Cara Warga Sipil Berlindung saat Konflik Militer

Khusus untuk kamu yang ingin tau, bagaimana cara warga sipil berlindung dari konflik perebutan wilayah Nagorno-Karabakh. Berikut adalah beberapa foto yang kami himpun dari Tempo.

Warga sipil berkumpul di ruang bawah tanah yang digunakan sebagai tempat perlindungan bom di wilayah Nagorno-Karabakh tepatnya Stepanakert, 30 September 2020.

Cara warga sipil berlindung
Vahram Baghdasaryan/Photolure via REUTERS

Penduduk terlihat di tempat perlindungan bom di Stepanakert, ibu kota Nagorno-Karabakh, 28 September 2020. Sejak meletusnya pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan, warga sipil berlindung di shelter dan ruangan bawah tanah.

Warga sipil sedang berlindung
Kementerian Luar Negeri Armenia/Handout via REUTERS

Warga sipil berada di ruang bawah tanah yang digunakan sebagai tempat perlindungan bom di wilayah Nagorno-Karabakh tepatnya Stepanakert, 30 September 2020. Nagorno-Karabakh adalah daerah kantong etnis Armenia di Azerbaijan yang memisahkan diri pada 1990-an.

Aktivitas warga sipil di dalam shelter
Vahram Baghdasaryan/Photolure via REUTERS

Penduduk setempat berlindung di ruang istirahat selama pertempuran memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh di Kota Terter, Azerbaijan pada 30 September 2020.

Tempat berlindung dari konflik
REUTERS/Aziz Karimov

Beberapa pria menonton TV saat mereka bersembunyi di ruang bawah tanah selama pertempuran memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh di Desa Shikharkh, Azerbaijan pada 3 Oktober 2020.

Beberapa pria menonton TV
REUTERS/Aziz Karimov

Penduduk lokal berkumpul di luar ruangan ketika bersiap untuk berlindung selama pertempuran memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh di Kota Terter, Azerbaijan pada 30 September 2020.

Akses masuk ke ruang bawah tanah
REUTERS/Aziz Karimov

Tapi biar bagaimanapun, sebenarnya cara terbaik warga sipil berlindung adalah dengan tidak terjadinya konflik. Semoga konflik Armenia-Azerbaijan segera mendapat jalan tengah yang menguntungkan kedua belah pihak.