Cara Menghilangkan Ketombe Membandel secara Alami

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal

Ketombe adalah suatu kondisi kulit kepala bersifat kronik yang ditemukan di skuama (serpihan-serpihan kulit kepala) berwarna putih keabu-abuan dan kadang kekuningan.

Bisa dibilang ini merupakan permasalahan rambut yang sangat mengganggu. Sebab selain rasanya gatal di kepala, kadang bikin tak nyaman. Bagus kalau tersembunyi, tapi kalau sampai rontok dan kelihatan orang bakal bikin malu.

Penyebab ketombe pun ada berbagai macam, mulai dari Dermatitis seboroik, kurang keramas, hingga Malassezia sp.

Cara Menghilangkan Ketombe

Seperti dilansir dari The Health Site, berikut 5 cara rumahan yang bisa kamu coba untuk menghilangkan ketombe secara alami dan permanen.

1. Lidah Buaya

Dalam lidah buaya terkandung berbagai khasiat mulai dari penyembuhan, antibakteri, hingga antijamur. Menerapkan gel lidah buaya segar pada kulit kepala bisa mencegah ketombe. Biarkan gel berada di kulit kepala selama 30 menit, lalu bersihkan dengan sampo berbahan dasar lidah buaya.

2. Jahe

Akar jahe dan akar bit, dua ciri utama dari banyak hidangan klasik juga dapat memberikan kenyamanan bagi rambutmu! Haluskan jahe dan akar bit sebagai bahan dasar pembuat pasta.

Setiap malam, rambut harus dipijat bersama pasta ini di kepala. Diamkan semalam dan bilas di pagi hari. Pasta itu akan mengendalikan ketombe secara efektif dalam waktu sekitar 4 hingga 5 malam.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan utama minuman pelepas dahaga. Tapi siapa sangka, buah itu juga dapat digunakan sebagai penghilang ketombe. Asam dalam jeruk nipis bisa membersihkan sel-sel mati dan membantu menyembuhkan ketombe.

Cara hilangkan ketombe dengan jeruk nipis langkahnya pertama-tama, siapkan air terlebih dahulu. Tambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis segar ke dalam air. Pakai ramuan ini sebagai bilasan terakhir saat kamu sedang mencuci rambut.

4. Daun Kemangi

Daun kemangi telah digunakan sejak lama oleh banyak orang untuk dimanfaatkan khasiat penyembuhannya. Buat pasta dari campuran air, daun kemangi, dan bubuk amla.

Gunakan pasta itu dengan cara memijat kulit kepala. Biarkan selama setengah jam lalu cuci rambut dengan air. Daun kemangi akan menghilangkan ketombe yang mengganggu.

5. Apel

Satu apel sehari dapat menghindarkan diri dari penyakit. Tak cuma dimakan, apel juga bisa menjauhkan kamu dari ketombe! Siapkan apel dan jeruk untuk digunakan waktu keramas.

Apel memiliki sifat anti jamur dan anti-inflamasi. Buat pasta dari campuran apel dan jeruk, lalu oleskan pada kulit kepala. Cuci rambut kamu setelah didiamkan selama 20-30 menit dengan sampo.

Cara Menghilangkan Ketombe Permanen

Setelah membaca cara alami di atas ternyata menghilangkan ketombe terlihat mudah. Namun, menjaga rambut agar tetap sehat adalah hal yang cukup rumit, terutama jika itu menyangkut ketombe.

Hanya karena ketombe sudah hilang dari rambut, tidak berarti debu-debu putih itu tak akan kembali lagi. Untuk menjaga agar rambut tetap bersih dan sehat, lakukanlah rutinitas perawatan rambut berikut ini:

  • Aplikasikan masker rambut anti ketombe yang bisa kamu temukan di toko kecantikan atau swalayan.
  • Hindari memakai penutup kepala seperti topi atau helm terlalu lama.
  • Jika tidak sedang memungkinkan untuk keramas, hindari menggunakan sampo kering berbentuk serbuk. Lebih baik menunggu sampai kulit kepala boleh dibasuh oleh air.

Bagikan ke media sosial:

Tutup