang tidak diinginkan. Pastikan data telah disinkronkan dengan akun Google sebelumnya. Proses reset bisa memakan waktu dan daya baterai, oleh karena itu, pastikan baterai terisi penuh sebelum memulai proses.

Cara Mengembalikan HP ke Setelan Pabrik

Mengembalikan pengaturan pabrik pada perangkat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Selain dengan tombol fisik, kamu juga dapat melakukannya melalui menu pengaturan:

  1. Buka aplikasi ‘Settings’.
  2. Navigasikan ke bagian ‘General Management’.
  3. Pilih opsi ‘Reset’.
  4. Kemudian, tap ‘Factory data Reset’ dan konfirmasi jika kamu yakin dengan keputusan tersebut.

Itulah panduan lengkap untuk mereset ulang HP ke pengaturan pabrik. Perlu dicatat bahwa metode ini berlaku khusus untuk pengguna HP Android 9 ke atas.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal