Cara Potong Bawang Bombai yang Mudah bagi Pemula

  • 1
    Share

Bawang bombai jadi salah satu bahan masakan yang kerap digunakan di banyak resep untuk memperkuat rasa gurih dalam masakan.

Namun memotong bawang bombai kerap menyiksa kita karena mata jadi perih hingga air mata bercucuran.

Dengan sedikit latihan sederhana dan metode memotong bawang bombai yang sesuai seperti dilansir dari The Spruce Eats berikut ini, kamu bisa memotongnya dengan lebih mudah.

Menguasai teknik ini jelas akan menghemat banyak waktu, membuatmu memasak layaknya chef, dan menghindari “tangisan” yang disebabkan karena memotong bawang bombai.

Cara Memotong Bawang Bombai

Dalam berbagai resep, kamu mungkin sering mendapati beberapa istilah berbeda hanya untuk memotong bawang bombai. Mulai dari memotong, memotong dadu, dan merajang.

Setiap resep tentu membutuhkan setidaknya salah satu cara potong bombai tadi sesuai dengan sajian yang ingin dihidangkan. Ukurannya pun bisa berbeda-beda tergantung hidangan yang dipersiapkan.

  • Pertama ada memotong dengan potongan lebar dengan tebal sekitar 1,5 cm.
  • Selanjutnya potongan dadu yang berarti memotong bawang bombay menjadi bentuk kotak-kotak kecil. Teknik potongan dadu paling sering digunakan untuk banyak sajian.
  • Potongan rajang artinya mengiris bawang bombai dengan ketebalan hanya sekitar 2 milimeter.
Cara potong bawang bombai

Bawang bombai yang dirajang biasanya digunakan dalam resep saus yang disiram dan bakso. Merajang bawang bombai juga dapat digunakan untuk aneka sajian lain seperti sup, saus, isian, dan marinasi.

Merajang adalah salah satu cara mengukur keahlian seseorang dalam memotong bawang bombai.

Kamu juga bisa membuat potongan bawang bombai yang seragam dengan metode ini. Hasilnya akan terlihat seperti layaknya chef dengan kemampuan menggunakan pisau yang ahli.

Cara Merajang

Ambil bawang bombai berukuran medium sebab ukuran ini adalah yang paling bagus untuk latihan.

Bawang bombai yang berukuran lebih kecil membutuhkan keahlian lebih untuk bisa dirajang. Sementara yang terlalu besar agak sulit dipegang jika ini kali pertama kamu mencoba.

  1. Mulai dari memotong bagian atas bawang bombai. Bagian ujung bawang bombai nantinya akan memunculkan bagian batang. Biarkan bagian atas yang dipotong tersebut tetap menempel ke bawang bombai.
  2. Setelahnya kupas bagian kulit bawang bombai. Kamu dapat membuat sedikit irisan di bagian sisi bawang bombai agar mempermudah proses pengelupasan kulit bawang bombai. Kupas lapisan bawang bombai yang dirasa keras dan berwarna aneh. Beberapa lapisan mungkin ada berwarna sedikit hijau, kupas juga bagian itu.
  3. Potong bawang bombai jadi dua bagian, lewat bagian akar bawang bombai dan biarkan akar tetap menempel. Ini akan membantumu membuat potongan kecil tersebut tanpa menghancurkan bawang bombai.
  4. Tempatkan bawang bombai di atas talenan menghadap ke bawah.
  5. Potong bawang bombai layaknya membuat papan. Mulailah dengan sisi yang lebih pendek. Pegang pisaumu di bagian sisi, lalu potong bawang bombai tapi jangan sampai habis. Berhenti tepat sebelum mencapai bagian akar.
  6. Ulangi langkah di atas dengan jarak sekitar setengah centimeter satu sama lain. Lakukan hingga mencapai bagian atas bawang bombai.
  7. Setelah itu, pegang pisaumu seperti biasanya, lalu mulai potong dari arah atas bawang bombai menuju bagian bawah. Lakukan potongan berkali-kali, semepet mungkin satu sama lain. Kamu bisa melakukan lima kali potongan pada bawang bombai berukuran medium.
  8. Setelah itu, putar posisi bawang bombay sekitar 90 derajat. Pegang pisau seperti biasanya lalu mulai potong bawang bombai untuk membuat potongan kotak dengan ukuran yang kecil.

Hasil akhirnya adalah potongan kotak yang sangat kecil dan sangat cocok untuk digunakan dalam banyak resep makanan kegemaranmu. Ukuran potongan bawang bombai rajang ini masing-masing sekitar 2 milimeter.


  • 1
    Share