Cara Menjadi Tanker Mobile Legend [Khusus Newbie]

Tanker adalah hero yang sangat penting dalam sebuah permainan. Kenapa banyak newbie terjebak di tier bawah begitu lama?

Salah satu jawabannya karena dalam tim mereka tidak ada yang bisa dan mau jadi tanker. Padahal tanker juga sangat berguna dalam permainan di samping assassin dan marksman.

Untuk alasan itulah, jika tidak ada tanker dalam sebuah tim, pasti ada pemberitahuan bahwa tim kekurangan tank.

Tapi jika tank terlalu banyak juga tidak baik karena kekurangan DPS. Untuk itulah, tank maksimal dalam sebuah tim adalah 2. Soal komposisi, silakan dipelajari terlebih dahulu.

Pentingnya Tanker dalam Mobile Legend

  1. Menerima damage yang diberikan oleh lawan
  2. Melakukan inisiasi serangan
  3. Menghalau lawan agar tidak mendekat
  4. Menjaga DPS tim agar tidak mati terus
  5. Menjaga tower jika diperlukan
  6. Memberikan support kepada tim saat war
  7. Membantu DPS tim agar cepat leveling

Cara Menjadi Tanker Mobile Legends

Untuk menjadi tank yang baik, kamu perlu tau beberapa hal mendasar di bawah selain berlatih dan terus berlatih.

Mari kita mulai pembahasan ini.

Mendapatkan Exp dan Gold sebagai Tank

Perlu kalian tahu, tank harus memberikan exp dan gold sebagian besar kepada carry, marksman atau mage yang berperan penting sebagai DPS terlebih di awal permainan.

Di awal permainan, tank harus bisa memastikan bahwa player lain bisa jungle dengan aman, terutama marksman.

Kawal dan bantu hero damager sampai dia bisa mengambil monster jungle sendiri. Jika marksman clear dekati mage dengan metode yang sama.

Tank jangan mengambil hit terakhir jungle. Berikan hit terakhir itu kepada player lain agar perkembangannya lebih cepat. Untuk mendapatkan exp dan gold, tank cukup membersihkan setiap minions yang datang.

Tank jangan pernah mengambil buff mana/energi karena yang dibutuhkan dari seorang tank adalah darahnya.

Soal buff uang, boleh diambil boleh tidak, tergantung situasi karena posisinya yang dekat dengan wilayah lawan.

Jika kita sedang berjalan sendiri dan memungkinkan ambil itu, namun jika sedang mengawal maka berikan last hit itu kepada player yang kita kawal tersebut.

Cara menjadi tanker yang satu ini sangat krusial.

Cara Menjadi Tanker yang Paham Posisi

Sebagai seorang tank, kalian harus memahami bahwa segala serangan lawan harus sampai pada tank terlebih dulu.

Bila lawan mampu menyerang barisan belakang yang berisi support, marksman atau mage, maka fungsi tank tak maksimal dan kemungkinan besar akan kalah karena tank tidak mampu memberikan damage yang besar.

Ada beberapa cara untuk memastikan agar kawan terlindungi dengan baik. Dan inilah cara menjadi tanker yang bisa melindungi tim.

  1. Posisikan diri di depan agar musuh tidak bisa menghit barisan belakang yang menjadi penentu kemenangan.
  2. Incar barisan terpenting musuh dengan menyergap, berputar dari formasi bertahan musuh. Cara ini perlu dilakukan dengan komunikasi yang baik karena jika tanker menyerang sendirian maka akan susah membunuh hero-hero musuh. Ajak marksman atau assassin untuk finishing.
  3. Membiarkan hero lain yang tidak terlalu ‘penting’ sebagai umpan. Perhatikan timing dan jarak agar bisa melancarkan serangan balik ke lawan yang sudah terlanjur memberondong serangan dengan berbagai skillnya. Cara seperti ini jelas membutuhkan koordinasi dan kerjasama hampir sama dengan nomor 2 tapi bedanya inisiasinya terlambat.

Cara Menjadi Tanker: Bergerak, Rotasi dan Kenali Mini Map

Salah satu tugas tanker adalah melakukan inisiasi dan mengganggu musuh sejak menit-menit awal secara terus menerus.

