Iklan Produk: Pengertian, Jenis, dan Contoh

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Pemasaran
  6. /
  7. Iklan Produk: Pengertian, Jenis,...

Bagikan ke media sosial:

Contoh iklan produk
Contoh iklan produk Coca-Cola

Pengertian Iklan Produk

Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan dapat menayangkan sejumlah iklan barang maupun jasa. Iklan produk adalah jenis iklan dengan tujuan utama meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Jenis iklan ini dapat berupa gambar, audio, maupun video yang dipromosikan lewat papan reklame atau media sosial. Pengiklan akan menyiapkan iklan dengan desain yang menarik agar meningkatkan keterlibatan calon konsumen.

Jenis

Iklan produk barang maupun jasa bisa ditampilkan pengiklan di media cetak maupun media elektronik. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai keduanya.

1. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah cara promosi menggunakan media-media berupa koran, majalah, tabloid, atau brosur. Penggunaan iklan tradisional ini masih sering kita temui jika berkunjung pusat-pusat perbelanjaan. Penjelasan lebih lengkap bisa buka artikel iklan media cetak.

2. Iklan Media Elektronik

Iklan elektronik adalah cara promosi menggunakan perangkat elektronik dan digital. Media yang digunakan dapat berupa radio, televisi, media sosial, maupun situs web online. Akselerasi penggunaan iklan online elektronik dipercepat oleh penetrasi internet yang masif.

Pembahasan lebih lanjut bisa buka artikel iklan media elektronik.

Cara Membuat Iklan Barang

Kamu bisa membuat iklan produk barang yang menarik dengan sebuah perencanaan yang baik. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu tempuh untuk membuat iklan produk.

1. Pilih Tempat yang Strategis

Langkah pertama untuk membuat sebuah iklan yang menarik adalah memilih tempat yang strategis. Cari tempat yang sering dilewati atau dikunjungi banyak orang agar iklanmu dilihat oleh banyak orang.

2. Pakai Kata yang Unik

Kata-kata yang kamu gunakan dalam iklan haruslah mudah dipahami oleh orang banyak. Kamu bisa menggunakan kosakata-kosakata kekinian yang sedang ramai diperbincangkan agar menjadikan produk terasa lebih dekat dengan konsumen.

3. Perhatikan Detail Desain

Setelah memilih kata-kata yang akan dimasukkan dalam iklan, kini saatnya kamu mendesain iklan tersebut. Jika kamu membuat sebuah iklan display, pastikan kamu menggunakan font, gaya penulisan, dan kombinasi warna yang sesuai dengan target marketmu.

4. Berikan Penawaran Menarik

Tawarkan sesuatu yang menarik untuk meningkatkan peluang konversi. Ini merupakan salah satu trik pemasaran produk yang paling efektif. Beberapa contoh penawaran yang bisa kamu pakai dalam iklanmu adalah gratis ongkir (ongkos kirim), diskon atau potongan harga, cashback, dan buy one get one.

5. Tampilkan Tokoh Populer

Tokoh populer terbukti dapat meningkatkan penjualan produk di pasaran. Oleh karenanya, banyak brand rela merogoh kocek yang mahal demi produknya tampil bersama artis ternama. Jika bisa melakukannya, kamu harus pandai melakukan copywriting agar bisa memperkuat kesan brandmu.

Contoh Iklan Produk

Banyaknya produk yang telah beredar di pasaran membuatmu harus kreatif dalam mendesain sebuah iklan. Berikut adalah beberapa contoh iklan produk barang yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Contoh Iklan Produk Sabun Cuci Tangan

Materi iklan produk Lifebuoy
Materi iklan Lifebuoy

Iklan produk di atas membawa pesan yang cukup jelas. Lifebuoy mengklaim jika cuci tangan menggunakan produknya bisa menghemat penggunaan air hingga 35 cangkir kopi.

2. Iklan Restoran Cepat Saji

Contoh iklan produk restoran cepat saji McDonald's
Materi iklan McDonal’s

Iklan McDonald’s ini membawa pesan yang cukup berani. Mereka mengklaim bahwa kamu tidak akan pernah bisa lari dari mereka. Ini merupakan salah satu iklan produk yang menarik dari McD.

3. Contoh Iklan Produk Makanan Ringan

Materi iklan produk Chitato
Materi iklan Chitato

Mirip seperti iklan restoran cepat saji, kebanyakan iklan snack menonjolkan cita rasa makanannya. Salah satu contohnya ada pada iklan ini, Chitato menggunakan slogan “Life is never flat”.

