SemutAspal

Contoh Struktur Organisasi Kelas, Sekolah, Perusahaan

Contoh struktur organisasi
Contoh struktur organisasi

Organisasi dapat berjalan dengan baik dan efektif jika memiliki struktur yang benar. Struktur organisasi perlu ditetapkan sejak awal untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai struktur organisasi, baik untuk perusahaan maupun non-profit.

Pengertian Umum

Pengertian struktur organisasi adalah bagan khusus yang dibuat untuk mendeskripsikan tingkatan atau hierarki dalam satu organisasi atau perusahaan. Lebih dalam, struktur organisasi dipakai diharapkan mampu menjelaskan peran-peran individu dalam organisasi perusahaan.

Struktur organisasi juga menggambarkan rantai komando, hubungan pekerjaan, hingga tanggung jawab masing-masing bagian untuk menjalankan perusahaan. Maka, mempunyai struktur organisasi yang jelas akan membuat satu perusahaan berjalan dengan lebih efektif.

Tujuan dan Fungsi

Setelah mengerti pengertian secara umum, mari lanjutkan dengan mengetahui tujuan dan fungsi dari struktur organisasi. Tujuan dan fungsi struktur organisasi adalah sebagai berikut.

  • Menjelaskan kedudukan individu
  • Penjelasan ringkas terkait koordinasi di dalam perusahaan
  • Menerangkan tugas secara jelas
  • Memperlihatkan alur hubungan setiap tingkatan atau hierarki
  • Pengerjaan tugas yang lebih efektif
  • Menjaga komunikasi tetap baik dan efektif
  • Meningkatkan produktivitas kerja

5 Contoh Struktur Organisasi yang Benar

Ini merupakan poin penting dalam pembahasan kali ini, yakni contoh struktur organisasi yang benar. Contoh-contoh berikut mencakup berbagai macam organisasi dari lingkup kecil sampai besar.

1. Struktur Organisasi Kelas

Seperti itulah contoh struktur kelas yang biasa ada. Contoh organigram kelas di atas bisa kamu jadikan referensi. Struktur organisasi kelas tidaklah terlalu besar karena tujuannya hanya untuk lingkup kelas dan mengajarkan tentang tata cara kepemimpinan.

2. Struktur Organisasi Sekolah

Selanjutnya, contoh struktur organisasi sekolah yang dalamnya terdapat posisi kepala sekolah, pejabat sekolah, hingga guru-guru pengajar mata pelajaran tertentu. Kita dapat melihat alur tugas guru dan pejabat di sekolah melalui bagan tersebut.

3. Struktur Organisasi Perusahaan

Ini merupakan gambaran umum struktur organisasi pada sebuah perusahaan. Tentu pada kenyataannya, sebuah perusahaan memiliki struktur yang jauh lebih kompleks karena melibatkan banyak pihak.

Namun kamu bisa menggunakan ini sebagai suatu referensi. Struktur organisasi perusahaan sangat dipengaruhi oleh visi misi dan model bisnis yang dijalankan.

4. Struktur Organisasi Usaha

Kemudian, ini adalah contoh struktur organisasi usaha atau bisnis. Bila kamu akan membuat bisnis baru, mungkin bagan di atas bisa jadi gambaran struktur organisasi usahamu. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa menyempurnakannya menjadi lebih baik.

5. Struktur Organisasi Karang Taruna

Lalu yang terakhir ada contoh struktur organisasi karang taruna untuk kamu yang sedang memulai organisasi ini di tempat tinggalmu. Walau sifatnya tak resmi, setiap desa biasanya memiliki karang taruna.

Cara Membuat

Setelah saya berikan contoh struktur organisasi yang benar di atas, kamu mungkin bertanya tentang cara membuatnya. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah struktur organisasi, misalnya:

  1. Sebelum merancang struktur, kamu harus membuat visi misi sebuah organisasi;
  2. Alur komando yang jelas
  3. Buat bagan struktur organisasi yang mudah dimengerti dan ringkas
  4. Isi jabatan dengan individu yang kompeten di bidangnya

Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal