Iklan Penawaran: Pengertian, Ciri, Contoh

Iklan penawaran McDonald's
Iklan penawaran

Secara umum, iklan adalah upaya pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan juga kesadaran brand. Iklan biasanya dijumpai dalam bentuk brosur, poster, hingga video interaktif yang dapat membujuk kita untuk melakukan hal yang diinginkan pengiklan.

Lanjutkan membaca artikel ini jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai iklan penawaran mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, contoh iklan penawaran, hingga cara membuatnya.

Pengertian

Apa itu iklan penawaran? Pengertian iklan penawaran adalah strategi promosi efektif yang memberikan suatu penawaran terhadap produk berupa barang maupun jasa. Iklan penawaran didesain agar mampu menjangkau banyak orang dan target pasar secara luas dalam waktu singkat.

Ciri-Ciri Iklan Penawaran

Iklan penawaran biasa menggunakan media seperti radio, TV, surat kabar, hingga web di internet. Kamu bisa menemukan iklan dalam bentuk brosur, gambar poster, hingga video interaktif. Jenis iklan ini tak jauh berbeda dengan iklan lainnya.

Bagaiamana cara membedakan iklan penawaran dengan jenis iklan lainnya? Seperti diketahui, terdapat jenis iklan layanan masyarakat, iklan permintaan, atau pengumuman. Jenis iklan penawaran tentu memberi penawaran dengan menjelaskan keunggulan, fitur, dan benefit suatu produk.

Pada beberapa kasus, kamu bisa menemukan iklan penawaran berisi ajakan melakukan kerja sama misalnya iklan lowongan pekerjaan.

Tujuan Iklan Penawaran

Iklan penawaran dibuat tentu dengan tujuan. Berikut adalah tujuan utama dibuatnya iklan penawaran.

Informative Advertising

Iklan penawaran dipakai untuk menginformasikan sesuatu ke masyarakat sehingga perlu dibuat secara jelas dan informatif. Jenis iklan ini akan meningkatkan product dan brand awareness. Pengiklan akan menginformasikan informasi terkait keunggulan produk.

Persuasive Advertising

Pengiklan mempromosikan produk tentu berkeinginan agar penjualan produknya meningkat. Oleh sebab itu, Iklan penawaran didesain dengan memasukkan kata-kata persuasif untuk membuat konsumen membeli produknya.

Iklan yang bersifat persuasif mampu membujuk calon konsumen untuk melakukan tindakan sesuai keinginan pengiklan. Beberapa tindakan tersebut meliputi mencoba produk baru, mempertahankan loyalitas, dan juga menggaet konsumen produk kompetitor.

Reminder Advertising

Iklan penawaran kadang bertindak sebagai pengingat bagi pelanggan yang telah berinteraksi dengan produk tapi tidak melakukan tindakan yang diingkan pengiklan. Selain itu, iklan penawaran juga untuk mengingatkan manfaat dan fitur yang didapat konsumen dari produk tersebut.

Pengiklan memang perlu mengingatkan konsumen secara berkala untuk meningkatkan rasio konversi. Langkah ini dilakukan untuk menjaga kesadaran merek di hadapan konsumen.

Menciptakan Demand

Demand atau permintaan adalah hal dasar dalam prinsip ekonomi. Tanpa adanya permintaan, produk tidak akan terjual. Iklan penawaran adalah satu cara menciptakan demand karena memberi contoh produk, menjelaskan manfaatnya, dan menunjukkan bahwa produk tersebut dibutuhkan.

Contoh Iklan Penawaran Kreatif

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu tentu lebih paham tentang iklan penawaran. Jika masih bingung, berikut adalah contoh iklan penawaran menarik dan kreatif.

1. FedEx

Iklan penawaran FedEx
Iklan FedEx

FedEx adalah perusahaan jasa pengiriman yang mem-branding dirinya sebagai yang tercepat. Oleh karena itu, FedEx menggunakan slogan “Always First!”. Contoh iklan penawaran pertama adalah iklan FedEx yang menampilkan sebuah truk ketika mengantarkan paket.

2. McDonald’s

Iklan penawaran McDonald's
McDonald’s advertisement

McDonald’s adalah contoh perusahaan yang sering mewartakan iklan penawaran yang menarik. Dalam contoh ini, McDonald’s menyampaikan bahwa mereka buka 24 jam. Tanpa harus menuliskan kalimat iklan, kamu bisa langsung memahami pesannya dengan mudah.

Logo “M” khas McDonald’s ditampilkan dengan dua cahaya lampu mobil yang digunakan menerangi jalan sewaktu malam. Tentunya, warna lampu tersebut kuning karena merupakan bagian dari branding McDonald’s.

3. Heinz

Iklan penawaran Heinz
Iklan penawaran Heinz

Heinz menawarkan produk saus tomat dalam kemasan. Di iklan penawaran ini, Heinz mengkampanyekan statement “No one grows Ketchup like Heinz” yang artinya adalah saus tomat Heinz tidak ada duanya.

Dalam iklan di atas, kamu bisa melihat tangkai tomat di atas sebuah botol saus. Ini adalah komunikasi visual yang ditampilkan secara nyata, Heinz menumbuhkan tomat menjadi sebotol saus tomat.

4. Coca-Cola

Iklan penawaran Coca-Cola
Iklan Coca-Cola

Contoh iklan penawaran dari Coca-Cola bisa dilihat pada campaign “Share a Coke”. Iklan yang ditampilkan Coca-Cola menunjukkan bahwa kamu bisa mendapatkan botol atau kaleng Coca-Cola yang personalized.