4. Contoh Iklan Produk Minuman

Contoh gambar iklan produk Coca-Cola
Contoh iklan produk minuman Coca-Cola

Iklan minuman didesain untuk benar benar membangkitkan rasa dahaga. Pada iklan Coca-Cola ini terlihat jelas bahwa ada seseorang yang sedang menikmati sebotol Coca-Cola dengan bahagia.

5. Iklan Kopi Sachet

Materi iklan produk Kopi Tubruk Gadjah
Materi promosi Kopi Tubruk Gadjah

Iklan minuman kopi seduh biasanya menampilkan jenis kopi yang digunakan. Selain itu, iklan tersebut akan meng-highlight slogan dari produk yang diiklankan. Contohnya adalah “Tubrukers, yuk ngopi Gadjah” yang jadi slogan andalan Kopi Tubruk Gadjah.

6. Iklan Mi Instan

Materi iklan produk Pop Mie
Materi iklan Pop Mie

Banyak sekali iklan produk mi instan dalam kemasan yang bertebaran di dunia maya. Pop Mie mampu menampilkan iklan dengan pendekatan yang berbeda menggunakan meme. Ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif dan banyak dipakai banyak brand.

7. Iklan Produk Kecantikan

Iklan produk lip cream dari Make Over
Iklan lip cream dari Make Over

Biasanya, brand-brand kecantikan mengiklankan produknya bersama para model yang sesuai dengan personality brandnya. Pada iklan ini, Make Over menggaet Paula Verhoeven sebagai modelnya.

8. Contoh Iklan Produk Susu

Contoh advertisement minuman susu
Contoh iklan produk susu Milo

Iklan susu Milo seringnya menonjolkan citra anak-anak yang sehat, bugar, dan energik. Selain itu, produk ini cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Itu terlihat dari slogan yang diusung Milo, yakni “Lengkapi juga nutrisinya untuk penuhi energi aktif dengan segelas Milo setiap hari”.

9. Iklan Produk Elektronik

Contoh iklan barang
Materi iklan iPhone

Persaingan ketat antar brand smartphone membuat pemainnya mencari cara tersendiri dalam mengiklankan produk. Apple sebagai sebuah brand ternama sering membuat materi iklan yang simple. Iklan iPhone X misalnya, fokus dengan slogan “Luar biasa. Luar dalam”.

10. Iklan Donat

Promo Dunkin Donuts
Promo Dunkin Donuts

Pada tahun 2021 kemarin, Dunkin Donuts memberikan penawaran yang cukup menarik yaitu PPKM 1 yang memberimu 12 donuts clasic dengan harga Rp 88 ribu dan PPKM 2 yang memberimu 12 donuts clasic + 2 lead beverages seharga Rp 120 ribu.

11. Iklan Produk Es Krim

Iklan es krim Magnum
Contoh iklan produk es krim

Magnum adalah salah satu produk es krim di pasaran yang cukup kuat. Pada iklan ini, Magnum bekerja sama dengan Zalora untuk memberikan sebuah penawaran yang cukup menarik.

12. Iklan Produk Cokelat

Contoh iklan media elektronik
Materi iklan Cadbury Dairy Milk

Iklan produk cokelat ini sepertinya ingin membangun brand awareness bahwa coklat Cadbury cocok dipakai sebagai caramu memperjuangkan cinta. Penting untuk diketahui, coklat sangat diasosiasikan dengan cinta.

13. Iklan Produk Minuman Teh Kemasan

Contoh iklan minuman teh kemasan
Contoh iklan minuman teh kemasan

Contoh gambar iklan produk selanjutnya dari Teh Botol Sosro. Minuman kemasan ini termasuk produk yang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. PT Sinar Sosro yang menaungi produk mempertahankan tagline legendaris “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.

14. Iklan Produk Snack Sehat

Contoh iklan snack sehat
Contoh iklan produk snack sehat

Banyaknya kampanye pola hidup sehat membuat banyak orang mulai tertarik dengan makanan sehat, seperti camilan. Tren ini yang dimanfaatkan dengan baik oleh Soyjoy. Lewat iklan di atas, brand asal Jepang tersebut menarik konsumen dengan slogan “Bantu kenyang lebih lama”.

15. Iklan Produk Pembersih Lantai

Contoh iklan home-care atau kebersihan rumah
Materi promosi Cif

Contoh gambar iklan produk terakhir dalam daftar ini adalah Cif dari brand Unilever. Iklan promosi dari produk pembersih lantai ini menekankan pada manfaat yang didapat ketika membersihkan perabot menggunakan Cif.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: