Apa Itu Game Among Us dan Alasan Kepopulerannya

Menuduh dan menyamar. Itulah aturan dasar permainan di game yang tengah digandrungi dan banyak dimainkan saat ini, Among Us.

Game Among Us yang dirilis pada tahun 208 oleh Innersloth ini mengajarkan betapa pentingnya kewaspadaan terhadap orang di sekitar, bahkan dengan teman sendiri.

Sebab, di game ini ada 2 pihak yang bermusuhan yakni Crewmate dan Impostor. Crewmate bisa dibilang adalah protagonis dalam game ini dan Impostor adalah lawannya. Keduanya bersaing untuk menguasai sebuah wahana antariksa yang melayang-layang di luar angkasa.

Game Among Us

Among Us belakangan naik daun dan sempat masuk trending di Twitter, padahal umurnya sudah menginjak 2 tahun.

Peningkatan unduhan game ini hingga 661% atau setara 18,4 juta unduhan per Agustus 2020, dibandingkan bulan sebelumnya. Di platform mobile sendiri, Among Us telah diunduh sebanyak 86,6 juta kali.

Para YouTuber gaming kemungkinan ikut mempengaruhi peningkatan unduhan game ini. Selain itu, game ini terbilang mudah, serta kocak untuk dimainkan dengan teman lantaran harus saling tuduh.

Among Us sudah mendukung crossplay. Sederhananya, pengguna Android atau iOS (mobile) dapat bermain bersama dengan pengguna PC.

Aturan Main

Tugas Crewmate
Tugas Crewmate

Tiap ronde permainan Among Us bisa diisi maksimal 10 pemain, dengan setting tempat di sebuah wahana antariksa. Dari 10 orang yang berpartisipasi, Crewmate dan Impostor bakal dipilih sistem secara acak.

Peran semua pemain tetap dirahasiakan. Dalam permainan, jumlah Impostor maksimal ada 3 dan sisanya adalah Crewmate berjumlah 7 pemain.

Masing-masing Crewmate memiliki tugas untuk melindungi dan memperbaiki segala kerusakan yang diakibatkan oleh Sang Impostor. Crewmate diwajibkan selalu waspada dan melihat gerak-gerik pemain lain guna menendang Impostor.

Tugas Impostor Among Us
Tugas Impostor

Sementara itu, Impostor harus membunuh dan mengelabui semua Crewmate yang ada agar bisa menguasai pesawat. Masing-masing Impostor memiliki kemampuan untuk membunuh Crewmate dan mengeluarkan mereka dari permainan.

Di babak tertentu, semua pemain dapat berdiskusi dan menuduh seseorang yang dicurigai sebagai Impostor dengan cara voting. Pemain yang mendapat tuduhan terbanyak bakal dikeluarkan dari wahana antariksa tersebut.

Pada babak diskusi tersebut, pemain dapat menggunakan fitur chat untuk meyakinkan, berkilah, menjebak, dan menuduh pemain yang dicurigai sebagai Impostor. Sehingga, kejelian dan kerja sama tim benar-benar dibutuhkan agar tidak salah tunjuk.

Voting menentukan siapa yang menjadi Impostor
Voting penentuan Impostor