Definisi Head and Shoulder Pattern

Head and shoulder pattern

Kamu wajib mengetahui terlebih dahulu pola candlestick crypto sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia trading. Pasalnya, pola itu bisa mempermudah proses pengambilan keputusan trading menjadi lebih terukur.

Perlu diketahui bahwa pola grafik harga memiliki arti berbeda-beda di dalam dunia trading. Oleh karena itu, penting bagi seorang trader pemula maupun profesional untuk bisa menganalisis pola yang muncul itu sebelum mengambil keputusan.

Salah satu pola yang cukup terkenal di dunia crypto yaitu head and shoulder pattern. Lantas apa definisi dari head and shoulder pattern itu?

Definisi Head and Shoulder Pattern

Definisi dari head and shoulders pattern adalah sebuah perubahan arah pasar atau pengembalian trend. Pola ini sudah lama dinilai sebagai susunan handal yang mampu memprediksi pengembalian tren.

Pola ini terdiri dari 4 bagian yaitu kepala (head), bahu (2 shoulders), dan pangkal leher (neckline). Adapun penjelasan lengkap dari keempat bagian tersebut seperti berikut ini.

  • Shoulder kiri merupakan sebuah kenaikan harga yang diikuti oleh puncak harga bagian kiri dan di-follow oleh penurunan.
  • Head (kepala) adalah harga yang mengalami kenaikan lagi serta membentuk puncak lebih tinggi.
  • Shoulder kanan adalah pola dalam trading ketika terjadi penurunan kembali sebanyak satu kali lalu diikuti oleh kenaikan yang membentuk sebuah puncak kanan lebih rendah dari head.

Perlu diketahui bahwa pola head and shoulders ini memiliki keterkaitan dengan fenomena pembalikan tren bullish to bearish yang mampu memberikan sebuah sinyal bahwa tren naik telah mendekati akhirnya. Tentunya kehadiran pola ini bisa dimanfaatkan untuk memperkirakan kapan waktu perubahan arah.

Namun bukan hanya itu saja, pola ini juga berfungsi untuk menunjukkan strategi apa yang bisa diambil guna mengamankan keuntungan yang telah diperoleh sebelumnya.

Pola head dan shoulders
Head and shoulders pattern

Penggunaan Pola Head and Shoulders

Setelah mengetahui apa itu pola head and shoulder, sebaiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara penggunaan pola tersebut agar lebih paham dan nantinya bisa menentukan strategi yang tepat. Adapun cara menggunakannya seperti berikut ini.

1. Menempatkan Stop Loss

Pasca adanya pola head and shoulders ini nantinya akan terjadi pembalikan harga yang menurun secara drastis.

Umumnya, ketika kondisi seperti itu, para traders akan melakukan tindakan berupa menutup posisi atau menjual aset dengan menempatkan stop loss. Hal itu sengaja dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian.

2. Mengamati Terlebih Dahulu

Perlu untuk diketahui bahwa awal masa pembalikan tren ini merupakan sebuah penentuan. Oleh karena itu, ada kalanya akan terjadi pullback yang akan menyebabkan posisi harga kembali ke arah neckline sebelum price kembali bergerak turun.

Tapi jika pullback ini berhasil menembus ke atas pangkal leher maka bisa dikatakan bahwa pola head and shoulders gagal terbentuk serta batal mengalami perubahan arah pasar.

3. Mengambil Tindakan Entry Sell

Langkah terakhir yang bisa diambil seorang trader ketika harga menembus pangkal leher (neckline) dengan stop loss pada level yang sama right shoulder yaitu melakukan entry sell.

Setelah membaca artikel di atas dapat disimpulkan bahwa definisi dari head and shoulder pattern adalah susunan grafik prediksi yang umumnya digunakan untuk mengindikasikan pembalikan arah tren ketika pasar melakukan pergeseran dari bullish ke bearish maupun sebaliknya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang pola head and shoulders yang ada di dunia trading.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup