Cara Pilih Ikan Asin Segar dan Bebas Formalin

  • 1
    Share

Ikan asin atau ikan kering kerap dijadikan menu santapan keluarga. Rasanya yang enak dan cara pengolahan yang praktis menjadikan ikan asin adalah alasannya.

Kamu dapat menikmati enaknya ikan asin dengan beberapa teknik mudah seperti digoreng maupun ditumis dengan petai dan bawang.

Namun, kamu tak dapat menikmati enaknya ikan asin jika salah memilih ikan yang dipakai sebagai bahan masakan. Sebab, bisa saja ikan yang kamu pilih mengeluarkan bau tak sedap bahkan mengandung formalin.

Tapi tenang, untuk kamu yang takut salah pilih, ada cara mudah untuk menilai kualitas ikan asin. Salah satunya adalah melihat tampilannya. Selain tampilan, simak tips memilih ikan asin segar dan bebas formalin berikut ini.

Cara Pilih Ikan Asin

Cara pilih ikan asin segar

1. Pilih Ikan Asin Berdaging Tebal

Semakin tebal dagingnya maka akan semakin mahal harga ikan asin tersebut. Biasanya juga, daging tebal menunjukkan bahwa ikan asin tersebut berkualitas baik.

Sama halnya untuk teri nasi, pilih yang ukurannya lebih besar. Teri nasi yang terlalu kecil akan lebih ringkih sehingga akan lebih mudah hancur ketika diolah menjadi masakan.

2. Perhatikan Warna Ikan Asin

Sebisa mungkin pilih ikan asin dengan warna cerah. Hindari membeli ikan asin berwarna kemerahan. Warna cerah menunjukkan kesegaran yang ditawarkan ikan asin tersebut.

3. Tekan Dagingnya

Tekan daging ikan asin yang akan kamu beli dengan jari. Ikan asin yang baik seharusnya dijemur hingga benar-benar kering. Jadi, pilih ikan asin yang dagingnya keras. Hindari yang berdaging lembek apalagi mudah hancur.

4. Gunakan Indera Penciuman

Cium aroma ikan asin yang ingin dibeli. Ikan asin yang baik dan segar seharusnya berbau normal seperti laut. Jangan beli ikan asin yang berbau aneh apalagi menusuk karena itu pertanda ikan asin telah berkurang kualitasnya.

Menjaga Kualitas

Apabila kamu membeli ikan asin sebagai stok makanan dan akan disimpan dalam waktu lama, sebaiknya ikan asin tersebut dijemur sesekali. Cara ini dilakukan demi menjaga kualitas ikan asin tersebut.

Selain itu, sebaiknya ikan asin disimpan di dalam lemari es supaya baunya tetap segar dan tidak cepat tengik.


  • 1
    Share