Pengertian Dark Pool Trading dalam Cryptocurrency

Pengertian dark pool trading

Biasanya perdagangan crypto kerap dilakukan di sebuah decentralized exchanges atau lebih sering disingkat dengan istilah DEX. Meski demikian, perdagangan crypto juga bisa dilakukan di centralized exchanged alias CEX.

Selain kedua metode di atas, kenyataannya banyak orang juga melakukan perdagangan crypto di luar kedua platform tadi. Mereka menggunakan dark pool trading.

Pengertian Dark Pool Trading

Tahukah kamu bahwa ada banyak orang yang telah menggunakan dark pool trading untuk melakukan jual beli aset crypto sejak lama? Untuk kamu yang belum tau, lebih baik simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai pengertian dark pool trading agar nantinya bisa membuatmu lebih paham.

Dark pool trading adalah transaksi aset investasi yang dilakukan oleh para trader maupun investor. Tempat trading yang digunakan tersebut berada di luar pasar DEX maupun CEX, itu merupakan sebuah pasar gelap tempat jual beli aset investasi.

Pada dasarnya, para trader melakukan transaksi dark pool trading ini dengan tujuan mengurangi efek perdagangan yang begitu besar. Itu perlu dilakukan karena transaksi tersebut bisa berpengaruh terhadap harga suatu aset.

Setiap transaksi yang dilakukan melalui dark pool trading dilakukan oleh investor institusional. Para investor ini bisa memperdagangkan saham dalam jumlah besar secara senyap. Aksi itu jelas mempengaruhi nilai suatu emiten dengan sangat signifikan.

Bisa ditebak, para investor institusional ini merupakan pihak dengan kemampuan finansial yang begitu besar. Meski begitu, banyak dari mereka bergerak secara anonim untuk masuk ke proses dark pool trading.

Alasan Proses Masih Dilakukan

Ada berbagai macam alasan mengapa sampai saat ini dark pool trading masih dilakukan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dark pool trading ini begitu menguntungkan. Terlebih bagi investor institusional yang berpengaruh besar dalam regulasi dan kebijakan pasar.

Menariknya, aktivitas dark pool trading ini menjadi salah satu bentuk perlindungan yang bisa digunakan untuk mencegah volatilitas. Hal ini dapat terjadi karena aktivitas dark pool trading hanya melibatkan dua pihak saja.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup