Iklan Pendidikan: Pengertian, Struktur, Contoh

Iklan pendidikan
Contoh iklan pendidikan

Pendidikan adalah hal wajib bagi setiap individu agar peradaban terus berkembang. Kesusahan akses pendidikan akan menghambat kemajuan sebuah bangsa. Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan bahwa setiap warganya harus mengikuti pendidikan dasar.

Banyak daerah di Indonesia telah melakukan subsidi di sektor pendidikan dasar termasuk SD, SMP, dan SMA sederajat. Selain sekolah negeri, sekarang sudah banyak sekolah-sekolah swasta didirikan untuk membantu penetrasi pendidikan di banyak daerah.

Iklan-iklan lembaga pendidikan pun sering kamu temui di banyak tempat. Jika kamu mencari contoh iklan pendidikan, silakan lanjut membaca.

Pengertian

Apa itu iklan pendidikan? Iklan pendidikan adalah sebuah upaya promosi yang dilakukan lembaga pendidikan agar semakin banyak murid yang mau bersekolah di tempatnya.

Kamu tentu sering menemui gambar iklan pendidikan yang mempromosikan sekolah formal seperti SD negeri maupun swasta, MI, SMP, MTs, SMA, MAN, SMK, lembaga pendidikan tinggi seperti universitas, STMIK dan STIE, hingga tempat bimbingan belajar atau bimbel.

Setiap lembaga atau institusi pendidikan di bawah yayasan memiliki target marketnya masing-masing. Itu ditunjukkan melalui ditampilkannya beragam fasilitas, program pembelajaran, prestasi, akreditasi, visi dan misi, hingga tata cara pendaftaran.

Iklan-iklan yang dibuat biasanya akan disebarkan lewat kanal media sosial, brosur, banner, poster pendidikan, pamflet, radio, dan TV.

Struktur

Iklan pendidikan yang menarik dan mudah dimengerti perlu dibuat dengan cermat. Struktur yang digunakan dalam sebuah iklan pendidikan menjadi hal yang wajib dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa informasi yang harus kamu cantumkan:

  • Buat judul semencolok mungkin
  • Cantumkan keunggulan sekolah
  • Tulis program studi yang diajarkan
  • Masukkan kontak informasi lebih lanjut seperti email, media sosial, nomor telepon, maupun website

Contoh Iklan Pendidikan yang Mudah Digambar

Berikut adalah beberapa contoh iklan pendidikan dari berbagai jenjang pendidikan yang bisa kamu pakai sebagai referensi.

Contoh Iklan Pendidikan TK

Desain brosur promosi TK
Desain brosur promosi TK

Biasanya iklan pendidikan TK berisikan visi misi sekolah, program unggulan, syarat, tempat, dan tanggal pendaftaran. Iklan pendidikan untuk TK menggunakan gambar kartun dan foto-foto kegiatan untuk menarik calon peserta didik.

TK juga dapat memasukkan gambar tempat bermain dan beragam fasilitas yang dimiliki untuk makin meyakinkan orang tua dan anak pada lembaga pendidikan tersebut.

Iklan Pendidikan SD Negeri

Promosi SD Negeri
Contoh iklan pendidikan beserta gambarnya SD Negeri

Gambar iklan pendidikan di tingkat SD biasanya didesain agar dapat menarik minat anak-anak dan orang tua mereka. Materi iklan yang dicantumkan termasuk visi misi dan akreditasi sekolah.

Informasi dasar seperti syarat dan tata cara pendaftaran pasti dimasukkan. Jika sekolah memiliki ekstrakurikuler, kamu juga bisa mencantumkannya untuk membuat calon murid penasaran dan akhirnya mendaftar.

Contoh Iklan Pendidikan MI beserta Gambarnya

Promosi sekolah MI
Contoh iklan pendidikan beserta gambarnya MI

Gambar iklan pendidikan ini mempromosikan jenjang pendidikan formal setara SD yakni MI yang mengedepankan kurikulum keislaman. Iklan didesain dengan tidak meninggalkan kesan keislaman yang dimiliki lembaga pendidikan ini.

Contoh Iklan Pendidikan SMP

Iklan pendidikan SMP
Iklan pendidikan SMP

Jenjang pendidikan formal yang dituju selanjutnya setelah lulus SD adalah SMP atau MTs. Kamu bisa memasukkan informasi pendaftaran dan ekstrakurikuler unggulan agar menarik perhatian calon peserta didik.

Contoh Iklan Pendidikan SMA

Iklan pendidikan SMA kristen
Iklan pendidikan SMA

Contoh iklan pendidikan SMA di atas ditujukan untuk remaja yang telah mengantongi ijazah SMP sederajat. Umumnya, konten iklan berisi gambar anak sekolah dengan beragam info pendukung lainnya.

Iklan Pendidikan SMK

Contoh iklan pendidikan SMK
Contoh iklan pendidikan SMK

Iklan pendidikan jenis ini menampilkan konten yang informatif terkait pendidikan kejuruhan. Informasi tersebut juga meliputi berbagai jurusan yang ada di sekolah tersebut lengkap dengan ekstrakurikuler unggulan.

Desain iklan SMK tentu tidak seramai jenjang pendidikan sebelumnya karena target marketnya adalah pelajar yang ingin segera masuk ke dunia kerja.

Contoh Iklan Universitas beserta Gambarnya

Brosur universitas
Contoh iklan universitas beserta gambarnya

Gambar iklan pendidikan di jenjang universitas tentu harus sedikit profesional karena target marketnya adalah orang-orang yang telah mengenyam bangku sekolah. Kamu bisa memasukkan informasi program studi, beasiswa, serta alur dan biaya pendaftaran.

Iklan Politeknik Swasta

Materi promosi politeknik
Iklan politeknik swasta

Selain universitas, seseorang juga bisa masuk ke politeknik untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Desain iklan yang digunakan untuk jenjang ini biasanya menampilkan foto mahasiswa, fasilitas kampus, jurusan, biaya, dan informasi beasiswa.

Contoh Iklan STMIK beserta Gambarnya

Materi promosi STMIK
Contoh iklan STMIK

STMIK adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer. Iklan yang ditampilkan oleh lembaga pendidikan ini dapat memuat informasi program studi, jumlah kelas, cara pendaftaran, prestasi, dan akreditasi.

Iklan Pendidikan di Website

Promosi kampus
Iklan pendidikan di web

Di zaman sekarang ini, kamu mungkin akan menemukan iklan pendidikan di website-website. Iklan yang tersebut didesain dengan lebih menarik dan sederhana agar bisa menarik minat orang menimba ilmu di tempat tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Iklan banner