Iklan Lowongan Pekerjaan: Contoh & Cara Buat

Contoh iklan lowongan kerja
Contoh iklan lowongan kerja

Tentu tidak mudah untuk mencari dan menemukan kandidat yang berkualtias dan kompeten. Kamu harus melakukan beberapa tahapan mulai dari mempublikasikan lowongan kerja hingga tes wawancara.

Buat kamu yang bekerja di perusahaan, kamu bisa mencari referensi contoh iklan lowongan pekerjaan yang detail dan jelas untuk melihat bagaimana cara membuat iklan lowongan kerja.

Daftar Isi sembunyikan

Pengertian

Pengertian iklan lowongan kerja adalah informasi yang disampaikan perusahaan untuk mengajak kerja sama di suatu tempat usaha.

Dengan adanya iklan lowongan kerja, para pelamar kerja bisa mendapatkan informasi terkait lapangan pekerjaan yang ada. Setelahnya, mereka bisa mempersiapkan diri dengan menyiapkan semua berkas lamaran dan mengirimkannya ke perusahaan.

Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja

Iklan lowongan pekerjaan dibuat untuk mengisi jabatan yang belum terisi agar perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan lebih baik. Rotasi kerja merupakan hal yang lumrah dalam dunia kerja, dan karena rotasi kerja inilah terkadang membuat sebuah jabatan kosong.

Cara membuat iklan lowongan pekerjaan sebenarnya cukup mudah jika kamu sudah pernah melihatnya. Namun, ada kalanya kamu harus mempertimbangkan dengan sangat informasi yang dimasukkan dalam iklan.

Setidaknya ada dua tujuan yang harus dicapai oleh sebuah iklan lowongan kerja yaitu membuat calon pelamar berkompeten tertarik dan penyaringan awal. Berikut adalah cara membuat iklan lowongan kerja yang baik.

Judul Iklan Lowongan Kerja

Pertama, kamu harus membuat judul yang ringkas dan ditampilkan secara jelas. Kamu boleh menggunakan huruf kapital atau desain unik tertentu agar menarik dan mudah terbaca.

Misal, kamu mencari kandidat yang akan ditempatkan sebagai staf keuangan yang menangani laporan akuntansi anak perusahaan. Kamu cukup gunakan judul “STAFF ACCOUNTING” tanpa perlu menjelaskan detail pekerjaan.

Nama Perusahaan

Saya kira kamu tidak akan lupa menuliskan nama perusahaan beserta logonya dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan. Ini penting untuk membangun rasa percaya calon pelamar terhadap perusahaan. Calon pelamar adalah partner yang perlu dibuat percaya dengan visi misi perusahaan.

Informasi Pekerjaan

Ketiga, masukkan informasi pekerjaan yang dicari perusahaan. Beberapa hal yang perlu dicantumkan antara lain:

  • Tipe pekerjaan, misal part-time, full-time, freelance, atau project based
  • Penempatan
  • Status karyawan kontrak atau tetap

Ketiga poin tersebut adalah hal wajib dalam iklan lowongan pekerjaan yang baik.

Deskripsi Pekerjaan

Cara membuat iklan lowongan kerja selanjutnya, kamu perlu menjelaskan secara rinci tentang deskripsi pekerjaan yang ditawarkan perusahaan lengkap dengan tugas dan tanggung jawab jabatan tersebut.

Saat membuat iklan lowongan pekerjaan, pastikan kamu cantumkan informasi alur dan cara kerja di perusahaan sebab ini akan berbeda di setiap perusahaan.

Spesifikasi Pekerjaan

Setelah mencantumkan deskripsi pekerjaan, iklan lowongan kerja yang baik perlu memuat informasi seputar spesifikasi pekerjaan. Cara membuat iklan lowongan kerja adalah dengan menjelaskan pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan.

Kamu juga bisa memasukkan beberapa syarat tertentu. Biasanya, iklan lowongan pekerjaan dari banyak perusahaan mencantumkan syarat minimal pengalaman kerja calon kandidat, misalnya 3 tahun.

Kompensasi

Satu hal yang mungkin harus dimasukkan dalam iklan lowongan pekerjaan adalah kompensasi yang diberikan perusahaan. Gaji atau upah yang diberi perusahaan untuk posisi tertentu dirasa perlu dicantumkan untuk menambah daya tarik.

Cara membuat iklan lowongan kerja bisa dengan mencantumkan informasi terkait kisaran gaji yang didapat kandidat pada posisi yang ditawarkan. Perusahaan juga bisa mencantumkan benefit jika bergabung menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Cara Mengirim Lamaran

Langkah membuat iklan lowongan kerja berikutnya adalah mencantumkan informasi tentang tata cara mengirim lamaran. Jangan lupa berikan informasi terkait dokumen yang dibutuhkan, email perusahaan, dan batas waktu pengiriman.

Poin ini penting untuk melakukan screening awal kandidat yang akan mengisi jabatan di tempat kerja. Jelas, hal ini dapat dipakai sebagai sebuah cara melihat karakter calon kandidat.

Platform

Pilih platform terbaik untuk mempromosikan iklan lowongan kerja. Penting untuk diketahui, platform mempengaruhi jumlah orang yang melihat iklan dan kualitas kandidat yang mendaftar. Kamu harus pertimbangkan ini dengan baik agar kandidat yang mendaftar sesuai kebutuhan perusahaan.

Tips Memasang Iklan Lowongan kerja

Dalam memasang iklan lowongan pekerjaan, kamu tidak boleh mencantumkan informasi yang rancu dan ambigu yang bisa diminimalisir dengan tips membuat iklan lowongan kerja yang telah dijelaskan sebelumnya. Sekarang, simak tips memasang iklan lowongan kerja.

Targetkan Kandidat yang Tepat

Tips memasang iklan lowongan kerja yang pertama adalah targetkan kandidat yang tepat. Kejelasan informasi yang dibagikan merupakan sebuah keharusan dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan.

Jika kamu membuat iklan lowongan kerja yang tidak jelas, hal ini akan membuatmu kerepotan pada tahap seleksi. Oleh sebab itu, pastikan kamu menuliskan deskripsi pekerjaan secara jelas.

Seperti memakai judul generik sesuai dengan deskripsi lowongan pekerjaan, hindari pemakaian istilah industri atau jargon internal. Kamu juga bisa memakai desain menarik untuk jenis iklan lowongan pekerjaan yang tidak dipasang di situs portal pencari kerja.

Judul dan Deskripsi yang Jelas dan Sesuai

Tips memasang iklan lowongan kerja berikutnya, perhatikan judul dan deskripsi pekerjaan yang dicari agar mudah dipahami. Tujuan utama dibuatnya iklan lowongan kerja adalah memberitahukan posisi kosong yang bisa diisi pelamar kerja.

Selain itu, iklan lowongan pekerjaan juga merupakan salah satu media promosi bagi perusahaan. Oleh sebab itu, kamu harus membuat iklan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan tren agar dapat menarik perhatian calon pelamar kerja.

Pembuatan iklan lowongan pekerjaan yang baik dengan judul dan deskripsi yang sesuai mencerminkan profesionalisme perusahaan, dan pada akhirnya akan membuat kandidat berkualitas yakin untuk melamar kerja di perusahaan.

Berikan Alasan Mengapa Harus Bergabung

Calon pegawai tentu ingin mengetahui lebih dalam mengenai perusahaan yang akan menjadi tempatnya bekerja. Oleh sebab itu, kamu bisa mencantumkan kelebihan perusahaan yang berdampak langsung pada pegawai.

Di tahun 2022 ini, angkatan kerja baru kebanyakan merupakan generasi milenial yang menginginkan work-life balance. Kamu bisa mencantumkan beberapa keuntungan untuk memenuhi hal tersebut.

Situs Lowongan Kerja

Berikut adalah beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk menyebarkan lowongan kerja secara online di Indonesia.

  • Karirhub.kemnaker.go.id
  • Jobstreet.co.id
  • Id.indeed.com
  • Glints.com
  • Jobs.id
  • Karir.com
  • Linkedin.com

Untuk beberapa kasus, kamu juga bisa menggunakan jasa pos di akun Instagram loker. Ini cocok untuk perusahaan yang ingin menggaet talenta lokal di suatu daerah.

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Setelah mengetahui cara membuat iklan lowongan kerja, lihatlah beberapa contoh iklan lowongan pekerjaan yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Kurir

Contoh iklan lowongan kerja kurir
Loker JNE

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Video Editor

Contoh iklan lowongan kerja video editor
Loker video editor

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Manager Trainee

Contoh iklan lowongan kerja manager trainee Mie Gacoan
Loker manager trainee

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Host Live Streaming

Contoh iklan lowongan kerja host live streaming
Loker host live streaming

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Pengasuh Anak

Contoh iklan lowongan kerja pengasuh anak
Loker pengasuh anak

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Operator Produksi

Contoh iklan lowongan kerja operator produksi
Loker operator produksi

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Store Crew

Contoh iklan lowongan kerja store crew
Loker store crew Indomaret

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Public Relation

Contoh iklan lowongan kerja public relation
Loker public relation

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan HRD

Contoh iklan lowongan kerja HRD
Iklan lowongan kerja HRD

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Digital Marketing

Contoh iklan lowongan kerja digital marketing
Loker digital marketing

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Content Creator

Contoh iklan lowongan kerja content creator
Loker content creator

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Staff Akuntansi

Contoh iklan lowongan kerja staff akuntansi
Loker staff akuntansi

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan SEO Specialist

Contoh iklan lowongan kerja SEO specialist
Loker SEO specialist

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Supervisor

Contoh iklan lowongan kerja supervisor
Loker supervisor toko

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Penulis

Loker penulis
Loker penulis

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Staff Admin

Loker staff admin
Loker staff admin

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Barista

Contoh iklan lowongan pekerjaan barista
Contoh iklan lowongan pekerjaan barista

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Sales Representative

Loker sales representative
Loker sales representative

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Telemarketing

Loker telemarketing
Loker telemarketing

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Sosial Media Specialist

Loker sosial media specialist
Loker sosial media specialist

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Waitress

Loker waitress
Loker waitress

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Barberman

Loker barbershop
Loker barberman

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Koki

Loker koki
Loker koki

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Freelance

Loker freelance
Loker freelance

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Magang

Lowongan magang
Lowongan magang

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Desain Grafis

Loker desain grafis
Loker desain grafis

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Customer Service

Loker agen call center
Loker customer service

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Frontliner

Loker frontliner
Loker frontliner BRI

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Beauty Advisor

Loker beauty advisor
Loker beauty advisor

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Mekanik

Loker mekanik Astra Otoparts
Loker mekanik Astra Otoparts

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Manager

Loker manager
Loker manager

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik ya grameds. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam memahami bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik.

Kumpulan poster iklan lowongan kerja di atas menerapkan best-practices. Masing-masing desain poster mengutamakan keterbacaan bagi pembacanya, termasuk penggunaan warna yang kontras dan kejelasan informasi mulai dari nama perusahaan, lokasi, dan kualifikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, informasi gaji sangat disarankan untuk dicantumkan pada poster jika memungkinkan. Apabila tidak memungkinkan, detail informasi gaji dapat disampaikan ketika wawancara kerja dilakukan. Lihat juga iklan lowongan kerja bahasa Inggris.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Iklan banner