Apa Itu Hedge Fund? Ketahui Segera Tujuannya

Apa itu hedge fund
Pengertian hedge fund

Perkembangan hedge fund sangat pesat setelah majalah Fortune melaporkan bahwa kinerjanya melebihi sebagai besar reksadana di era 1960-an. Sejak saat itu, mulai bermunculan berbagai perusahaan hedge fund yang mengelola dana investor dengan berbagai strategi inovatif.

Tapi sayangnya, strategi tersebut mengambil resiko terlalu tinggi, sehingga banyak perusahaan hedge fund mengalami kerugian yang cukup besar di era tahun 1970-an.

Apabila kamu belum mengetahui apa itu hedge fund, maka simak artikel ini dengan begitu akan menjadi lebih paham lagi mengenai konsep hedge fund tesebut.

Pengertian Hedge Fund

Tidak sedikit orang yang belum paham mengenai apa itu hedge fund padahal poin tersebut begitu penting untuk dipelajari. Pada dasarnya, hedge fund merupakan salah satu sistem investasi kolektif yang berasal dari sejumlah investor dan semua itu dikelola oleh seorang fund manager.

Konsep dari hedge fund ini sebenarnya hampir mirip dengan mutual fund atau reksa dana, tetapi akses dari hedge fund jauh lebih terbatas jika dibandingkan. Maka tidak heran jika banyak orang yang belum mengetahui dengan jelas mengenai hedge fund ini.

Secara umum, pengertian hedge fund adalah dana lindung nilai, sebuah strategi investasi yang bertujuan untuk melindungi aset dari berbagai macam risiko kerugian pasar maupun untuk memperoleh keuntungan.

Meski, keuntungan yang ditawarkan cukup besar, hedge fund membutuhkan modal yang juga besar. Seperti yang telah dijelaskan, sistem investasi ini dijalankan seorang manajer investasi yang bertugas mengelola dana investor hedge fund sehingga dapat memberikan hasil keuntungan yang lebih optimal.

Di sisi lain, sistem hedge fund ini mirip dengan reksa dana yang mengumpulkan dana investor untuk dikelola di berbagai investasi. Fokus hedge fund ini tertuju pada investasi dengan peluang yang jauh lebih besar dan tidak dapat diakses oleh investor biasa saja.

Tujuan

Ada banyak tujuan yang bisa dicapai menggunakan hedge fund ini karena ini tidak sekadar sistem investasi saja. Bagi kamu yang penasaran lebih baik simak uraian di bawah ini mengenai tujuan hedge fund.

Mengurangi Risiko Kegagalan

Tujuan pertama dari sistem investasi hedge fund ini tidak lain yaitu untuk meminimalisir atau mengurangi risiko kegagalan. Analisis yang dilakukan secara mendalam oleh manajer hedge fund bisa memperkecil risiko kegagalanmu sehingga modal yang ditanamkan menjadi jauh lebih aman dan juga terlindungi.

Keuntungan Lebih Optimal

Tidak hanya menurangi risiko kegagalan saja, sistem investasi hedge fund ini juga mampu menghasilkan keuntungan yang jauh lebih optimal. Keuntungan merupakan satu hal yang dituju oleh para investor setelah menanamkan modalnya. Manajer hedge fund akan memaksimalkan return yang didapat.

Ruang Lingkup Lebih Luas

Terakhir, ruang lingkup dari hedge fund ini lebih luas dari yang kamu bayangkan. Dana yang kamu masukkan bisa dimasukkan ke berbagai macam instrumen, termasuk forex, properti, dan saham.

Semua itu telah dianalisis oleh manager fund untuk meminimalisir risiko kegagalan dan menghasilkan keuntungan yang lebih optimal.

Karakteristik

Contoh hedge fund di Indonesia
Arti hedge fund

Dana lindung nilai memiliki karakteristik yang dapat membantu investor menganalisis apakah investasi ini menguntungkan atau tidak. Karakteristik hedge fund tersebut, antara lain:

  • Hanya tersedia untuk investor khusus, yakni seseorang yang memiliki pendapatan lebih dari $200.000 atau kekayaan bersih minimal $1.000.000 selama dua tahun terakhir.
  • Dana nilai lindung bersifat luas, artinya tidak hanya dapat diinvestasikan pada satu jenis saja. Bentuk investasinya beragam, seperti saham, rumah, tanah, mata uang, dan derivatif.
  • Investasi ini sering menggunakan pinjaman dana untuk meningkatkan potensi keuntungan.
  • Dana lindung nilai memiliki struktur two and twenty, yaitu investor memiliki beban rasio biaya dan biaya kinerja. Aset yang memiliki nilai 2% akan mendapatkan potongan hingga 20% dari laba yang dihasilkan.

Jadi memang benar bahwa untuk berinvestasi menggunakan instrumen ini cukup terbatas. Struktur biaya serta biaya manajemen yang diberlakukan pun khusus. Kamu harus memiliki kekayaan bersih sebanyak 1 juta dollar dalam dua tahunan terakhir membuktikannya.

Kelebihan

  • Investasi yang tergolong fleksibel.
  • Produk investasi beragam.
  • Keuntungan relatif tinggi.
  • Memiliki strategi investasi agresif didukung diversifikasi portofolio matang.
  • Cocok untuk invetasi jangka panjang maupun pendek.
  • Investasi dikelola secara langsung oleh tenaga profesional untuk menjaga kualitas.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup