Demi Kelihatan Tajir, Influencer Beli Bungkus Aja

Demi kelihatan tajir
Ilustrasi

Di masa sekarang ini, pengakuan seakan-akan adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Setiap orang seakan digiring untuk mendapatkan segalanya demi kelihatan tajir.

Influencer apalagi. Mereka yang hidup dari exposure dan engagement tidak bisa lepas dari yang namanya personal branding. Mereka dituntut untuk selalu menarik dengan persona yang membesarkan namanya.

Bagi mereka yang sudah membangun image orang kaya, mereka dituntut untuk selalu menampilkan kemewahan meski sebenarnya sudah tidak mampu lagi. Akhirnya, mereka terpaksa melakukan trik-trik agar terlihat tetap kaya.

Terbukti, ada influencer yang membeli kantung belanja kosong milik desainer ternama untuk dipamerkan di media sosial. Tujuannya tentu saja untuk pamer, memperlihatkan dirinya seolah-olah mampu membeli barang tersebut.

Seperti dilansir dari Input Mag, hal tersebut diakui oleh Sarah (nama samaran) yang merupakan pemilik online shop. Ia kerap mendapat permintaan dari sejumlah selebgram untuk dibelikan kotak kosong sejumlah brand high-end seperti Hermes hingga Tiffany & Co.

Sarah yang tinggal di Filipina itu menjual karya fashion dari desainer high-end. Mulai dari tas kulit, jam tangan mewah, hingga sepatu berkelas. Pembelinya ada yang dari Amerika, Filipina, Macau, dan juga Malaysia.

Sarah sering mendapat pembeli yang memesan kotak dan kantung belanja Hermes. Pada awalnya Sarah berpikir bahwa mereka yang memesan adalah toko atau online shop lain, namun ternyata bukan.

“Aku tidak tahu awalnya, tapi ternyata mereka membeli untuk foto di Instagram sampai aku melihatnya secara langsung,” ucap Sarah.

Influencer sedang bekerja

Demi Kelihatan Tajir

Sarah bercerita bahwa dia pernah mendapat pesanan dari salah satu Influencer Filipina dengan jumlah pengikut 20 ribu. Sarah mengatakan bahwa kotak dan kantung belanja itu tidak langsung didapatkan dari toko, melainkan dari online shop seperti Sarah atau eBay.

Baru-baru ini juga terungkap kelakuan influencer yang pura-pura tajir untuk mempertahankan popularitasnya. Mereka berpose seolah-olah sedang berada dalam jet pribadi, nyatanya itu hanyalah properti foto.

Seperti dilansir dari Luxury Launches, contoh kasus influencer yang pura-pura berfoto di jet pribadi itu adalah rombongan artis TikTok @the7angels. Mereka berpose dan berjoget dengan latar belakang yang tampak seperti jet pribadi.

Mulai dari kursi, meja karpet, dan segala pernak-pernik disulap agar seolah berada dalam jet pribadi yang bisa disewa lewat jasa properti Peerspace. Dengan kasus semacam ini, kredibilitas influencer dipertanyakan. Seharusnya mereka melakukan cara-cara yang lebih baik.