Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Tetap Sehat

Untuk menekan penyebaran virus corona, pemerintah dari berbagai negara di dunia telah menjalankan banyak langkah pencegahan. Misalnya, meminta warganya untuk berdiam diri di rumah, menjaga jarak dengan orang lain, hingga rajin mencuci tangan. Selain, seluruh warga negara harus bisa menjaga imunitas tubuhnya.

Penting untuk diingat bahwa Covid-19 belum ada vaksinnya. Jadi, yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan pencegahan agar tidak sakit. Rumah sakit memang bertugas menyembuhkan orang sakit namun jika pasien yang ditangani melebihi kapasitas tentu bukan berita baik.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara anda meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat dan terbebas dari virus corona?

Itulah yang akan kita bahas hari ini, meski tidak bebas 100%.

Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Apa yang tertulis di sini mungkin terlihat sepele namun dampaknya sangat signifikan untuk dirimu. Secara singkat, hal-hal yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga, manajemen tidur, dan manajemen stres.

Mari kita mulai.

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup

Tidur dan kekebalan tubuh memiliki kaitan yang sangat erat. Kualitas tidur yang tidak baik sangat mempengaruhi kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, kemungkinan besar kamu akan tidur lebih lama saat sakit agar sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

National Sleep Foundation (NSF) menyarankan agar orang dewasa untuk tidur selama 7 hingga 8 jam sehari agar kekebalan tetap kuat. Sebisa mungkin, kamu tidur pada malam hari. Namun jika tidak mungkin selama itu, isi kekurangan tidur dengan tidur siang.

Bagi remaja diperlukan waktu selama 8 hingga 10 jam untuk tidur. Bayi dan anak kecil sebisa mungkin tidur lebih dari 10 jam.

2. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bergizi

Sistem imun juga memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi agar bisa bekerja. Kamu dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Makanan yang dapat kamu konsumsi adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian.

Jauhi lemak jahat dekati lemak sehat. Sebab lemak sehat mampu membantu meningkatkan imun tubuh dengan mengurangi peradangan. Ada banyak sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi, misalnya minyak zaitun, ikan salmon, hingga buah alpukat.

Saran-saran lain bisa kamu baca di postingan makanan bergizi.

3. Olahraga Ringan di Rumah

Cara menjaga imun tubuh

Olahraga yang cukup (tak berlebihan) membantu proses regenerasi sel kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

Contoh olahraga ringan yang bisa kamu coba di rumah adalah jalan cepat keliling rumah, push-up, sit-up, atau back-up. Usahakan kamu berolahraga pada waktu pagi hari di bawah sinar mentari sesuai dengan anjuran para dokter.

4. Kelola Stres

Kelola stres adalah cara menjaga imun

Manajemen stres sangat berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Stres dalam jangka panjang dapat meningkatkan inflamasi serta kekacauan fungsi sel imun.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan stres, misalnya melakukan meditasi, olahraga ringan, yoga, dan melakukan aktivitas positif lainnya. Kamu tidak dilarang untuk tetap terhubung dengan orang terdekatmu, jadi tetaplah terhubung secara virtual dengan mereka.

Jika kamu adalah orang yang mudah panik, batasi penerimaan informasi tentang Covid-19. Cari dan konsumsilah informasi beberapa jam sekali agar kamu dapat mengendalikan stresmu.

5. Berhenti Merokok

Bergenti merokok

Rokok sama sekali tidak bermanfaat bagi tubuh. Rokok dikaitkan dengan penyakit paru dan jantung. Dalam kaitannya dengan sistem imun, rokok dapat mengganggu berbagai sel imun seperti sel CD4+, sel T-helper, sel limfosit B, dan sel limfosit T memori. Banyak ahli juga menyebutkan bahwa merokok meningkatkan risiko komplikasi Covid-19.

Selesai

Seperti itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuhmu. Satu hal yang perlu diingat adalah virus ini menyerang sistem pernafasan.

Kita pasti bisa melewati masa ini bersama-sama. Saling peduli dengan sesama untuk keselamatan bersama.

Terima kasih.