Cetaphil Gentle Skin Cleanser untuk Bersihkan Komedo

Ngebahas skincare emang nggak ada habisnya.

Kali ini aku akan review pengalaman pribadi menggunakan produk skincare pencuci muka dari Cetaphil. Cetaphil Gentle Skin Cleanser nama produknya. Produk ini menurut aku WOW banget. Cleanser dari Cetaphil ini diklaim menggunakan bahan yang aman dan lembut.

Kenapa?

Sekilas gambaran tentang jenis kulit wajahku. Kulitku termasuk jenis kulit oily skin, dimana pori-porinya besar, gampang banget diserang komedo jahat dan jerawat, terlebih saat haid datang.

Punya kulit berminyak kayak gini sering bikin kerepotan karena susahnya mencari skincare yang tepat. Terlebih akhir-akhir ini aku sering jalan-jalan, yang kadang nggak ada waktu buat cuci muka.

Karena itu, sehari aja nggak cuci muka, pasti besoknya kulit wajah sudah berjerawat. Pasti para female yang sibuk setuju dengan hal ini..

A powerfully gentle wash. Formula bebas sabun ini telah memenangkan berbagai penghargaan dan pengakuan dari berbagai lembaga kecantikan dan kesehatan. Produk ini memiliki kandungan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi ketika membersihkan kulitmu. Baik untuk segala jenis kulit, bahkan kulit bayi sekalipun.

Produsen produk dengan fungsi menghilangkan komedo ini adalah Cetaphil.

1l - Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
1l – Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Review Singkat

Cetaphil adalah salah satu line produk skincare yang dibuat oleh Galderma Laboratories dan Galderma-Neutrogena pada tahun 1947 di Kanada. Sejak kemunculan produk pertamanya, Cetaphil pun mulai dikenal di beberapa negara (termasuk di Indonesia) dan sampai sekarang terus berkembang.

Perusahaan ini merupakan bagian dari Nestle. Jadi agak susah menjawab pertanyaan, “Cetaphil produk dari negara mana?” Sebab ini merupakan perusahaan multi-nasional.

  • Cocok untuk semua jenis kulit
  • Ideal untuk wajah dan seluruh tubuh
  • Bekerja tanpa menyebabkan iritasi kulit
  • Formula pH-balanced bebas sabun
  • Dapat digunakan dengan atau tanpa air
  • Bebas sabun dan pewangi
  • Lembut dan melembabkan
  • Tekstur ringan untuk kulit wajah
  • Tidak membuat kulit kering
  • Tidak menimbulkan iritasi pada kulit
  • Direkomendasikan oleh para dermatologis

Cetaphil Gentle Skin Cleanser diformulasikan dengan bahan lembut untuk memutihkan kulit wajah dari kotoran, minyak, dan debu. Formulasinya aman untuk semua jenis kulit, sehingga tidak menyebabkan jerawat maupun iritasi jika. It is safe for daily activities.

Kulit saya jadi lembab, halus karena kulit mati keangkat, dan kenyal setelah pertama kali menggunakannya. Cetaphil ini merupakan upaya saya menetralkan wajah dari zat kimia yang menurut saya udah numpuk banget di kulit. Saya merasa kulit wajah saya kembali ke nol.

Rekor Internasional

Selain puas dengan hasilnya, produk ini termasuk salah satu yang direkomendasikan oleh Dermatologist, jadi sudah dipastikan produk ini sangat aman dipakai. Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini sudah menapatkan pengakuan international di lebih dari 70 negara dan 40 penghargaan.

Beberapa diantaranya ialah Best of Beauty Hall of Fame oleh majalah Allure Magazine tahun 2011, Readers’ Choice tahun 2007, Best of Beauty tahun 2002 dan 2013, pada tahun 2016 diakui sebagai Facial Cleanser Brand of the Year oleh Watsons Philippines.

