Iklan Komersial: Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan, Contoh

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Pemasaran
  6. /
  7. Iklan Komersial: Pengertian, Ciri,...

Bagikan ke media sosial:

Kita hampir setiap hari melihat iklan di berbagai media, mulai dari media cetak hingga media online. Iklan tersebut dibuat untuk tujuan komersial atau mencari keuntungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komersial adalah sesuatu yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan.

Meski mayoritas orang menggunakan iklan sebagai media promosi, tak sedikit juga yang membuat iklan non komersial berupa iklan layanan masyarakat yang mengimbau kita melakukan suatu hal tertentu demi kebaikan bersama.

Iklan komersial adalah iklan untuk membuat konsumen tertarik pada suatu produk.
Salah satu contoh iklan komersial

Pengertian Iklan Komersial

Apa itu iklan komersial? Iklan komersial adalah iklan untuk memasarkan suatu produk tertentu, baik barang maupun jasa, agar semakin dikenal oleh masyarakat dan menghasilkan keuntungan.

Penanyangan iklan komersial ini bisa ditemukan di media elektronik maupun media cetak. Bentuk-bentuk iklan tersebut biasanya terkait dengan destinasi wisata maupun produk tertentu yang dibutuhkan konsumen.

Meski akhirnya sama-sama mencari penjualan produk atau jasa, iklan komersial terkadang dibuat untuk membangun citra suatu brand atau brand awareness.

Itu penting karena meski saat ini konsumen belum membutuhkan produk yang ditawarkan, konsumen akan mereferensikan produk itu ke orang lain yang membutuhkan atau dia akan membeli produk itu saat membutuhkan.

Pengertian Iklan Non Komersial

Apa yang dimaksud dengan iklan non komersial? Iklan non komersial adalah jenis iklan yang dibuat bukan untuk kepentingan mendapatkan uang. Biasanya iklan non komersial ini memiliki call-to-action berupa imbauan untuk melakukan suatu hal.

Contoh iklan non komersial yang paling sederhana adalah iklan layanan masyarakat terkait pentingnya membayar pajak bagi seorang wajib pajak.

Ciri-Ciri Iklan Komersial

Iklan komersial sudah sering kita temukan ada di sekitar kita. Meski begitu, banyak yang salah pengertian menganggap suatu iklan sebagai sebuah propaganda maupun publisitas. Iklan komersial memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan propaganda atau publisitas. Berikut adalah ciri-ciri dari iklan komersial.

Komunikasi Berbayar

Ciri pertama iklan komersial adalah berbayar. Iklan komersial merupakan bentuk komunikasi berbayar yang dilakukan perusahaan untuk tujuan komersial. Sebuah iklan didesain dengan menarik agar dianggap penting oleh konsumen.

Tidak Personal

Iklan komersial tidak bersifat personal communication. Terlepas dari cara penyajiannya, iklan komersial didesain untuk dilihat khalayak ramai, bukan individu. Mungkin ada beberapa iklan yang tampak personal, namun hal tersebut didesain agar makin dekat dengan target marketnya.

Bersifat Persuasif

Tujuan dibuatnya iklan komersial memang untuk meningkatkan penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut, jenis iklan ini memang didesain begitu persuasif agar mampu meyakinkan calon konsumen membeli produk dalam iklan tersebut daripada produk pesaingnya.

Karena itu, iklan komersial akan menunjukkan produk yang ditawarkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Terdapat banyak metode untuk mempersuasi calon konsumen melalui iklan, mulai dengan membuat iklan yang menguras emosi, memaparkan hasil riset dan dukungan otoritas terkait, maupun alasan logis konsumen harus memilih produk tersebut.

Ditujukan sesuai Target Audiens

Perkembangan industri digital yang semaju sekarang ini membawa industri periklanan ke arah yang lebih maju. Belakangan, banyak jaringan iklan menawarkan fitur penargetan iklan yang sangat bisa diandalkan.

Misalnya di Google Ads, pengiklan dapat mengatur iklan agar hanya tampil di daerah tertentu dan demografi sesuai target market yang telah ditentukan. Pengiklan telah menyiapkan iklan yang sangat fokus dan sesuai dengan segmentasi pasar produknya.

