Gejala Penyakit Ginjal: Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah

Gejala penyakit ginjal yang patut diwaspadai

Banyak orang mulai memberi keluhan ketika usianya telah menginjak 40 tahun. Salah satu masalah yang didapat adalah sakit pinggang ketika terlalu lama duduk.

Jika terpaksa duduk berjam-jam, dapat dipastikan merasakan nyeri di bagian punggung. Biasanya, penderita sakit ginjal akan merasa nyeri dan tak nyaman di bagian pinggang, punggung, atau perut.

Melansir WebMD, sakit pinggang bisa muncul saat ginjal sedang bermasalah. Sebab, organ yang berfungsi menyaring darah ini terletak di bawah tulang rusuk, di sisi kanan dan kiri perut.

Karena ginjal berada dekat pinggang dan punggung, saat organ vital ini bermasalah, bagian tubuh tersebut akan turut terasa nyeri. Namun, tak semua sakit di bagian tubuh tersebut adalah tanda penyakit ginjal. Umumnya, rasa nyeri karena sakit ginjal disertai beberapa gejala lainnya.

Ciri-Ciri Sakit Pinggang Gejala Sakit Ginjal

Infeksi pada ginjal adalah penyebab nyeri yang dirasakan. Dilansir dari Healthline, ciri-ciri sakit pinggang gejala penyakit ginjal bisa dilihat dari lokasi, jenis nyeri, dan tingkat keparahan.

Lokasi Nyeri

Sakit pinggang pada penyakit ginjal biasanya terasa di salah satu atau kedua sisi pinggang dekat panggul. Persisnya terletak di kanan atau kiri tulang belakang, di antara bawah tulang rusuk dan pinggul.

Jenis Nyeri

Sakit pinggang gejala penyakit ginjal biasanya sering, tidak hanya sesekali. Sakit pinggang pada infeksi ginjal umumnya tidak bertambah parah jika penderita melakukan gerakan. Ketika ini, nyeri bisa sembuh sendiri tanpa bantuan obat.

Sedangkan pada batu ginjal, sakit pinggang malah bertambah parah ketika bergerak. Terkadang, rasa sakit dari pinggang atau punggung bisa menjalar hingga paha bagian dalam atau perut bagian bawah.

Tingkat Keparahan Nyeri

Nyeri pada penyakt ginjal dapat terasa ringan hingga berat, tergantung kondisi penyakit saat itu. Rasa sakit yang dirasakan umumnya terasa sangat sakit dan tak sembuh hingga penyebab penyakit diatasi.

Tidak seperti sakit pinggang atau punggung biasa, tingkat keparahan sakitnya cenderung konsisten ketika sedang beraktivitas.

Gejala Lain

Selain sakit pinggang atau punggung bagian bawah, tanda penyakit ginjal lain yang kerap dirasakan penderitanya, adalah:

  • Demam atau meriang hingga menggigil
  • Mual dan muntah
  • Urine berwarna keruh atau cokelat
  • Sering kencing
  • Buang air kecil terasa sakit
  • Ada riwayat infeksi saluran kencing
  • Ada darah dalam urine
  • Keluar batu kecil-kecil saat kencing

Apabila muncul gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain penyakit ginjal, penyebab sakit pinggang adalah gangguan pada otot, tulang, atau saraf di tulang belakang.

Kamu perlu berkonsultasi ke dokter apabila menderita sakit pinggang yang tak kunjung sembuh, atau ketika rasa nyeri yang dirasakan menyebar ke bagian tubuh lainnya.