500ml - Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
500ml – Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Bagusnya dipakai kapan? Bebas! Bisa digunakan kapan saja. Cetaphil Gentle Skin Cleanser memiliki tekstur cair (liquid) dan cairannya itu berawarna bening agak keruh, sabun wajah ini tidak ada wangi-wangi gimana gitu alias tidak berbau.

Dan karena Cetaphil ini Soap and Fragrance FREE ketika diaplikasikan ke wajah pun sama sekali tidak berbusa. Saya baru tahu bahwa sabun yang baik itu memang tidak memiliki busa yang banyak, karena itu berarti minim kandungan deterjen.

Komposisi

Apa aja sih komposisinya kok bisa gitu?

Komposisinya terdiri dari Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methylparaben, Propylparaben, Butylparabe

Jika dilihat-lihat, kandungan produk ini relatif sedikit jika dibandingkan dengan lotion pembersih lain. Nah, saya kepo, kok ini dikit banget sih. Berikut hasil yang saya dapatkan dari internet:

  • Cetyl Alcohol: atau plamitoil alkohol merupakan lemak alkohol. Banyak digunakan pada lotion dan krim untuk menstabilkan emulsi dan menambahkan kekentalan. Kandungan ini berperan dalam melembutkan kulit.
  • Propylene Glycol: adalah zat cair sintetis yang banyak dipakai dalam produk perawatan kulit banyak seperti shampoo. Mampu membantu kulit tampak halus dan lembut dengan menjaga kandungan air dalam kulit sehingga tidak meresap keluar dari epidermis.
  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau surfaktan, dapat membantu menghilangkan residu pada kulit berminyak.
  • Stearil Alkohol: sifatnya yang emolien (mengurangi kekeringan) membantu melembabkan dan menjaga kulit tetap halus dan lembut.
  • Methylparaben, propylparaben, dan butylparaben: methylparaben merupakan senyawa alami yang umumnya ditemukan buah-buahan seperti blueberry. Kandungan ini memiliki memiliki efek anti-jamur dan antimikroba.
125ml - Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
125ml – Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cara Menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cara pakai menggunakan air:
Basahi wajah kamu terlebih dahulu, lalu aplikasikan Cetaphil Gentle Skin Cleanser secara merata. Gosok wajah secara perlahan, lalu bilas dengan air bersih.

Pemakaian tanpa menggunakan air:
Aplikasikan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ke area wajah secara merata sambil menggosoknya dengan lembut. Setelah itu, lap wajah dengan kain atau kapas bersih.

Produk ini hadir dengan kemasan sederhana dengan tutup flip yang menurutku cukup aman. Aku beli kemasan paling kecil (125 ml) jadi mudah untuk dibawa saat aku bepergian. Teksturnya agak kental berwarna transparan, hanya ada sedikit sekali busa waktu diaplikasikan di yang cocok buat acne skin.

Total ada 3 pilihan ukuran yaitu ukuran paling kecil 125ml, ukuran sedang 250ml, dan ukuran paling besar 500ml yang bisa dipilih untuk keseharianmu.

250ml - Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
250ml – Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Akhir Kata

Review ini dibuat berdasarkan semua pengalaman pribadi. Yang cocok dikulitku, belum tentu cocok juga di kulitmu. Tapi produk ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu semua, khususnya yang hobi traveling.

Kegunaan dan manfaat Cetaphil Gentle Skin Cleanser:

  • Sesuai untuk semua jenis kulit, apalagi kulit sensitif
  • Tidak bikin iritasi
  • Bisa dipakai untuk wajah dan badan
  • Aman untuk kulit bayi
  • Non-Comedogenic
  • Membantu melembabkan kulit
  • pH-balanced non-soap formulation
  • Fragrance, soap, lanolin FREE
  • Praktis, bisa digunakan dengan atau tanpa air
  • Packagingnya kuat, nggak perlu khawatir bocor ketika dibawa bepergian

Kalau mau beli, di sini aja ya. Selamat mencoba!