Banyak iklan komersial yang diletakkan di tempat yang ramai pengunjung.
Salah satu desain billboard unik dari produk pasta gigi Formula

Tujuan Iklan Komersial

Secara garis besar, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa tujuan utama iklan komersial adalah mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Namun, jika dikupas lebih dalam, iklan komersial juga bisa ditujukan untuk hal-hal yang begitu berarti bagi perkembangan perusahaan.

Memperkenalkan Produk atau Brand

Logikanya sederhana, sebuah produk atau brand tidak akan dikenal apalagi dibeli jika konsumen tidak mengetahui produk atau brand tersebut ada.

Iklan komersial jenis ini juga disebut dengan informative advertising, sebuah media untuk memperkenalkan produk baru, program tertentu, serta informasi lain terkait manfaat dan keunggulan suatu brand.

Membuat Calon Konsumen Tertarik

Iklan komersial didesain agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk dan menganggap produk itu merupakan pilihan terbaik dari yang ada di pasaran. Pelanggan tetap memilih produk yang diiklankan dan pelanggan kompetitor beralih menggunakan produk yang diiklankan.

Upaya ini dilakukan menggunakan teknik persuasive advertising. Berbagai fakta terkait fitur dan keunggulan tidak terlalu dimuat dalam iklan.

Persuasive advertising dibuat untuk menyentuh emosi konsumen agar memiliki ketertarikan terhadap produk. Contoh iklan-iklan persuasif ini menampilkan kesan elegan, seru, atau hal lain yang menarik calon konsumen agar mereka mau merasakannya sendiri dan akhirnya membeli produk yang diiklankan.

Memastikan Produk Tidak Mengalami Penurunan Lebih Awal

Satu fakta yang harus kamu ketahui adalah semua produk memiliki life cycle, akan ada masanya produk mengalami penurunan setelah mencapai titik maturity di pasar. Berangkat dari fakta tersebut, kamu yang ingin memastikan produkmu tidak mati lebih cepat harus menggunakan iklan komersial secara efektif.

Satu jenis teknik beriklan yang digunakan adalah reminder advertising. Teknik ini dilakukan untuk mempromosikan produk-produk unggulan perusahaan agar tetap dikenal dan menjadi pilihan utama konsumen. Pada akhirnya, usia produk menjadi lebih panjang.

Iklan bisa dibuat untuk memasarkan produk tidak mengalami penurunan lebih awal.

Jenis-Jenis Iklan Komersial

Iklan komersial dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yakni iklan komersial strategi dan iklan komersial taktis.

Iklan Komersial Strategi

Jenis iklan ini bertujuan untuk membangun citra sebuah brand. Iklan yang dibuat biasanya mengkampanyekan keunggulan dan manfaat dari sebuah produk. Adanya jenis iklan ini juga untuk meyakinkan konsumen tentang merk yang mereka pilih sudah tepat.

Iklan Komersial Taktis

Jenis iklan ini mendorong konsumen untuk segera melakukan aksi yang diinginkan. Dorongan tersebut biasanya didukung oleh penawaran khusus yang berlaku dalam waktu singkat. Kata kata dalam teks iklan disusun secara apik untuk mempengaruhi keinginan konsumen.

Contoh Iklan Komersial

Kamu mungkin ingat satu kampanye yang digagas oleh Indomie di dekade 90-an yang mengangkat tema “Indomie seleraku” dan lirik jinglenya diawali dengan kalimat “Dari Sabang sampai Merauke”. Iklan ini termasuk salah satu jenis iklan komersial yang menarik dan ikonik.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan iklan komersial?

Iklan komersial adalah iklan yang memasarkan suatu produk, baik barang atau jasa.

Di manakah saja iklan komersial bisa ditemukan?

Iklan bisa ditemui di media elektronik (televisi dan radio), media sosial (Facebook, Instagram, YouTube, dan Tiktok), website, dan mesin pencari misalnya Google. Iklan juga bisa ditemui di media cetak misalnya koran, majalah, tabloid, reklame, dan billboard.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: