Pengertian Compound Annual Growth Rate

Compound annual growth rate adalah
Cara menghitung compound monthly growth rate

Tidak dapat dielak bahwa tujuan dan juga target pokok dalam sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan profit hingga enterprise value.

Untuk itu, growth strategy, business planning, dan juga growth rate alias tingkat pertumbuhan begitu dibutuhkan. Salah satu yang paling penting kehadirannya tidak lain yaitu CAGR alias compound annual growth rate.

Pengertian Compound Annual Growth Rate

Apa itu CAGR saham? Sebelum mengetahui kelebihan dari CAGR tersebut maka kamu harus mengetahui pengertian compound annual growth rate terlebih dahulu. Pada dasarnya, CAGR adalah salah satu metrik atau indikator yang digunakan perusahaan untuk mengukur perumbuhan serta laju investasi.

Melalui perhitungan compound annual growth rate tersebut, perusahaan akan lebih mudah memantau perkembangan bisnisnya, bahkan efektivitas bisnis hingga strateginya bisa dirancang dengan lebih mudah.

Selain itu ada juga yang mendefinisikan bahwa compound annual growth rate adalah pertumbuhan rata-rata sebuah investasi dalam rentang waktu tertentu, biasanya tahunan. Tidak hanya itu, banyak orang kerap menyebut CAGR ini dengan istilah laju pertumbuhan majemuk.

Indikator CAGR ini juga berguna untuk melihat ROI alias return of investment.

Kelebihan

Kamu telah mengetahui beberapa kelebihan dari CAGR. Namun hal tersebut hanya sebagian saja alias belum secara menyeluruh maka dari itu, supaya kamu lebih jelas lagi memahami kelebihan dari CAGR ini, simak penjelasannya berikut.

Mengenal Kompetitor

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari CAGR ini adalah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari kompetitor. Ketika tau cara menghitung CAGR, maka kamu juga bisa menghitung nilai CAGR yang dihasilkan oleh perusahaan sainganmu itu.

Misalnya dalam periode yang sama kamu menghitung CAGR dan menentukan kepuasan pelanggan perusahaanmu dan kompetitor. CAGR ini dapat digunakan untuk menganalasis kompetitor yang sangat berguna untuk menghadapi persaingan.

Menghitung Laju Pertumbuhan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi utama dari CAGR rate ini adalah untuk menghitung laju pertumbuhan secara majemuk sebuah investasi.

Dengan melalui CAGR ini, kamu bisa menghitung pertumbuhan aset bisnis investasimu secara akurat dan cepat dalam periode tertentu.

Kinerja Terukur

Terakhir, kamu bisa mengukur kinerja bisnis melalui CAGR ini. Sayangnya. perusahaan pesaingmu juga bisa mengukur nilai CAGR untuk mengetahui kinerja bisnismu.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup