Profil & Informasi tentang Negara El Salvador [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara El Salvador [Lengkap]

Informasi mengenai El Salvador.

NamaEl Salvador
Nama resmiRepublik El Salvador
República de El Salvador (Spanyol)
Ibu kotaSan Salvador
SemboyanDios, Unión, Libertad
(Spanyol: "Tuhan, Persatuan, Kebebasan")
Lagu kebangsaanHimno Nacional de El Salvador
Bentuk PemerintahanRepublik Presidensial
Sistem PemerintahanPresidensial
Kemerdekaan18 Februari 1841
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPresiden
Badan LegislatifAsamblea Legislativa
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKristen
Katolik Roma
Hare Krishna
Islam
Yahudi
Buddha
Mata UangDolar Amerika Serikat (US$)1 (USD)
Zona WaktuWaktu Standar Tengah (CST) (UTC-6)
Kode Telepon+503
Domain.sv
Jumlah Penduduk6.481.102 (estimasi Juli 2020)

República de El Salvador secara harfiah berarti “Republik Juru Selamat”. El Salvador adalah negara berdaulat terkecil dan terpadat di Amerika Tengah. Ibu kota dan kota terbesar El Salvador adalah San Salvador.

Karena El Salvador menggunakan bahasa Spanyol maka “San Salvador” memiliki nama lain dalam bahasa Inggris yaitu “Saint Savior” atau “Holy Savior” dan dalam bahasa Indonesia mendapat sebutan “Santo Penyelamat”.

Dulunya El Salvador dibaptis oleh konkuistador Spanyol dan diberi nama “Provincia De Nuestro Señor Jesucristo El Salvador Del Mundo” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Provinsi Tuhan Kami Yesus Kristus Sang Juru Selamat Dunia”.

Batas-batas wilayah El Salvador:

Letak negara El Salvador
Letak El Salvador

El Salvador memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara El Salvador
Bendera El Salvador

Geografi dan Pembagian Administratif

El Salvador dibagi menjadi 14 departemen yang pada gilirannya dibagi menjadi 262 kotamadya.

Berikut adalah nama dan ibu kota bagi 14 departemen di El Salvador.

Pembagian wilayah administratif El Salvador
Departemen di El Salvador

El Salvador terletak di tanah genting Amerika Tengah yang secara astronomis berada di antara 13°LU hingga 15°LU dan 87°BB hingga 91°BB. El Salvador berdaulat atas wilayah seluas 21.041 km². Sebagai negara terkecil di Amerika, El Salvador disebut sebagai Pulgarcito de America. Titik tertinggi di El Salvador berada di Cerro El Pital (perbatasan Honduras) dengan ketinggian 2.730 meter.

Ada beberapa danau yang dikelilingi oleh kawah gunung berapi di El Salvador, yang paling terkenal adalah Danau Ilopango (70 km²) dan Danau Coatepeque (26 km²). Danau Güija (44 km²) adalah danau alami terluas El Salvador.

El Salvador berbagi perbatasan dengan dua negara yakni Guatemala dan Honduras. Panjang perbatasan nasional El Salvador adalah 546 km: 203 km dengan Guatemala dan 343 km dengan Honduras. El Salvador adalah satu-satunya negara Amerika Tengah yang tidak memiliki pantai menghadap Laut Karibia. Garis pantai El Salvador di Pasifik sepanjang 307 km.

Lambang negara El Salvador
Lambang negara El Salvador

Demografi

Di El Salvador, 86% populasi adalah keturunan mestizo. 12,7% penduduk Salvador berkulit putih. 0,23% populasi adalah penduduk asli. Kelompok etnis Kakawira mewakili 0,07% populasi, Pipil 0,06%, Lenca 0,04%, dan kelompok lain 0,06%.

Ada Afro-Salvador dalam jumlah kecil, sekitar 0,13% populasi.

Moncagua, San Miguel
Moncagua, San Miguel

Bahasa

Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi dan dipahami oleh semua populasi El Salvador. Q’eqchi’ dituturkan oleh imigran Guatemala dan Belize yang tinggal di El Salvador.

Bahasa Spanyol lokal El Salvador disebut Caliche. Orang El Salvador menggunakan voseo, yang juga digunakan di Argentina, Kosta Rika, Nikaragua, dan Uruguay.

Patung ikonik Kristus di globe yang merupakan landmark yang terletak di ibu kota negara, San Salvador.
Patung ikonik Kristus di globe adalah bagian dari Monumen Juru Selamat Ilahi Dunia di Plaza El Salvador del Mundo yang merupakan landmark yang terletak di ibu kota negara, San Salvador.

Agama

Mayoritas populasi El Salvador beragama Kristen dengan Katolik Roma dipeluk oleh 47% populasi dan Protestan 33% populasi. Ateis sebanyak 17% dari populasi. 3% sisanya terdiri dari Saksi-Saksi Yehuwa, Hare Krishna, Islam, Yahudi, Buddha, Mormon, dan penganut agama pribumi.

  • 1
    Share