Cara Pilih Daging Ayam Segar untuk Bahan Masakanmu

  • 1
    Share

Bagi kamu kerap menyajikan masakan berbahan dasar ayam, memilih bahan yang segar sebelum memasak adalah hal yang wajib. Hal ini sangat menentukan cita rasa masakan yang dihidangkan.

Lalu bagaimana cara memilih dan ciri-ciri ayam yang segar?

Cara pilih daging ayam segar

Agar lebih paham, berikut adalah tips memilih daging ayam segar oleh Executive Chef Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta, Hamdan, yang dikutip dari Kompas.

1.Warna Daging Merah Muda

Ayam potong yang masih segar dapat kita lihat dari warnanya. Pilih daging ayam yang masih berwarna merah muda atau setidaknya kemerah-merahan.

Daging yang berwarna agak kemerahan menandakan ayam tersebut baru dipotong, sedangkan daging dengan warna pucat biasanya sudah dipotong sehari atau dua hari sebelumnya.

2. Tekstur Elastis

Selanjutnya kita dapat melihat tekstur daging tersebut. Daging dengan tekstur yang elastis menandakan bahwa daging ayam itu masih segar.

Kamu bisa memastikan daging ayam segar dari teksturnya dengan menekan daging ayam.

Jika daging ayam ditekan dapat kembali ke keadaan semula serta tidak meninggalkan bekas, tandanya daging ayam tersebut masih segar.

Sementara, jika daging ditekan dan meninggalkan bekas tekanan, tandanya daging sudah tidak segar. Tekstur daging ayam yang lembek dan berlendir itu menandakan bahwa daging ayam sudah rusak.

Jika daging ayam lembek dan berlendir, artinya ayam sudah mengalami proses pembekuan dan pencairan berulang kali yang menyebabkan sel-sel daging ayam rusak.

3. Aroma Segar

Cara pilih daging ayam yang segar juga dapat dilakukan dengan mencium aroma atau baunya. Aroma segar yang khas, tidak anyir, tidak menyengat, atau amis adalah ciri-ciri umum dari daging ayam yang masih bagus.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan tips mengetahui kesegaran daging ayam, sebaiknya perlu diketahui juga cara menyimpan daging ayam tersebut.

Daging ayam mampu bertahan selama 2-3 bulan asalkan daging tersebut harus disimpan pada suhu yang sesuai.

Suhu yang tepat untuk menyimpan daging ayam adalah suhu frezeer (beku). Pada suhu ruangan, ayam hanya mampu bertahan 4 hingga 6 jam saja, selebihnya kualitas ayam akan menurun.


  • 1
    Share