Iklan Media Cetak: Pengertian, Jenis, Contoh

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Pemasaran
  6. /
  7. Iklan Media Cetak: Pengertian,...

Bagikan ke media sosial:

Kamu yang besar di era TikTok mungkin jarang membaca iklan di media cetak seperti brosur, koran, majalah, atau buletin. Meski begitu, kamu bisa mempelajari bagaimana cara kerja iklan media cetak. Ini penting bila kamu tertarik dengan dunia pemasaran dan periklanan.

Pengertian Iklan Media Cetak

Contoh iklan media cetak. Ini merupakan upaya promosi produk yang dilakukan lewat media cetak.
Contoh iklan media cetak

Apa itu iklan media cetak? Pengertian iklan media cetak adalah salah satu upaya promosi menggunakan media cetak misalnya majalah, brosur, selebaran, koran, papan iklan, dan spanduk.

Print advertising atau iklan media cetak bertujuan untuk membangun brand awareness atau secara tidak langsung mendorong konsumen untuk membeli suatu produk.

Metode iklan ini telah digunakan sejak ditemukannya mesin cetak pada abad ke-15. Bentuk awal iklan di media cetak seperti iklan baris pada koran, selebaran, atau poster.

Ciri Iklan Media Cetak

Iklan media cetak secara teknis bisa dibedakan dengan metode iklan lainnya. Berikut adalah ciri-ciri iklan media cetak.

  • Berada di media cetak
  • Tempat iklan menyesuaikan media yang digunakan, dapat berupa baris maupun kolom
  • Materi iklan terbatas pada gambar dan teks

Unsur-Unsur Iklan Media Cetak

Dalam proses pembuatan iklan di media cetak, pengiklan tentu harus menggunakan kata-kata promosi yang menjual seperti yang diterapkan di metode iklan lainnya. Selain itu, mereka harus memerhatikan beberapa unsur penting iklan media cetak. Beberapa unsur penting tersebut antara lain:

  • Nama produk
  • Slogan
  • Keunggulan produk
  • Nomor telepon atau alamat
  • Gambar menarik
  • Harga jual
  • Keterangan tambahan yang diperlukan

Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu kelebihan iklan media cetak adalah kemampuannya menjangkau masyarakat di wilayah tertentu dalam waktu relatif lama. Kekurangannya tentu berada pada persaingan. Iklan harus didesain untuk menarik pembaca.

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Terdapat beberapa perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Iklan media cetak tentu berada di media cetak seperti koran dan baliho, sedangkan iklan di media elektronik ditemukan di televisi, radio, atau website-website yang bisa dilihat menggunakan internet.

Media yang Digunakan

Iklan media cetak menggunakan beberapa benda yang bisa dekat dengan calon konsumennya. Berikut adalah beberapa contoh media yang digunakan untuk iklan cetak.

1. Koran

Gambar iklan baris
Contoh iklan media cetak jenis iklan baris

Surat kabar atau koran adalah media cetak yang paling banyak ditemukan karena biasanya terbit secara harian atau mingguan. Media ini menawarkan iklan baris, iklan kolom, atau iklan display untuk satu halaman penuh untuk para pengiklan.

Selain itu, koran juga menawarkan iklan advertorial yaitu sebuah jenis artikel berbayar yang dimuat pada koran edisi tertentu. Mayoritas iklan baris membayar biaya berdasarkan jumlah baris yang digunakan.

2. Majalah dan Tabloid

Sampul majalah Cosmopolitan
Sampul majalah Cosmopolitan

Majalah atau tabloid adalah sebuah media cetak dengan kualitas kertas dan pewarnaan yang lebih baik. Harganya tentu lebih mahal daripada koran. Kamu bisa menemukan iklan display maupun iklan advertorial di sini.

3. Iklan Booklet

Contoh iklan media cetak
Ilustrasi booklet

Booklet adalah sebuah buku berukuran setengah kuarto tipis yang berisi kupon diskon atau gambar-gambar dari berbagai merek usaha. Biasanya, booklet digunakan oleh organisasi yang sedang mengumpulkan dana.

4. Iklan Leaflet

Contoh iklan media cetak
Template leaflet

Leaflet adalah selebaran yang dilipat menjadi dua atau tiga halaman. Materi iklan yang dimasukkan dalam leaflet umumnya adalah iklan layanan masyarakat, informasi wisata, atau promosi event. Leaflet menjadi salah satu media yang cukup efektif.

5. Buku Telepon

Contoh iklan media cetak
Yellow pages atau buku telepon

Buku telepon mungkin akan sulit ditemukan sekarang. Dulunya, buku telepon berisi nomor telepon di suatu daerah lengkap dengan alamatnya. Kantor atau rumah yang menggunakan telepon biasanya memiliki buku telepon atau yellow pages. Oleh sebab itu, ini dulunya dipakai sebagai media beriklan.

6. Poster

Contoh iklan media cetak
Poster sebuah event di Jakarta

Poster adalah media cetak yang masih banyak digunakan sekarang ini. Media ini banyak dipakai event-event tertentu untuk menawarkan acaranya.

7. Kartu Pos

Contoh post card
Contoh post card

Kartu pos adalah kartu berukuran setengah A5 berisi gambar dan tulisan pada masing-masing sisinya. Ornamen visual itu dapat berupa gambar tokoh, lukisan, maupun potret pemandangan alam. Kartu pos sering digunakan oleh beberapa negara untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan negaranya.

8. Banner

Desain banner
Desain banner

Banner adalah sebuah media promosi yang berisi informasi setinggi 1,5 hingga 2 meter. Media ini efektif untuk digunakan di acara bazar atau acara ramai pengunjung lainnya.

9. Spanduk

Sebuah spanduk
Sebuah spanduk

Spanduk adalah media periklanan yang paling sering ditemukan di jalan. Ukurannya yang besar membuat spanduk cukup mencolok dan menarik perhatian.

10. Brosur atau Selebaran

Selebaran promo Alfamart
Selebaran promo Alfamart

Brosur adalah sebuah media promosi hard selling yang berisi katalog produk lengkap dengan harganya. Ini adalah salah satu alat yang digunakan oleh sales perusahaan untuk dibagikan kepada calon konsumen. Iklan selebaran biasanya dicetak dalam ukuran A3 hingga A6.

Itulah pembahasan lengkap mengenai iklan media cetak lengkap dengan kata kata dan contohnya yang bisa kamu jadikan referensi membuat iklanmu sendiri.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: