Pengertian Exchange Traded Funds

Exchange traded funds

Pastinya bagi seseorang yang telah lama terjun di dunia investasi, nama ETF sudah tidak asing lagi di telinga. Exchange Traded Funds sendiri merupakan salah satu jenis reksadana yang diperdagangkan pada bursa saham.

Kamu bisa mendapatkan instrumen investasi ini dengan mudah di pasar, baik secara online maupun offline. Kita kali ini akan membahas pengertian exchange traded funds secara lebih mendalam.

Pengertian Exchange Traded Funds

Pengertian exchange traded funds adalah salah satu jenis alat instrumen investasi berupa reksadana yang unit penyertaannya bisa diperdagangkan di bursa efek.

Biasanya portofolio instrumen investasi ini memanfaatkan indeks tertentu untuk dijadikan acuan dalam pembentukannya. Return nantinya akan mengikuti indeks yang telah dijadikan acuan sebelumnya.

Perlu untuk diketahui bahwa ETF adalah penggabungan antara unsur reksadana dalam hal pengelolaan dengan mekanisme saham terhadap transaksi jual beli di pasar perdana dan sekunder.

Di pasar perdana, exchange traded funds akan ditawarkan kepada investor melalui perantara broker atau dealer yang bertindak sebagai agen penjual saham. Sedangkan di pasar sekunder, para investor dapat memperdagangkan efek yang sudah tercatat di bursa sesudah terlaksananya penawaran perdana.

Jenis

Para investor memiliki beragam jenis exchange traded funds yang bisa dipilih untuk menghasilkan pendapatan. Kamu bisa menggunakan ETF ini untuk melindungi nilai atau mengimbangi risiko portofolio. Langsung saja berikut beberapa macam exchange traded funds.

1. Obligasi

ETF obligasi digunakan untuk memberikan pendapatan reguler kepada investor sesuai kinerja obligasi yang mendasarinya. Investor yang biasanya membeli instrumen ini adalah pemerintah pusat, negara bagian, koperasi, dan lain-lain.

Karakteristik dari ETF jenis ini yaitu tidak memiliki tanggal jatuh tempo dan umumnya diperdagangkan dengan harga premium.

2 Saham

Karakteristik dari ETF jenis ini yaitu terdiri dari sekumpulan saham yang berfungsi melacak suatu industri atau sektor untuk memberikan eksposur yang terdeversifikasi ke salah satu industri sehingga bisa mencangkup industri bekerja tinggi dan pendatang baru.

ETF jenis ini memiliki biaya yang relatif rendah dan tidak melibatkan kepemilikan sirkularitas sebenarnya.

3. Sektor

ETF jenis ini merupakan dana yang lebih berfokus pada industri tertentu. Tujuan utama dari ETF ini yaitu untuk mendapatkan exposure ke sisi atas sektor tersebut dengan melacak kinerja perusahaan yang sedang beroperasi di bidang itu.

Bukan hanya itu saja, ETF ini juga bisa dimanfaatkan untuk berputar masuk dan keluar sektor selama siklus ekonomi terjadi.

Itulah pembahasan singkat tentang pengertian ETF yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi saham. Selain itu sebagai seorang pemula juga perlu lebih lanjut lagi untuk mempelajari investasi ETF melalui berbagai macam platform yang saat ini mudah ditemukan.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup