Cara Menghindari Stres Berat demi Jiwa yang Sehat

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh semua orang di muka bumi. Alasannya pun beragam, mulai dari masalah di rumah, kehidupan sosial, pekerjaan, hingga percintaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajar pun mengalami stress.

Karena dialami oleh semua orang, maka cara menghindari stres tiap-tiap orang berbeda. Sebenarnya, stres dapat berdampak positif, misalnya membuat bekerja lebih cepat ketika ditekan batas waktu.

Namun hati-hati, kondisi stres bisa berdampak negatif jika kerap terjadi dan berkepanjangan, termasuk gangguan sistem pernafasan dan naiknya tekanan darah.

Naiknya tekanan darah secara tiba-tiba bisa menyebabkan masalah kesehatan pada pembuluh darah dan jantung. Pasalnya, hormon stres yang dilepaskan oleh tubuh kamu bisa merusak pembuluh darah dan memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras.

Bila sudah seperti itu, kamu harus segera mengatasi suasana hati yang buruk. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghindari stres agar kamu tetap kerja mendapatkan cita-citamu.

Cara menghindari stres menurut ilmu psikologi

Cara Menghindari Stres

Langkah pertama dan terutama untuk mengatasi stres adalah dengan mengetahui sumber penyebab stres. Satu-satunya pihak yang tau hal ini adalah dirimu sendiri. Setelah itu, segera tulis apa saja pemicu stres itu agar kamu bisa menyusun langkah antisipasinya.

Langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa hal yang dapat memberikan relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Ini sangat penting mengingat melawan stress juga adalah soal menjaga kesehatan mental dan tubuh.

1. Berbagi Cerita ketika Mengalami Stres

Berbagi cerita dengan orang yang dapat kamu percaya bisa untuk mengurangi stres. Memendam unek-unek dapat memberikan efek buruk jangka panjang. Akan lebih baik untuk menumpahkannya lewat tulisan maupun berbicara langsung pada orang-orang yang kamu percaya.

Kamu bisa juga bercerita langsung pada pihak yang membuat beban pikiran maupun psikolog. Percayalah, kepada siapapun kamu akan membagikan kisahmu, perasaanmu akan lebih baik setelah mengeluarkan itu dari kepala.

2. Lakukan Pola Hidup Sehat dan Olahraga

Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, olahraga juga dapat meredakan stress. Satu cara sederhana yang dapat berguna adalah berjalan kaki atau bersepeda di sekitar. Kamu juga bisa mencoba aktivitas fisik yang intensitasnya lebih tinggi, misalnya belajar olahraga beladiri.

Selain berolahraga, usahakan mendapat tidur cukup tiap hari, cukupi kebutuhan tubuh dengan makan makanan bergizi dan seimbang, serta terapkan perilaku bersih dan sehat dalam beraktivitas.

3. Jalani Hobi saat Merasa Stress

Lakukan sesuatu yang menarik. Setiap orang tentu memiliki kesenangan yang ketika melakukannya, seseorang itu merasa bahagia. Hal-hal seperti bermain game, jalan-jalan ke mal, karaoke, nonton film, berkebun, atau memasak bisa jadi salah satunya.

Jika merasa bosan dengan kegiatan itu-itu saja, banyak hal lain bisa dilakukan. Cobalah hal-hal baru yang dari dulu ingin kamu lakukan. Sisihkan waktu beberapa hari untuk menjalani itu.

4. Jalani Hidup dengan Berpikir Positif

Jangan terlalu memikirkan masa depan. Jalani hidup dengan mengalir apa adanya. Tidak perlu pula memikirkan lagi hal-hal negatif di masa lalu. Menghilangkan pikiran negatif memang sulit, tapi setidaknya jangan terlalu berlebihan berpikir negatif.

Terakhir, jangan lupa untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Remaja kadang lupa bahwa mengelola stres adalah tentang ketenangan jiwa dan melakukan tindakan terbaik satu per satu sesuai perhitungan matang.


Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar