Cara Mengatasi Google Terus Berhenti di Smartphone

  • 1
    Share

Cara mengatasi Google terus berhenti

Ini adalah artikel untuk kamu yang mencari cara mengatasi Google terus berhenti di Xiaomi, Samsung, maupun merek HP lainnya. Siang ini banyak pengguna melaporkan bahwa ada notifikasi “Google keeps stopping” yang terus muncul meski telah ditutup.

Google menanamkan beberapa aplikasi bawaan pada perangkat Android yang kini banyak digunakan. Namun, terkadang juga muncul masalah semacam ini. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut.

1. Restart Ponsel

Restart ponsel adalah solusi pertama yang patut dicoba sebab banyak masalah dapat teratasi dengan melakukan hal ini. Jadi sebelum beralih ke solusi lain, reboot perangkatmu dan berharap semoga masalah segera teratasi.

Jika masih bisa menyelamatkan hasil kerja, lakukan dulu langkah-langkah seperti menyimpan dokumen maupun tindakan lain yang perlu. Setelah itu baru restart ponselmu.

2. Periksa Koneksi Internet

Google menggunakan internet untuk melakukan tugas-tugasnya. Coba buka sebuah website untuk mengetes koneksi. Apabila website tidak berhasil dibuka, masalahnya ada pada koneksi internetmu.

Pastikan kamu memiliki koneksi yang stabil. Kamu bisa masuk ke mode pesawat dan keluar darinya untuk mereset ulang koneksimu. Apabila kamu menggunakan wifi dan yakin belum habis masa pakainya cobalah untuk memuat ulang wifi tersebut.

3. Mulai Ulang App Google

Cara selanjutnya adalah memuat ulang aplikasi Google. Buka pengaturan di ponsel Android lalu pilih aplikasi, ketuk aplikasi Google dan paksa berhenti aplikasi tersebut.

Setelahnya buka kembali aplikasi Google untuk mencoba apakah masalah berhasil diatasi. Jika belum berhasil, kamu bisa lanjutkan ke metode selanjutnya.

4. Bersihkan Cache App

Terkadang masalah muncul karena adanya cache, sehingga menghapus cache aplikasi Google terbukti bisa atasi masalah banyak pengguna. Cara melakukannya adalah masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi dan pilih Google. Setelahnya, ketuk penyimpanan lalu bersihkan cache.

Perlu diketahui, menghapus cache di HP tidak menghapus data apapun atau mengeluarkan email dari aplikasi Google. Hal tersebut dapat terjadi jika kamu menggunakan opsi hapus data atau penyimpanan.

Kamu harus mencoba melakukan itu juga jika tidak ada yang berhasil. Namun, pastikan kamu memiliki back-up data username dan password layanan-layanan yang kamu gunakan termasuk email Google.

5. Perbarui App Google

Perbarui aplikasi Google yang ada di HP apabila sudah ada pembaruan. Mungkin karena adanya bug tersebut, Google akhirnya memperbaharui aplikasi besutannya.

Jadi segera perbarui aplikasi Google dengan mengunduhnya lewat Google Play Store.

Jika terjadi sebaliknya, aplikasi Google jadi error setelah update, maka kamu bisa uninstall dulu aplikasi tersebut. Setelah ada update baru kamu install kembali layanan Google tersebut.

Itulah informasi seputar cara mengatasi Google terus berhenti di Xiaomi, Samsung, dan HP android lainnya. Solusi Google keeps stopping, dan ulasan kenapa google berhenti.


  • 1
    Share

Selengkapnya