Jika kamu mengawal seorang hitter, pastikan dia bisa melakukan serangan sedikit-sedikit juga agar lawan merasa harus kembali ke base, menuju area jungle, atau pindah lane.

Pada saat lawan meninggalkan lane, maka tanker dan temannya punya kesempatan mengurangi sedikit demi sedikit darah tower. Lakukan itu secara berulang hingga musuh merasa malas mengunjungi lane itu.

Bila tim sudah menguasai hampir semua area jungle, lawan akan terpaksa bergerak bersama-sama dan timmu bisa mencuri tower dan area farming yang lebih besar.

Pahami keadaan permainan lewat mini map karena minimap sangat berguna agar seorang tanker tau harus bergerak kemana, menolong siapa, atau berbuat apa.

Sehingga meskipun pemain lain tidak selalu dijaga oleh tanker, mereka bisa tetap merasa aman karena seorang tanker handal tau saat-saat player butuh pertolongan.

Emblem, Spell, dan Item

Tanker Mobile Legend

Emblem sangat penting untuk memaksimalkan potensi sebuah hero termasuk Tanker. Nah untuk emblem paling cocok untuk menjadi tanker jelas emblem tank.

Namun, bukan berarti emblem lain tidak cocok. Saya sering mencoba tank menggunakan emblem assassin, support, dan fighter hasilnya cukup memuaskan, meski tidak selalu berhasil.

Cara menjadi tanker ML

Tentang spell, sekarang banyak pilihan yang bisa kamu coba. Kamu bisa menggunakan retribution, healing spell, aegis, petrify, purify, flicker, atau vengeance.

Hal ini tergantung dengan strategi yang ingin kamu coba di setiap hero tank yang kamu pakai. Jadi sebelum bermain usahakan tau terlebih dulu tentang efek spell yang akan kamu pakai. Pelajari itu dan terapkan dalam permainan.

Permasalahan item saya bahas 3 set saja yaitu item defense, item sepatu, dan item jungle.

Item Mobile Legend

Item defense di sini kamu perlu menyesuaikan dengan hero musuh.

Jika kamu dapat musuh yang didominasi oleh serangan fisik buat semua item pertahanan fisik. Begitu juga sebaliknya, kamu harus menggunakan semua item pertahanan magic.

Nah, kalau terdapat serangan fisik dan magic, kamu harus membuat kedua item dengan beberapa pertimbangan mulai dari pasif skillnya sampai dengan DPS musuh yang paling sakit.

Jika DPS musuh adalah seorang magic, buat lebih banyak item magic, jika lebih banyak DPS fisik, buat lebih banyak item fisik. Mana/energi tidak terlalu diperlukan jadi prioritaskan saja pertahanannya.

Item jungle Tank ML

Soal sepatu ada beberapa pilihan. Kalau saya akan memilih:

  • Sepatu pertahanan fisik jika musuh rata-rata adalah DPS fisik.
  • Sepatu pertahanan magic jika rata-rata musuh adalah DPS magic.
  • Sepatu mana atau koin untuk menutup kekurangan karena hampir semua item lain didominasi item pertahanan. Ini opsi terakhir bagi saya, biasanya dipengaruhi oleh hero yang saya pakai.
Item sepatu ML

Tentang item jungle, kamu seharusnya mengambil kapak karena itu adalah item jungle pertahanan yang bisa diaplikasikan ke lawan dan monster hutan, meski efeknya untuk lawan tidak mengurangi darah tapi setidaknya mampu memperlambat gerakan lawan.

Kesimpulan

Tanker sangat penting dalam sebuah tim Mobile Legends. Player tank jangan takut mati, tapi ya jangan mati tanpa memberikan keuntungan bagi tim.

Parameter yang bisa dijadikan penilaian seorang tanker berhasil atau tidak itu banyak, tapi yang pasti seorang tanker harus memastikan bahwa timnya bisa farming dan melakukan rotasi dengan nyaman tanpa merasa diganggu oleh musuh.

Note: Tank terbaik pun tidak bisa berbuat apa-apa jika timnya tidak memahami rolenya dan bermain amburadul.