Coca-Cola memproduksi kemasan minumannya dengan 150 nama terpopuler di negaranya. Iklan inovasi produk yang tidak biasa ini cukup menarik perhatian dan membuat orang yang namanya tertulis ingin membelinya.

5. Ford

Iklan penawaran Ford
Iklan Ford

Ford populer sebagai merek mobil yang tangguh. Melalui iklan ini, Ford menyampaikan pesan bahwa mobilnya cocok dipakai berkeliling kota. Tagline “The city is in your hands” memperkuat pesan itu. Alih-alih menampilkan mobil, Ford menggunakan kunci mobil untuk mendeskripsikannya.

6. World Wildlife Fund (WWF)

Iklan WWF
Iklan WWF

Iklan ini tidak mempromosikan suatu produk berupa barang maupun jasa. Melalui iklan ini, WWF mempertanyakan peran kita untuk Bumi. WWF memvisualisasikan seekor singa yang malu dengan kelakuan manusia.

7. Nike

Contoh Iklan penawaran Nike
Contoh iklan Nike

Nike pada kampanye “Just Do It!” menampilkan beberapa orang dengan quote yang penuh makna. Melalui kampanye ini, Nike ingin menyampaikan bahwa penting untuk segera memulai apa yang kamu impikan.

8. KFC

Contoh Iklan penawaran KFC
Contoh iklan KFC

Pada tahun 2018, KFC membuat iklan seperti di atas sebagai permintaan maaf karena bahan baku mereka habis. Alih-alih meminta maaf secara kaku, mereka menuliskan FCK yang merujuk pada sebuah umpatan.

Pesan yang disampaikan melalui iklan ini diterima konsumen dan menganggap KFC juga ikut kesal, malu, dan merasa bersalah atas kejadian tersebut.

9. Gojek

Contoh iklan jasa
Contoh ads GoSend

Mirip seperti FedEx, contoh iklan penawaran dari Gojek yang satu ini ingin menunjukkan cepatnya layanan GoSend. Iklan ini juga ditujukan untuk menginformasikan penawaran promo terbaru dari Gojek.

10. Apple

Contoh ads iPhone
Contoh ads iPhone

Berbicara tentang iklan kreatif, kamu tak boleh melewatkan iklan-iklan dari Apple. Dengan copywriting yang selalu unik dan on-point, Apple mampu menonjolkan kelebihan produknya melalui iklan. Apple dalam iklan di atas menyampaikan bahwa iPhone sangat menjaga privasi.

11. Samsung

Contoh ads Samsung
Contoh ads Samsung

Samsung adalah salah satu pesaing Apple di pasar telepon pintar. Pada iklan ini, Samsung mempromosikan produk smartphone Galaxy series andalannya. Kamu bisa melihat betapa kreatifnya Samsung menampilkan smartphone Galaxy berlatar indahnya galaksi.

12. Traveloka

Contoh billboard Traveloka
Contoh iklan display Traveloka

Dalam iklan penawaran ini, Traveloka menawarkan diskon hingga 50% di hari-hari tertentu. Traveloka menggandeng komika ternama Raditya Dika untuk memperkuat kesan branding Traveloka.

13. Formula

Banyak iklan komersial yang diletakkan di tempat yang ramai pengunjung.
Contoh billboard pasta gigi Formula

Selain menuliskan teks pada billboard, hal yang bisa dilakukan untuk membuat orang tertarik melihat iklan adalah merancang bentuk iklan billboard yang kreatif. Iklan pasta gigi Formula ini adalah contohnya. Mereka secara kreatif menunjukkan kelebihan produknya selain hanya menggunakan teks iklan.

14. Pond’s

Contoh billboard Pond's
Contoh billboard Pond’s

Mirip dengan iklan Formula, brand kecantikan Pond’s memanfaatkan media beriklan yang dipakai. Gambar pada bil;board didesain untuk menciptakan kesan lipatan kain untuk menutupi wajah yang berjerawat.

Ini sesuai dengan manfaat produk Pond’s yang mampu mengatasi jerawat dan membersihkan pori-pori kulit. Kedua hal tersebut sering kali membuat wanita malu terhadap penampilan mereka.

15. Nu Green Tea

Contoh billboard Nu Green Tea
Contoh billboard Nu Green Tea

Contoh iklan penawaran selanjutnya dari salah satu brand minuman kemasan, Nu Green Tea. Nu Green Tea memanfaatkan momen lebaran untuk mendesain iklan yang kreatif dan mampu menarik perhatian banyak orang ketika diluncurkan.

Nu Green Tea mendesain iklan yang terkesan dibuat asal-asalan karena desainernya sudah libur lebaran. Karena keunikannya itu, banyak orang tertarik perhatiannya. Kampanye ini terbilang sukses meningkatkan brand awareness karena viral di saat yang benar-benar tepat.

Cara Pembuatan

Untuk menghasilkan iklan yang efektif, kamu perlu berpedoman pada beberapa hal agar bisa tepat sasaran. Berikut adalah cara membuat iklan penawaran yang menarik.

  • Pilih media beriklan
  • Ketahui kebiasaan dan keinginan target market
  • Gunakan teks iklan yang menarik sesuai target market
  • Pakai maksimal satu CTA (Call-to-Action)

Itulah penjelasan tentang iklan penawaran dan beberapa contoh iklan yang menarik dari brand–brand besar. Kamu bisa mulai memikirkan kampanye apa yang akan dilakukan dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaanmu.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Iklan banner