Desain Bendera Unik dari Berbagai Negara di Dunia

Salah satu fungsi bendera adalah sebagai salah satu barang yang dipakai untuk mengidentifikasi suatu kelompok. Bendera biasanya terbuat dari sepotong kain yang dibentuk sedemikian rupa.

Pada awalnya, bendera digunakan untuk membantu koordinasi militer di medan laga. Bendera nasional adalah simbol-simbol patriotik yang kuat dengan interpretasi luas dan bervariasi.

Secara etimologi, kata “bendera” dalam Bahasa Indonesia berakar dari bahasa Spanyol bandera dan bahasa Portugis bandeira. Kata tersebut muncul karena dahulu bangsa Spanyol dan Portugis pernah menjajah Indonesia, tepatnya di Maluku dan sebagian Nusa Tenggara.

Desain Bendera Unik

Dari banyaknya bendera negara berdaulat di dunia saat ini, berikut adalah desain bendera unik yang kamu perlu tau.

1. Nepal

Desain bendera unik Nepal
Bendera Nepal di Pegunungan Himalaya

Nepal adalah satu-satunya negara di dunia ini yang tidak menggunakan kain segiempat sebagai benderanya. Bentuk bendera Nepal terdiri dari 2 segitiga yang tersusun atas bawah.

2. Mozambik

Desain bendera unik Mozambik
Bendera Mozambik

Mozambik adalah satu-satunya negara di dunia yang menempatkan sepucuk senapan dalam desain benderanya. Terdapat AK-47 menyilang bersama cangkul di atas buku.

3. Bhutan

Desain bendera unik Bhutan
Bendera Bhutan berkibar dalam upacara resmi

Terdapat seekor naga dalam desain bendera Bhutan. Ini sangat menarik, sebab Bhutan memakai hewan mitologi yang sangat terkenal di banyak tempat dan peradaban dunia.

4. Kirgizstan

Bendera Kirgizstan
Bendera Kirgizstan berkibar

Apa yang kamu lihat dari bendera Kirgizstan? Sepintas di tengah bendera Kirgizstan seperti bola tenis. Bola itu sebenarnya adalah matahari dengan 40 sinar yang menggambarkan 40 suku bangsa Kirgiz.

Terdapat garis menyilang di tengah bola, itu adalah simbol atap yurt yang merupakan rumah tradisional Kirgizstan.

5. Kazakhstan

Bendera Kazakhstan
Bendera Kazakhstan

Desain bendera Kazakhstan yang diperkenalkan pada 4 Juni 1992 ini sangat rumit. Bendera itu terdiri dari seekor burung berkut dan matahari berwarna kuning dengan latar belakang berwarna biru. Di dekat kerekan bendera terdapat ornamen nasional negara Kazakhstan.

6. Turkmenistan

Bendera Turkmenistan
Bendera Turkmenistan

Turkmenistan memiliki desain bendera unik yang diresmikan pada 24 Januari 2001. Bendera ini terdiri dari garis vertikal berwarna merah di garis kerekan, berisi lima karpet berpotongan di atasnya dua ranting garis zaitun.

Bulan sabit berwarna putih, melambangkan khas Turk dan lima bintang kecil terletak di latar belakang berwarna merah. Lima bintang menyimbolkan provinsi di Turkmenistan.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup