Cara Simpan Gulai Kambing agar Tidak Cepat Basi

  • 1
    Share

Kalau gulai kambing yang kamu bikin di rumah masih cukup banyak dan hendak kamu konsumsi beberapa hari ke depan, maka sebaiknya disimpan dengan benar supaya tidak tetap bisa dinikmati.

Terdapat setidaknya 4 langkah penting sebelum gulai kambing dapat kamu simpan dalam lemari pendingin atau freezer.

Cara simpan gulai kambing
Foto: Sweetrip

Simpan gulai kambing dalam lemari pendingin dengan benar agar dapat bertahan hingga 2-3 hari. Berikut langkah-langkah itu:

1.Biarkan Dingin atau Suhu Ruang

Sebelum menyimpan makanan bersantan dalam lemari pendingin atau freezer, makanan tersebut harus ditunggu hingga dingin atau suhu ruang. Hal itu tentu berlaku juga pada gulai atau tongseng kambing.

Makanan bersantan dapat bertahan hingga 2-3 hari dalam lemari pendingin, sedangkan jika di freezer bisa tahan lebih dari 3 hari.

Saat disimpan dalam lemari pendingin jangan terlalu sering membuka tutup supaya suhu dalamnya tetap stabil.

2. Masukkan dalam Plastik Tipis

Kalau gulai mau disimpan dalam waktu lama dalam freezer, disarankan agar memasukkannya dulu ke dalam plastik tipis agar proses pembekuan lebih cepat terjadi.

Pastikan plastik atau wadah yang digunakan tidak bocor dan tertutup rapat untuk menghindari kontaminasi bau dari bahan makanan lain dalam lemari pendingin.

3. Pisahkan Daging Kambing dan Kuah

Sebaiknya, pisahkan daging kambing dengan kuahnya dalam wadah berbeda. Hal ini dilakukan agar keduanya dapat matang sempurna dan rata saat dihangatkan kembali.

Kalau ditaruh dalam wadah yang sama, ada potensi kuah santan sudah meleleh terlebih dahulu sedangkan daging kambing masih beku.

4. Jangan Sentuh Gulai

Untuk menghindari kontaminasi bakteri, jangan sentuh gulai kambing sebelum disimpan dalam lemari pendingin atau freezer.

Pasalnya, tangan dapat menjadi penyalur bakteri yang nantinya masuk ke gulai. Bakteri yang ada di tangan tentu mampu membuat gulai cepat basi.


  • 1
    Share