Iklan Advertorial: Pengertian dan Tips Membuat

Contoh iklan advertorial
Contoh iklan advertorial

Pengertian Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang memadukan unsur editorial dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan tertentu. Iklan ini biasanya disajikan dalam format yang mirip dengan artikel atau berita pada media massa tertentu, seperti koran, majalah, atau situs web.

Advertorial bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat advertorial agar dapat menjadi efektif.

Fungsi dan Tujuan

Advertorial merupakan salah satu jenis iklan yang cukup populer di media massa dan online. Iklan ini memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda dengan iklan konvensional pada umumnya.

Fungsi utama dari iklan advertorial adalah untuk mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang lebih elegan dan tidak terlalu memaksa. Selain itu, advertorial juga bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dan mendalam mengenai produk atau jasa yang diiklankan.

Selain berfungsi untuk mempromosikan produk atau jasa, advertorial juga bertujuan untuk membangun citra atau brand awareness bagi perusahaan.

Dengan adanya advertorial, perusahaan dapat memperkenalkan diri dan produknya secara lebih baik kepada konsumen potensial. Sehingga, diharapkan konsumen akan lebih mengenal dan mempercayai perusahaan tersebut.

Selain itu, advertorial juga berfungsi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Dengan menggunakan media yang berbeda-beda, seperti media massa atau online, iklan advertorial dapat menjangkau audiens yang berbeda-beda pula.

Sehingga, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan diversifikasi target pasar mereka. Dalam keseluruhan, iklan advertorial memiliki peran penting dalam mempromosikan produk atau jasa.

Dengan informasi yang lebih lengkap dan mendalam, advertorial dapat meningkatkan awareness dan citra perusahaan, serta menjangkau target pasar yang lebih luas.

Namun, perlu diingat bahwa iklan advertorial harus disampaikan dengan cara yang elegan dan tidak memaksa, sehingga konsumen tidak merasa terganggu dan malah kehilangan minat.

Jenis-Jenis

Iklan advertorial merupakan bentuk iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dengan cara yang lebih lembut dan tidak terlalu mengganggu pengalaman pembaca.

Advertorial seolah-olah menjadi bagian dari konten editorial pada media yang sama, namun pada kenyataannya dibuat dan ditempatkan sebagai iklan. Berikut adalah beberapa jenis iklan advertorial yang sering digunakan:

1. Advertorial Print

Advertorial ini biasanya ditemukan pada media cetak seperti koran atau majalah. Bentuk iklan ini disajikan dengan menggunakan bahasa dan tata letak yang mirip dengan artikel editorial yang ada pada media tersebut.

2. Advertorial Online

Advertorial ini berbentuk digital dan biasanya ditempatkan pada halaman website atau blog. Pada umumnya, iklan ini disajikan dengan menggunakan teks dan gambar yang lebih menarik serta sesuai dengan tema website atau blog yang digunakan.

3. Advertorial Video

Advertorial jenis ini biasanya dipasang dalam bentuk video iklan pada platform media sosial atau website tertentu. Advertorial video disajikan dengan menggunakan narasi atau visual yang menarik sehingga lebih mudah diingat oleh para penontonnya.

4. Advertorial Event

Jenis iklan ini biasanya ditempatkan dalam acara tertentu, seperti seminar, workshop, atau pameran. Advertorial event berfungsi untuk memberikan informasi kepada audiens tentang produk atau jasa yang dipromosikan dengan cara yang lebih interaktif.

Tips Sukses Iklan Advertorial

Berikut adalah beberapa tips sukses dalam membuat iklan advertorial:

1. Menentukan Target Pasar yang Tepat

Langkah pertama dalam membuat iklan advertorial yang efektif adalah dengan menentukan target pasar yang tepat. Hal ini penting agar iklan dapat disajikan pada media yang tepat dan menarik perhatian pembaca yang menjadi target pasar produk atau layanan yang dipromosikan.

2. Menggunakan Bahasa yang Lugas

Bahasa yang digunakan dalam iklan advertorial harus mudah dipahami dan menarik bagi pembaca. Hindari menggunakan bahasa teknis atau istilah yang sulit dipahami oleh pembaca. Gunakan kata-kata yang sederhana, jelas, dan mudah diingat oleh pembaca.

3. Menceritakan Kisah yang Menarik

Salah satu cara yang efektif dalam membuat iklan advertorial adalah dengan menceritakan kisah yang menarik tentang produk atau layanan yang dipromosikan.

Cerita yang menarik dapat memancing minat pembaca dan membuat mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan.

4. Menyajikan Informasi yang Akurat

Iklan advertorial harus menyajikan informasi yang akurat dan jujur tentang produk atau layanan yang dipromosikan. Hindari membuat klaim yang tidak dapat dibuktikan atau menyesatkan pembaca.

Informasi yang akurat dan jujur akan membuat pembaca merasa percaya dan tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan.

5. Menyertakan Testimoni Pelanggan

Menyertakan testimoni atau bukti-bukti kepuasan pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam membuat iklan advertorial yang berhasil.

Testimoni atau bukti-bukti kepuasan pelanggan dapat memberikan keyakinan kepada pembaca bahwa produk atau layanan yang dipromosikan dapat dipercaya dan bermanfaat.

Iklan advertorial dapat menjadi pilihan yang tepat untuk promosi produk atau layanan yang ingin kamu tawarkan.

Dengan mengikuti tips sukses dalam membuat iklan advertorial yang telah disebutkan di atas, kamu dapat membuat iklan advertorial yang efektif dan berhasil dalam mempengaruhi pembaca untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.


Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Bagikan ke media sosial: